in ,

Bandara Unik di Dunia, Salah Satunya Memiliki Landasan di Atas Es

Deretan Bandara Unik di Dunia

Bandara unik di dunia
Bandara unik di dunia

Bagi traveler yang sering memilih pesawat sebagai sarana favorit, bandara sudah menjadi seperti rumah kedua. Di sini lah pesawat yang dinaiki akan lepas landas dan mendarat. Sebagai landasan pesawat, masing-masing bandara harus memenuhi standar yang diberlakukan. Namun, karena lokasi yang tidak memungkinan, beberapa airport di bawah ini lain daripada yang lain. Ini dia bandara unik di dunia. Yuk lihat bedanya dengan yang ada di Indonesia.

Baca juga : Eksotik dan Magisnya Bebatuan ‘Ukiran’ Tuhan di Yehliu Geopark, Taiwan

1. Ice Runaway di Antartika

Ice Runaway, Bandara Antartika
Ice Runaway, Bandara Antartika via Instagram/@eightythreephoto

Salah satu syarat wajib bandara adalah memiliki ruang yang luas sehingga pesawat bisa mendarat atau membelok dengan sangat mudah. Bandara di Antartika memenuhi syarat tersebut, pesawat jenis apapun bisa mendarat tanpa halangan. Namun, berat pesawat harus sangat diperhatikan agar tidak jeblok di landasannya yang berupa es.

2. Congonhas Airport di Sau Paulo, Brazil

Congonhas Airport di Sao Paulo
Congonhas Airport di Sao Paulo via Instagram/@migueleluisapelomundo

Bandara di Sao Paulo, Brazil berjarak sangat dekat dari pusat kota. Ini merupakan salah satu keuntungan karena tidak perlu berangkat terlalu awal demi tidak ketinggalan pesawat. Namun, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para pilot. Untungnya tidak ada gedung pencakar langit di sekitar bandara sehingga pesawat bisa lepas landas dengan cukup menenangkan.

3. Courchevel Altiport di Perancis

Courchevel Altiport di Perancis
Courchevel Altiport di Perancis via Instagram/@lsgg.spotter

Kamu tidak akan menenemukan landasan lurus di Courchevel Altiport, Perancis. Bandara untuk pesawat-pesawat kecil ini berada di tengah pegunungan dengan landasan yang landai, lalu meninggi di jarak lainnya. Pilot yang mendarat di bandara ini harus memiliki sertifikat khusus.

4. Princess Juliana International Airport di Simpson Bay

Princess Juliana International Airport
Princess Juliana International Airport via Instagram/@kreuzfahrtwelle

Jika bandara di Sao Paulo berada di dekat perkotaan, berbeda lagi dengan Princess Juliana International Airport. Bandara ini berada di Simpson Bay di mana banyak wisatawan berjemur dan menikmati keindahan pantainya. Pesawat yang terbang rendah untuk mendarat atau lepas landas pun menjadi pemandangan biasa di pantai ini. Wah, asal tidak kena kepala turis saja, ya.

5. Juancho E. Yrausquin Airport di Saba

Juancho E. Yrausquin Airport
Juancho E. Yrausquin Airport via Instagram/@jeniferbulcock

Area dan topografi yang ada di Saba, Belanda tidak memungkin untuk memiliki bandara yang luas. Landasannya pun sangat pendek sehingga pesawat besar jelas tidak bisa mendarat di sini. Penerbangan pun tidak setiap hari ada. Masyarakat sekitar bahkan tidak bisa mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan secara rutin.

6. Barra Airport di Skotlandia

Barra Airport
Barra Airport via Instagram/@mtp_scotland

Bandara unik di dunia lainnya adalah Barra Airport. Ketika hujan atau bersalju di daerah lain, maka kamu akan tetap menemukan matahari yang bersinar cerah di Barra, Skotlandia. Bandara di sini berada di tepi pantai dan harus mengikuti jadwal dari pergerakan lautan. Jika gelombang sedang naik, pasirnya akan berterbangan dan membuat landasan tertutup. Terlebih lagi, butiran-butirannya akan masuk dan merusak mesin pesawat.

7. Hong Kong International Airport

Hong Kong International Airport
Hong Kong International Airport via Instagram/@privejetclub

Hong Kong International Airport merupakan salah satu yang terindah di dunia. Bagaimana tidak, bandara ini berada di sisi tebing dengan lautan yang indah. Sangat unik, karena selain berfungsi sebagai lapangan udara, bandara ini memiliki lapangan golf yang mewah dan pameran yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Baru turun dari pesawat bisa langsung berwisata, nih.

Nah itu dia deretan bandara unik di dunia yang membuatnya berbeda dari airport kebanyakan. Bagaimana, kamu sudah pernah mendarat di mana nih? Next

ramadan

Belajar Sopan Santun dari Rumah Adat Desa Sasadu Maluku

10 Bisnis Keripik Kekinian Milik Para Artis, Kriuknya Nggak Habis-habis