in , , ,

Bak Serpihan Surga, Danau Plitvice Kroasia Bikin Takjub Dunia Pariwisata

Keindahan alam memang jadi salah satu daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Ada banyak sekali pesona alam yang rasanya wajib untuk dieksplor dan dapat mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya. Salah satunya adalah keindahan danau alami yang ada di dunia ini. Banyak sekali danau danau buatan alam yang memiliki keindahan yang menakjubkan. Berbeda dengan sungai dan laut, ketenangan air di danau seakan menghipnotis para traveler dari seluruh dunia untuk mengunjunginya.

Baca juga : Kisah Pulau Labengki, Si Miniatur Raja Ampat Dengan Teluk Cinta yang Indah Luar Biasa

Danau Plitvice dengan kejernihan air yang begitu menawan. Foto via instagram @Plitvice

Kamu pasti langsung jatuh cinta setelah melihat danau ini meski hanya lewat foto. Saking indahnya, danau ini masuk dalam situs warusan dunia UNESCO lho di tahun 1979 yang sekaligus jadi situs pertama di dunia. Memang, Danau Plitvice terkenal karena pemandangan danaunya yang jernih dan indah sewarna batu turqoise (pirus) yang dialiri serangkaian air terjun kecil. Jika dilihat dari permukaan, sebenarnya danaunya sendiri terdiri dari 16 buah danau yang tampak menyatu. Tanpa disadari, danau ini saling berhubungan dan dipisahkan oleh bendungan alam travertine yang tumbuh satu centimeter per tahun.

Yang lebih kerennya lagi, danau ini memiliki organisme yang bisa merubah warna danau mulai dari biru, hijau, hingga abu-abu tergantung sudut matahari. Danau ini merupakan sebuah pertemuan beberapa sungai kecil serta sungai-sungai bawah tanah. Keenambelas danau tersebut dipisahkan oleh semacam bendungan yang terbentuk secara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, dan bakteri. Sungguh karya alam yang membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Danau Plitvice dengan warna iar hijau tosca yang sangat indah. Foto via instagram @jakarta_public

Taman nasional ini sempat menjadi terkenal selama era 1960-an dan 1970-an melalui beberapa produksi film Barat yang diangkat dari novel karya Karl May, yang banyak mengambil pemandangan di danau atau air terjun tersebut. Daerah sekitar taman nasional itu kini berkembang menjadi kawasan pariwisata. Ada banyak hotel dan penginapan yang siap menampung para wisatawan lokal maupun asing. Tapi, wilayah taman nasional di mana Danau Plitvice berada masih dibiarkan dalam kondisi aslinya.

Danau dengan bendungan alam yang indah. Foto via idntimes.com

Satu hal lagi, walaupun infrastruktur di bagian dalam taman nasional tersebut tidak terlalu memadai, mengingat pemerintah berusaha menjaga keaslian situs, tetapi tempat ini tercatat dapat menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya. Next

ramadan

Padang Rumput Napu, Secuil lembah ala Padang Eropa Terhampar di Poso

Bali Tak Hanya Wisata Pantai Namun Punya Taman Eidelweis Yang Eksotis