in , , ,

Keistimewaan Fort Marlborough, Salah Satu Benteng Terkuat Inggris di Nusantara

Benteng Marlborough menjadi salah satu Benteng Inggris terkuat di Indonesia, nomor dua di wilayah Timur setelah Benteng St. George di Madras, India.

Benteng Marlborough salah satu peninggalan bangsa Inggris
Benteng Marlborough salah satu peninggalan bangsa Inggris

Tanpa disadari, negara indonesia memiliki ribuan destinasi sejarah peninggalan penjajah bangsa Eropa. Salah satunya adalah peninggalan bangsa Inggris ketika menjajah Indonesia pada abad ke 17. Inggris mulai masuk ke nusantara melalui ujung pulau Sumatera dan mulai melancarkan aksinya untuk mendapatkan keuntungan seperti gold, glori, dan gospel dimana motivasi untuk memperoleh kekayaan, kejayaan dan penyebaran keyakinan.

Baca juga : Keindahan Destinasi Cowindo yang Mewakili Kearifan Kecamatan Sendang

Benteng Marlborough salah satu peninggalan bangsa Inggris
Benteng Marlborough salah satu peninggalan bangsa Inggris. Foto via wikipedia.com

Inggris mulai menyebar di tanah Sumatera dan memperluas tanah jajahannya hingga mendirikan sejumlah benteng atau fort. Bentang terluas dan terhebat yang dimiliki Inggris di tanah jajahan adalah Benteng Marlborough. Benteng seluas 44.000 meter persegi ini menjadi yang terluas di Asia Tenggara dan menjadi benteng terkuat kedua milik militer Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India.

Area didalam benteng Marlborough yang sangat hijau dari hamparan rumput yang indah
Area didalam benteng Marlborough yang sangat hijau dari hamparan rumput yang indah. Foto via mycity.co.id

Uniknya, benteng ini berada tepat dijalan utama kota Bengkulu, dengan lokasi di Jalan Benteng, Kelurahan Kebun Keling, kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Lokasi Benteng Marlborough ini hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer saja dari pusat keramaian Kota Bengkulu. Keindahan benteng memang menjadi daya tarik traveler tersendiri seperti benteng berada tepat dipesisir pantai dan samudera Hindia. Lokasi ini menjadi sajian menarik bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang dipadukan dengan lingkungan heritage.

salah satu ujung dari benteng Marlborough yang dijadikan tempat untuk mengantisipasi serangan terdapat beberapa alat tempur seperti meriam
salah satu ujung dari benteng Marlborough yang dijadikan tempat untuk mengantisipasi serangan terdapat beberapa alat tempur seperti meriam. Foto via bengkulunews.com

Bangunan Benteng Marlborough ini sengaja dikelilingi parit dengan lebar hingga tujuh meter. Bila mana kamu melihat area benteng dari atas maka bentuk benteng layaknya tubuh kura-kura. Untuk menuju area dalam benteng Marlborough ini kamu harus melalui bagian revaline atau kepala kura-kura yang dapat menghubungkan sebuah jembatan. Area ini sebagai tempat untuk pertahanan ketika terjadi peperangan dan serangan serta dapat mengantisipasi dari berbagai serangan.

Benteng Marlborough berbentuk seperti kura-kura ketika dilihat dari ketinggian
Benteng Marlborough berbentuk seperti kura-kura ketika dilihat dari ketinggian. Foto via arsitekjogja.com

Benteng Malrborough ini didirikan oleh anggota EIC atau East India Company mulai dari tahun 1713 dan selesai pada tahun 1719 sebagai benteng pertahanan yang dipimpin oleh Gubernur Jendral Joseph Callet. Pemakaian nama benteng ini diambil dari nama komandan militer Inggris yang terkenal yaitu John Churchill sebagai The First Duke Of Marborough. Hingga tahun 1983, pihak pemerintah Indonesia muali pemugaran dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ditahun 2004, benteng ini menjadi destinasi wisata yang dilindungi sebagai Cagar Budaya daerah Bengkulu.

Jembatan penghubung ke pintu masuk benteng marlborough melewati parit selebar 7 meter
Jembatan penghubung ke pintu masuk benteng marlborough melewati parit selebar 7 meter. Foto via hariliburnasional.com

Dari sejarahnya, banyak peristiwa-peristiwa sengit yang menimpa benteng Marlborough seperti kebaran hebat akibat perlawanan dari kolonial Belanda, hingga berbagai gempa bumi yang melanda pesisir Barat Sumatera namun kondisi benteng Marlborough tetap terjaga hingga masa kini. Posisi Benteng Marlborough ini memang menghadap ke arah laut sehingga waktu yang tepat untuk menikmati benteng ini adalah sore hari.

Area taman hijau yang terdapat didalam benteng Marlborough
Area taman hijau yang terdapat didalam benteng Marlborough. foto via andalastourism.com

Pengunjung akan menikmati sajian sunset yang indah dan bisa dijadikan momen indah bersama keluarga ataupun dengan sahabat. Benteng ini memiliki jam operasional dimana buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Dan tiket masuk kawasan Benteng Marlborough dibanderol dengan harga Rp. 20.000 per orang. Untuk usia anak-anak dari umur 5 tahun hingga umur 12 tahun dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 per orang. Next

ramadan
Museum Kereta Api Ambarawa menjadi lokasi paling penting bagi kolonial Belanda

Sejarah Kelam Museum Kereta Api Ambarawa, Lokasi Penting Bagi Kolonial Belanda

Amanwana Luxury Resort, Sensasi Glamour Camping bak Menginap di Pulau Pribadi