in , ,

Pantai Sundak dan Sunset yang Menenangkan, Destinasi Sempurna untuk Berakhir Pekan

Menikmati Suasana Syahdu di Pantai Sundak Jogjakarta

Suasana syahdu di Pantai Sundak
Suasana syahdu di Pantai Sundak (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Siapa yang tak terpukau dengan panorama indah ala pantai? Apalagi jika lokasinya masih sepi dan bersih, pasti rasanya ingin segera packing dan berangkat. Kabupaten Gunungkidul memang dianugerahi banyak destinasi pantai, beberapa di antaranya bahkan masih perawan alias belum dibuka untuk umum. Pantai Sundak adalah salah satunya. Seindah apa? Yuk, lihat lebih dekat.

Baca juga : Kerennya Kota Tua Surabaya, Instagenic Penuh Warna

Sejarah Nama Pantai Sundak

Pantai Sundak (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Nama Sundak terinspirasi dari sebuah cerita rakyat tentang perkelahian antara anjing dengan landak. Sundak sendiri merupakan singkatan dari Asu (anjing dalam bahasa Jawa) dan Landak. Perkelahian kedua hewan tersebut konon terjadi di sebuah gua yang terbentuk dari batu karang.

Uniknya, hingga kini gua yang dimaksud masih ada dan menjadi sumber penghidupan warga sekitar. Di dalam gua terdapat sumber air tawar yang dimanfaatkan penduduk lokal untuk kehidupan mereka sehari-hari.

Suasana Pantai yang Menenangkan

Pasir di Pantai Sundak yang Cocok untuk dimainkan (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Sejak sumber air ditemukan, kehidupan warga sekitar sedikit demi sedikit menjadi lebih baik. Masyarakat juga merasakan manfaat positif usai pantai ini mulai dilirik para wisatawan. Pengunjung berdatangan dan hal tersebut menjadi sumber pendapatan tambahan untuk mereka.

Disapa Ikan Kecil di Pinggiran Pantai Sundak (c) Gallant Tsany/A

Bibir Pantai Sundak tidak terlalu curam sehingga bisa digunakan untuk
duduk santai, bercengkrama dengan keluarg, maupun pasangan. Jika berjalan sedikit ke arah laut, Teman Traveler bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut di sini.

Kehidupan Bawah Lautnya (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Semuanya terlihat sangat jelas, karena airnya begitu jernih. Ikan-ikan kecil, udang, hingga kepiting berukuran kecil bisa dilihat langsung dengan mata telanjang sembari bermain air.

Suasana Sempurna Jelang Matahari Terbenam

Sesaat Sebelum Matahari Terbenam di Pantai Sundak (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Pantai Sundak berada sekitar 500 meter arah barat Pantai Pulang Syawal (Indrayanti). Tiket masuknya sebesar Rp10.000, ditarik di pos retribusi dan sudah termasuk akses ke beberapa pantai lainnya. Murah meriah bukan?

Dibanding Indrayanti, suasana di sekitar Sundak cenderung lebih sepi. Meski demikian, beragam fasilitas umum telah tersedia. Pengunjung tak perlu khawatir mencari toilet maupun mushola. Lahan parkirnya juga sudah sangat memadai.

Menjelang matahari terbenam adalah waktu paling sempurna untuk mengunjungi Pantai Sundak. Namun demikian, Teman Traveler harus tetap ingat. Jangan sampai membuang sampah sembarangan dan selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar. Next

ramadan
Boneka Jepang

Boneka Jepang untuk Oleh-oleh, Ternyata Banyak Artinya, Lho

EBONI image

#GimanaGakSayang dengan Indonesia Kalau Bercerita Dapat Hadiah Keren Ini?! Ikutan Yuk!