in , , , , , , , , ,

Bhangarh Fort Menjadi Kota Terkutuk dan Paling Berhantu di India

Kota Mati di Rajasthan dijuluki sebagai kota berhantu dan paling dikutuk di India
Kota Mati di Rajasthan dijuluki sebagai kota berhantu dan paling dikutuk di India

India identik dengan wisata budaya berupa nyanyian dan tariannya yang sangat fenomenal. Namun bagi traveler mancanegara, mereka lebih suka mengunjungi berbagai wisata budaya dan sejarah yang memang terkenal di dunia. India merupakan negara dengan sajian lanmark hasil peninggalan India kuno terbanyak didunia. Salah satunya adalah Bhangarh Fort, sebuah benteng bersejarah peninggalan India kuno pada akhir abad ke 16.

Baca juga : Pilihan Cara Asyik Melihat Bunga Sakura di Jepang, Nggak Sekadar Duduk di Taman Lalu Pulang

Benteng Bhangarh Fort menjadi peninggalan bangunan bersejarah dengan arsitektur yang megah
Benteng Bhangarh Fort menjadi peninggalan bangunan bersejarah dengan arsitektur yang megah. Foto via detik.com

Keindahan benteng ini menjadi populer akan kemewahan arsitekutur bangunan. Namun menjadi terkesan seram ketika berada di area Rajasthan dimana nama kota ini menjadi julukan paling berhantu di India. Banyak mitos-mitos yang tersebar dan sudah melekat di masyarakat tentang ilmu sihir dengan kekuatan paling mematikan didunia.

Ilmu Hitam

Bhangarh Fort adalah kawasan tempat tinggal para penyihir tersohor di India. Seperti Singhiya, salah satu penyihir terkuat di India yang mati karena ilmu hitam dari salah satu putri kerajaan bernama Putri Ratnavati. Sebelum meninggal, sang penyihir ini telah jatuh cinta dengan Putri Ratnavati yang terkenal akan kecantikannya. Ketidaksukaan putri Ratnavati ini lantaran penyihir ingin berniat jahat kepada dirinya.

Kota Mati di Rajasthan dijuluki sebagai kota berhantu dan paling dikutuk di India
Kota Mati di Rajasthan dijuluki sebagai kota berhantu dan paling dikutuk di India. Foto via maharajasexpress.com

Guna-guna sang penyihir dapat ditampis oleh sang putri hingga botol minyak ajaib untuk membunuh sang putri telah pecah dan akhirnya hancur hingga sanga penyihir tewas. Sebelum penyihir menghembuskan nafas terakhir, ia mengutuk seluruh isi kota Bhangarh Fort dengan kalimat kesedihan bahwa tidak adanya kehidupan yang damai diseluruh tanah Bhangarh Fort.

Beberapa tahun berikutnya sering terjadi peperangan yang mengakibatkan matinya ribuan orang di kota Bhangarh. Perang dengan Ajabgarh ini mengakibatkan pembantaian besar-besaran di tanah Bhangarh Fort. Dan banyak kejadian-kejadian mengerikan yang timbul disetiap waktu hingga sekarang tidak ada manusia yang hidup dan terlahir di kota ini akibat kutukan dari sang penyihir.

keindahan benteng dan bangunan Bhangarh Fort tetap terjaga hingga masa kini
keindahan benteng dan bangunan Bhangarh Fort tetap terjaga hingga masa kini. Foto via viva.com

Nuansa angker dan tiada kehidupan di kota ini emmbuat warga India menyebutnya sebagai kota paling berhantu dan dikutuk selama lamanya.

Kota Terkutuk

Kota yang berjaya di abad ke 16 ini telah dibangun oleh Raja Sawai Madho Singh. Pesatnya perkembangan Bhangarh Fort menjadikan pemukiman hingga melebihi 9000 rumah. Namun memasuki abad pertengahan 17 mulai terjadi hal-hal mengerikan yang mengakibatkan susutnya populasi penduduk Bhangarh Fort. Banyak bangunan megah dan mewah pasa saat itu mulai terbengkalai akibat ditinggalkan oleh penduduknya.

Bayak pemukiman yang beratap hancur sejak kota Bhangarh Fort dikutuk oleh pertapa dan penyihir
Bayak pemukiman yang beratap hancur sejak kota Bhangarh Fort dikutuk oleh pertapa dan penyihir. Foto via kompas.com

Singkat cerita mengenai benteng Bhangarh ini adalah sebuah rumah seorang pertapa, Guru Balu Nath. Sang Raja telah berizin kepadanya untuk membangun benteng disekitaran rumah sang pertapa ini, namun diberi syarat. Syarat ini tidaklah dilakukan oleh penerus Madho Singh sehingga lambat laun benteng ini menutup rumah sang pertapa. Kutukan sang pertapa telah terbukti hingga mendatangkan berbagai matapetaka dikemudian hari.

Peninggalan bangunan yang diklaim paling angker di Bhangarh Fort namun menjadi tujuan wisata paling populer
Peninggalan bangunan yang diklaim paling angker di Bhangarh Fort namun menjadi tujuan wisata paling populer. Foto via liputan6.com

Suramnya kota Bhangarh Fort menjadikan seluruh penduduk mengungsi hingga tak tersisa satu pun. Hingga suatu saat ada beberapa penduduk yang datang dan mulai membangun rumah di Bhangarh Fort namun selalu gagal. Kejadian terus menuerus atas rutuhnya atap bangunan disetiap rumah menjadikan banyak nyawa yang melayang dimasa lalu. Kejadian itu mengawali tidak adanya lagi penduduk yang hijrah berkehidupan di kota Bhangarh Fort. Next

ramadan
Desain interior mewah ala BTS di Sarang Army Jakarta Barat

Manjakan Traveler di Sarang Army Khas Boy Group BTS

Terjebak Banjir Saat Liburan, Apa yang Harus Dilakukan?