in , , ,

Air Terjun Waimarang, Kolam Cantik Tersembunyi diSisi Timur Sumba

Buat kamu yang sedang di Pulau Sumba, cobalah jangan melewati sati destinasi wisata air terjun indah ini, namanya Air Terjun Wai Marang. Air Terjun yang terletak di Ngaru Kanoru, Desa Umalulu, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki pesona bebatuan yang sungguh eksotis. Air Terjun ini bakal menghipnotis bagi siapa saja yang memandang, terlebih ketika melihat batuan tebing kanan kiri yang sedikit berlumut dan pepohonan yang membuat rindang kawasan air terjun.

Baca juga : Green House Lezatta, Tempat Liburan Instagenic dengan Beragam Bunga

Kolam alami air terjun Waimarang yang sangat menakjubkan. Foto via tripadvisor.com

Ada beberapa spot keren yang bakal kamu jadikan latar belakang foto, diantarannya adalah Tebing tinggi dengan batu berwarna hitam kecoklatan bisa membuat background foto lebih mengagumkan. Tak hanya itu Air terjun yang membentuk kolam alami dengan air berwarna hijau tosca ini mampu membuatmu seolah terisolasi di suatu surga. Wah, seperti di dunia lain ya! namun untuk yang berenang dikolam alami ini cobalah untuk tetap berhati hati karena kedalaman kolam tidaklah sama. Kolam yang terbentuk dari tebing kapur dan aliran air terjun ini memiliki kedalaman 8 meter. Untuk kamu yang takut kedalaman, ada kolam kecil yang kedalamannya hanya 1,5 meter hingga 2 meter. Kolam kecil tersebut terbentuk dari aliran yang sama.

Propak air kolam dengan warna toska yang indah. Foto via ardikemarapradipta. cessed with VSCO with al5 preset

Teman traveler pun bisa berenang sepuasnya di dalam kolam air terjun Wai Marang ini. Bahkan beberapa pengunjung melakukan lompatan dari tebing menuju ke kolam yang dalam. Menegangkan dan pastinya menyenangkan. Untuk kamu yang tidak berenang, hanya sekedar menikmati indahnya kolam sambil duduk di tepian batuan sudah membuat hati dan pikiran lebih tenang.

Satu yang menjadi unik di air terjun Wai Marang ini adalah Tebing tinggi yang membentuk celah sebagai pintu keluarnya air menambah unsur keindahan. Hal ini membuat kekaguman tersendiri bagi siapa saja yang menikmatinya.

Bebatuan tebing yang membentuk sumur raksasa menjadi spot indah air terjun Waimarang. Foto via pinterest.com

Air Terjun Wai Marang memang terbentuk dari kondisi alam yang sangat lama hingga membentuk seperti kolam indah dengan hiasan dinding tebing yang mengagumkan. Seperti sumur raksasa yang menganga lebar dengan payung pepohonan yang kian membuat teduh kolam alami ini. Tak hanya itu, kondisi air yang jernih, serta udara segar khas pegunungan, dengan pemandangan unik bisa membuat kamu ingin berlama-lama di air terjun ini.

Nah untuk kamu pelancong dari luar Sumba, jangan khawatir, para guide ataupun sopir pastinya akan mengetahui tempat ini berada. Jam operasional air terjun ini dibuka mulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA. Kabar gembira pun bakal kamu nikmati karena tidak ada pungutan tarif tiket masuk ek air Terjun Wai Marang. Namun kamu cukup menyediakan uang untuk tarif parkir Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Kedalam kolam air terjun waimarang mencapai 8 meter. Foto via travelingmagazine.com

Namun waktu terbaik mengunjungi air terjun Wai Marang adalah pagi hari, dimana sinar matahari pagi bakal masuk melalui celah bebatuan tebing dan menerangi indahnya kolam alami ini. Kilauan cahaya tampak berpadu memukau dengan warna air kolam biru toska. Dan jangan lupa untuk tetap membawa perbekalan diri dari rumah ya, karena area air terjun tidak tersedia warung penjual makanan ataupun minuman. Next

ramadan

Menengok Sunset Indah di Bukit Persaudaraan Sumba Timur

Dua Hari Puas Mengelilingi Osaka Jepang dengan Hemat (Hari Pertama)