in ,

Boneka Jepang untuk Oleh-oleh, Ternyata Banyak Artinya, Lho

Datang ke Jepang, Bisa Sekalian Bawa Pulang Boneka Buat Jimat Keberuntungan

Boneka Jepang
Boneka Jepang

Negeri Sakura tidak cuma terkenal sebagai negara wisata dengan beragam atraksi menarik. Namun juga punya kebudayaan cukup kental dan masih diaplikasikan hingga sekarang. Salah satunya berhubungan dengan boneka-boneka di Jepang.

Baca juga : Beneran Ada, Rute Kereta Melewati ‘Negeri Dongeng’

Bukan hanya sekedar mainan, boneka-boneka tersebut juga punya kegunaan lain. Mulai dari jimat sampai penangkal hujan. Cocok nih untuk dijadikan oleh-oleh. Mau tahu boneka apa yang paling cocok untukmu?

Daruma

Daruma via Instagram @monkey000913
Daruma via Instagram @monkey000913

Daruma merupakan boneka yang paling sering dicari ketika tahun baru di Jepang. Mempunyai bentuk yang menggambarkan Bodhidharma, seorang pria yang memperkenalkan seni bela diri di Kuil Shaolin Tiongkok. Daruma terbuat dari kayu, digambar tanpa pupil mata. Di sinilah letak keistimewaan boneka pembawa keberuntungan ini.

Sang pemilik harus menggambar satu pupil ketika menentukan suatu tujuan tertentu. Kemudian, pupil satunya digambar lagi setelah tujuan tersebut tercapai. Setelah itu, boneka ini harus dibakar dalam sebuah upacara khusus disebut Dondo Yaki.

Hina Ningyo

Hina Ningyo via Instagram @andytekkun
Hina Ningyo via Instagram @andytekkun

Hina Ningyo merupakan boneka yang harus dipajang di rumah-rumah keluarga Jepang dengan anak perempuan muda. Diletakkan beberapa hari menjelang Hari Anak Perempuan alias Hinamatsuri, yang berlangsung setiap bulan Maret.

Boneka tersebut sebagi bentuk do’a bagi sang anak perempuan agar selalu makmur, sehat, dan punya kehidupan pernikahan bahagia serta stabil. Hina Ningyo biasanya disusun menjadi 7 tingkatan sesuai kasta, merepresentasikan pengadilan kekaisaran termasuk boneka kaisar dan permaisurinya.

Sarubobo

Sarubobo via Instagram @associatakayama
Sarubobo via Instagram @associatakayama

Sarubobo merupakan boneka Jepang tanpa muka yang dibuat menyerupai monyet. Boneka ini terbuat dari kain berwarna merah. Konon dibuat tidak punya muka, sebagai harapan wajah orang yang dipikirkan dapat melekat pada Sarubobo.

Boneka kain ini umumnya dibuat oleh seorang nenek untuk cucu-cucunya, sebagai sebuah jimat keberuntungan. Sebagai bentuk do’a agar sang cucu kelak dapat menjalani kehidupan pernikahan bahagia dan punya keturunan yang sehat.

Teru Teru Bozu

Teru Teru Bozu via Instagram @ummmmm4311
Teru Teru Bozu via Instagram @ummmmm4311

Teru Teru Bozu merupakan salah satu boneka khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Boneka ini sering muncul di film kartun. Biasanya dibuat secara sederhana dari kain berwarna putih oleh anak-anak. Kalau dilihat-lihat, bentuk boneka Teru Teru Bozu memang menyerupai hantu.

Namun, sesungguhnya boneka Jepang ini tidak mengandung kesan horor, malah diyakini bisa mendatangkan cuaca yang diinginkan, tergantung cara peletakannya. Kalau ingin cuaca cerah maka digantung biasa, namun jika mau hujan turun dipasang terbalik.

Kalau sedang liburan di Jepang, Teman Traveler bisa loh sekalian beli boneka-boneka tersebut. Dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bagaimana setuju? Next

ramadan
Villa dengan Kolam Renang Pribadi di Gili Trawangan, Tak Sampai 1 Juta

Villa dengan Kolam Renang Pribadi di Gili Trawangan, Tak Sampai 1 Juta

Suasana syahdu di Pantai Sundak

Pantai Sundak dan Sunset yang Menenangkan, Destinasi Sempurna untuk Berakhir Pekan