in , , ,

Selain Kota Lama, Semarang Juga Punya Benteng Pendem yang Instagenic

selain kota lama dan lawang sewu, semarang juga punya benteng peninggalan sejarah yang instagenic

Selain Kota Lama, Semarang Juga Punya Benteng Pendem yang Instagenic
Selain Kota Lama, Semarang Juga Punya Benteng Pendem yang Instagenic

Bila berkunjung ke Semarang, sudah pasti tempat yang ingin dikunjungi adalah Lawang Sewu dan Kota Lama. Nah, sesekali jika Teman Traveler pergi ke Semarang cobalah mampir ke Ambarawa. Salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang. Tempatnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang dari arah Yogyakarta. Ambarawa adalah kecamatan yang dilewati sebelum masuk ke pusat kota Semarang. Benteng Pendem Fort Willem I memang tidak hits seperti Benteng Vredeburg di Yogyakarta dan Fort Van der Wijck di Kebumen. Tetapi Benteng ini tak kalah eksotis dan tetap mempunyai spot-spot foto yang menarik.

Baca juga : Kembalikan Dahaga setelah Berpuasa dengan Sajian Es Timun Segar ala Serambi Mekah

  Benteng Pendem adalah bangunan peninggalan jaman Belanda biasanya digunakan untuk gudang persenjataan. Bangunan yang sudah berdiri lama itu memang membuat kesan angker dan horor. Tetapi bila dilihat-lihat lagi bisa menjadi spot foto yang Instagenic lho.

605_iIE.JPG
Tampak dalam Benteng Fort Willem I Ambarawa (c) Hendriana/Travelingyuk

Bangunannya memang tidak terlalu terawat seperti benteng-benteng lainnya dan masih sepi. Tiket masuknya pun masih gratis, hanya perlu menyiapkan dana untuk parkir sukarela. Penjaga parkirnya pun masih dikelola oleh penduduk sekitar yang tinggal tidak jauh dari Benteng tersebut.  

608_9eu.JPG
Bangunan yang kurang terawat (c) Hendriana/Travelingyuk

Dulunya menjadi gudang penyimpanan logistik militer Belanda, namun sempat alih fungsi menjadi penjara bagi anak-anak dan orang dewasa. Penjaranya sendiri terletak di bawah tanah, karena itu masyarakat sering menyebutnya Benteng Pendem Ambarawa.  

613_aec.JPG
Kawasan Benteng Fort Willem I Ambarawa (c) Hendriana/Travelingyuk

Untuk mengunjungi tempat ini, datanglah pada saat masih pagi sampai siang hari. Jika kesini pada sore hari, kesan horor dan mistis dari tempat ini masih terasa. Ditambah lagi ada beberapa bangunan atau jembatan yang sudah rapuh dan minimnya pencahayaan, jadi Teman Traveler harus ekstra hati-hati di tempat ini.  

667_3OT.JPG
Banyaknya tumbuhan liar di dinding bangunan (c) Hendriana/Travelingyuk
649_Z6I.JPG
Spot paling instagenic (c) Hendriana/Travelingyuk

Ada beberapa ruangan yang memang tidak boleh dilewati para wisatawan, mungkin karena memang bangunan yang sudah mulai rapuh atau mungkin ada alasan tertentu lainnya. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Benteng Fort Willem I dalam waktu dekat? Next

ramadan

Spot Foto Gratis di Kota Batu, Tetap Eksis Tanpa Bikin Dompet Nangis

Nasi Uduk Mas Miskun

Mas Miskun Percetakan Negara, Legendaris Buka 24 Jam