in , ,

Ayam Kampung Empuk Sajian Nikmat di Ayam Kaliandra Purwokerto

Bagi teman traveler pecinta kuliner, mungkin sudah menjadi pilihan bahwa kota Purwokerto memiliki sejuta kuliner yang mantap. Kali ini bukan lagi kuliner berupa sahoun, sroto ataupun mendoan tetapi kali ini adalah hidangan yang pada umumnya dapat kita temukan di sekitar kita yakni sajian menu ayam kampung. Namun bukan berarti sajian ayam kampung yang satu ini tak memiliki ciri khas justru karena kelezatan dan cita rasa khas nya lah maka sajian ini menjadi salah satu sajian favorit di kota ini.

Baca juga : 4 Jajan Murah Pantai Padang, Ada Kerupuk Mie yang Unik

Ayam Kampung Kaliandra Purwokerto yang harum. Foto via tokopedia.com

Sajian ayam kampung yang lezat ini dapat kita temukan di Ayam Kaliandra Purwokerto. Memang banyak sekali warung yang menjual sajian ayam goreng maupun ayam bakar namun Ayam Kaliandra ini memiliki ciri khas sendiri yakni ayam nya asli menggunakan ayam kampung. Tak heran, banyak pelanggan yang jatuh cinta dengan Ayam Kaliandra karena tekstur ayamnya berbeda dengan di warung makan lain. Tekstur ayam disini sangat empuk dan wanginya harum.

Ayam bakar dengan bumbu yang merasuk sempurna. Foto via paxelmarket.com

Untuk jenis rasanya ayam di Kaliandra ini rasanya manis karena ayam tersebut terlebih dahulu diungkep dengan berbagai macam bumbu andalan. Menu yang ada di Kaliandra ini tak jauh berbeda dari warung makan ayam yang lain misalnya menu ayam bakar, ayam goreng, ampela, ceker, kepala ayam, tahu dan tempe serta ada juga bebek goreng. Untuk tahu dan tempe nya memang sudah dibacem jadi memang olahannya nampak kecoklatan dan rasanya manis.

Nah, ada yang lebih menarik adalah pilihan jenis nasi yang disediakan disini ada 3 macam yaitu nasi putih, nasi merah dan nasi hitam. Khusus untuk nasi hitam (nasi beras hitam) hanya tersedia di hari sabtu dan minggu saja. Pilihan jenis nasi merah maupun nasi hitam yang tersedia di warung makan ini sangat membantu para pecinta kuliner yang ingin makan enak namun tetap sehat.

Warung Ayam Kampung Kaliandra tampak dari depan. Foto via mgriyahotel.com

Selain menu ayam potongan disini pun tersedia menu keroyokan yang isinya merupakan 1 ekor ayam kampung utuh atau biasanya juga disebut dengan ayam ingkung. Menu ini cocok sekali untuk traveler yang membawa banyak pasukan karena selain lebih hemat isinya pun banyak namun sayangnya menu ini tidak memiliki stok banyak setiap harinya.

Untuk 1 potong ayam kampung baik di bakar maupun di goreng dibanderol Rp 25.000 saja dan untuk 1 porsi ayam dengan nasi jenis apa saja cukup membayar Rp 30.000. Jika traveler menambah tahu atau tempe maka cukup menambah Rp 3.000 per biji sedangkan untuk ampela Rp 5.000 saja. Namun harga ayam berbeda dengan bebek yang dibanderol dengan harga Rp 30.000 per potong. Khusus untuk paket rame rame atau ayam ingkung harganya Rp 130.000.

Tampak deretan sajian menu Ayam Kampung Kaliandra didalam etalase. Foto via wisato.com

Ayam Kaliandra Purwokerto, Jalan D.I Panjaitan, Kongsen, Purwokerto Kulon. Tepatnya persis di halaman parkir Toko Batik Mahkota tak jauh dari Pasar Wage Purwokerto. Ayam Kaliandra buka pukul 17.00  sampai pukul 22.00 WIB atau hingga stoknya habis. Next

ramadan

Pisang Kapik, Camilan Kaya Rasa Khas Bukittinggi

Ranu Manduro, Indahnya Gunung Penanggungan diBalik Padang Sabana