in , , , , ,

5 Aktivitas Seru di Pekanbaru Tanpa Rogoh Kocek Dalam

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan selama ada di Pekanbaru, tak perlu merogoh kocek dalam dan pastinya seru.

Aktivitas seru di Pekanbaru

Jika ada satu kota yang perkembangannya begitu pesat di seluruh Indonesia, Pekanbaru sudah pasti jadi salah satunya. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan selama berada di Pekanbaru. Tak heran, bukan hanya karena kemajuan ekonomi serta memiliki cadangan minyak yang berlimpah, kota ini dipercaya sebagai pusat perkembangan budaya
melayu di Asia Tenggara.

Baca juga : Masjid Tengah Hutan di Desa Bontoloe, Dibangun di Batu Keramat

Aktivitas seru di Pekanbaru
Salah satu sudut Pekanbaru di malam hari (c) Arief Kurniawan

Tidak heran hampir seluruh bangunan di sini menampilkan ornamen yang khas dengan gaya melayu. Beberapa tahun terakhir, Pekanbaru juga mulai menggeliatkan perkembangan dalam bidang pariwisata. Lewat berbagai kampanyenya, pemerintah kota ingin Pekanbaru tidak hanya dikenal sebagai sentra bisnis, tetapi juga memiliki daya tarik wisata.

Pemerintah setempat ingin membuat kota ini sejajar dengan kota-kota lain di Indonesia yang sudah sejak lama dijadikan tujuan melancong turis lokal maupun asing. Saat ini. Inilah beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan jika kamu berkunjung ke kota Pekanbaru.

1. Aktivitas Seru di Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah

Kota Pekanbaru dibelah oleh sebuah sungai bernama Sungai Siak. Sungai ini merupakan sungai terdalam di Indonesia yang kedalamannya diketahui dapat mencapai 30 meter. Sungai Siak merupakan sungai yang sibuk karena menjadi jalur bagi setiap kapal-kapal besar, seperti kapal tanker dan kapal peti kemas. Di sepanjang aliran sungai ini terdapat banyak pabrik, di antaranya pabrik kelapa sawit, pengolahan kayu dan juga kertas.

Jembatan Siak IV
Arsitektur Jembatan Siak IV (c) Arief Kurniawan

Untuk konektivitas warga setempat, jembatan-jembatan besar dibangun di sekitar aliran Sungai Siak di kota Pekanbaru. Mulai dari Jembatan Leighton (Siak I), Siak II, Siak III, dan yang terbaru Jembatan Siak IV atau yang memiliki nama resmi Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah. Jembatan yang memiliki panjang 800 meter ini diresmikan pada Februari 2019 lalu.

2. Wisata Edukasi ke Perpustakaan Soeman H.S

Dibuka pertama kali tahun 2008, ini bukan gedung perpustakaan biasa. Desainnya yang istimewa menjadikan predikat perpustakaan ini sebagai yang terbaik di Asia Tenggara. Karena bentuk bangunannya yang bernilai seni tinggi menjadikan kehadiran perpustakaan ini berhasil menaikkan minat baca anak-anak muda di kota Pekanbaru. Setiap hari gedung ini selalu ramai dikunjungi oleh pelajar, karyawan, maupun wisatawan.

Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan Soeman H.S (c) Arief Kurniawan

Selain menjadi fasilitas baca, perpustakaan ini juga sekaligus menjadi ruang publik bagi masyarakat di kota Pekanbaru. Desainnya yang unik ini terinsipirasi dari model alas baca Al-Qur’an yang sekilas juga mirip dengan buku sedang terbuka.

3. Makan Durian di Sepanjang Jalan Sudirman

Durian adalah buah khas yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri durian berkualitas banyak dihasilkan di Pulau Sumatra, salah satunya di Pekanbaru. Bisa dibilang persediaan durian di sini tidak akan pernah habis dan selalu ada sepanjang tahun. Jika kamu tidak suka dengan buah yang satu ini, di Pekanbaru juga banyak yang menjual beragam produk olahan durian. Sehingga kamu tidak perlu makan durian namun dapat merasakan sensasinya.

Aktivitas seru di Pekanbaru
Berburu durian di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru via Tribunnews

Di Pekanbaru, kawasan yang mudah untuk menemukan penjual durian adalah di Jalan Jendral Sudirman sekiataran Hotel Pangeran dan flyover Harapan Raya. Di sini kamu tidak perlu susah payah mencari para penjual durian, mereka yang akan menunggumu di tepi jalan.

4. Wisata Religi di Masjid Agung An-Nur

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru
Kompleks Masjid Agung An-Nur (c) Arief Kurniawan

Masjid Agung An-Nur Riau di Pekanbaru ini di sebut sebagai Taj Mahal-nya Provinsi Riau. Bila kamu amati, arsitektur Masjid Agung An-Nur memang memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal yang ada di India. Masjid An-Nur yang begitu megah ini sekarang boleh dibilang menjadi ikon kota Pekanbaru.

5. Aktivitas Seru Belanja Oleh-Oleh di Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar Bawah terletak di utara kota Pekanbaru. Pasar ini relatif mudah untuk diakses dari pusat kota Pekanbaru. Pasar Bawah merupakan pusat perbelanjaan barang khas Riau, barang-barang antik, aksesories rumah tangga dari dalam dan luar negeri, seperti keramik, karpet, lampu-lampu antik, dan elektronik.

Pasar Bawah Pekanbaru
Pusat oleh-oleh Pasar Bawah Pekanbaru via InfoPKU

Pasar ini juga menyediakan barang-barang bekas yang sebagian besar berasal dari luar negeri. Masalah harga, dijamin berbelanja disini tidak akan membuat budget anda membengkak. Apalagi jika anda memiliki skill tawar menawar yang baik.

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat liburan di Pekanbaru. Tak perlu merogoh kocek dalam, kamu bisa merasakan keseruannya. Mau pagi, siang, sore, maupun malam, Pekanbaru selalu ramai dan indah. Next

ramadan
Getuk

Asal Muasal dan Cara Mudah Membuat Getuk Magelang

Bron Cafe

Bron Cafe, Menampilkan Suasana Kebun di Tengah Kota Denpasar