in , , , ,

Bukit Surowiti, Suguhan Wisata Religi Penuh Misteri

Bukit Surowiti menjadi destinasi terkenal penuh dengan misteri di Kabupaten Gresik. Bukit ini menjadi area petilasan dari Tokoh penyebar Agama Islam Kala itu

Bukit Surowiti Gresik menjadi area mistis lantaran sebagai tempat petilasan dari beberapa tokoh sejarah
Bukit Surowiti Gresik menjadi area mistis lantaran sebagai tempat petilasan dari beberapa tokoh sejarah

Gresik menjadi salah satu kota dengan sajian wisata religi cukup banyak. Salah satu yang terkenal adalah wisata makam Sunan Giri, Makam Maulana Malik Ibrahim dan masih banyak lainnya. Namun dari sekian banyak wisata religi ada yang cukup menonjol dimana sajian destinasinya memberikan suasana mistis yang penuh dengan misteri. Destinasi ini adalah Bukit Surowiti dimana terdapat makam dari seorang Mpu Suna dan Raden Bagus Mataram.

Baca juga : Wisata Bukittinggi yang Cocok untuk Ngabuburit Seru Sambil Berburu Foto

Bukit Surowiti Gresik menjadi area mistis lantaran sebagai tempat petilasan dari beberapa tokoh sejarah
Bukit Surowiti Gresik menjadi area mistis lantaran sebagai tempat petilasan dari beberapa tokoh sejarah. Foto via alamasedy.com

Bingung nih mau menentukan liburan ketika akhir pekan? Tak perlu galau, cukup beranikan diri saja menikmati keindahan Bukit Surowiti yang berlokasi di Desa Suworiti, Panceng, Kabupaten Gresik. Tak jauh dari pusat kota, kamu cukup menempuh jarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Gresik. Namanya bukit, jadi kamu harus melakukan pendakian hingga puncak bukit yang berketinggian sekitar 260 meter diatas permukaan laut.

Bukit Surowiti sendiri adalah area petilasan dimana kala itu menjadi tempat Sunan Kalijaga untuk bertapa. Hingga berbagai sejarah religi yang terkenal mistis seperti tempat petilasan dari Kali Buntung, Petilasan Tapa Ngluweng, dan Goa Langseh. Para tokoh tersebut merupakan tokoh terpenting dalam penyebaran agama Islam di nusantara. Hingga mulai tenarnya dari Bukit Surowiti ini akibat Sunan Kalijaga mengasah ilmu dan kesaktiannya di Bukit Suworiti ini bersama Sunan Bonang.

Ratusan anak tangga menuju puncak Bukit Surowiti Kabupaten Gresik
Ratusan anak tangga menuju puncak Bukit Surowiti Kabupaten Gresik. Foto via alamasedy.com

Bila kamu ingin menuju puncak, kamu cukup mengikuti ratusan anak tangga yang cukup melelahkan. Namun rasa lelah begitu sirna ketika sajian panorama alam Kabupaten Gresik begitu terlihat jelas dari ketinggian. Bukit ini berada diarea pekarangan penduduk Desa Surowiti dimana kamu akan menjumpai perkebunan pohon jati. Karena area ini adalah area petilasan maka sebelum mendaki pun kamu akan menemukan berbagai petilasan yang terpisah diarea perbukitan lebih pendek.

Spot Menarik Bukit Surowiti

Rasanya tidak sempurna bila berwisata tanpa menagbadikan momen dengan memotret pemandangan dan spot foto yang keren di Bukit Suworiti. Berada di area ketinggian pastinya suguhan pemandangan menjadikan suasana semakin syahdu. Selain menyajikan pesona alam hutam jati yang rindang, Bukit Surowiti ini menjadi tempat untuk menikmati area perbukitan Kabupaten Gresik.

petilasan sunan kalijaga yang berdiri di area bukit Surowiti gresik
petilasan sunan kalijaga yang berdiri di area bukit Surowiti gresik. Foto via aroengbinang.com

Bukit Surowiti juga menyediakan area untuk peziarah ke beberapa makam, dimana bukit ini sebagai area petilasan tokoh pemuka agama. Namun kamu juga dapat menikmati area wisata sekitar bukit seperti Goa Langseh, Petilasan Kali Bungsuh, dan spot wisata lainnya. Sebagai tempat yang suci dan penuh dengan keramat serta mistis maka dari itu pengunjung diwajibkan untuk menjaga tikah laku agar lebih sopan dalam berbicara sehingga tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

Fasilitas Menarik di Area Bukit Surowiti

Bukit Surowiti adalah sajian destinasi dilengkapi dengan petilasan menjadikan area ini banyak disediakan berbagai fasilitas seperti toilet, mushola, hingga gazebo sebagai tempat untuk peristirahatan pengunjung. Uniknya toilet disini juga disediakan kamar mandi yang biasa digunakan para peziarah mandi bila waktu kunjungan lebih dari sehari semalam.

Mulai dari goa hingga petilasan memberikan aura mistis dari Bukit Surowiti
Mulai dari goa hingga petilasan memberikan aura mistis dari Bukit Surowiti. Foto via alamasedy.com

Karena sebagai tempat keramat, meski kamu berada diarea hutan jati maka tidak disarankan untuk buang air semabrangan. Bnayak pengunjung mulai memadati area wisata Bukit Surowiti ini pada akhir pekan. Namun tak jarang kamu juga mendapati banyak peziarah yang hadir untuk mencari berkah atau meditasi hingga berdoa untuk mendoakan arwah dari beberapa tokoh agama kala itu. Uniknya, disini tersedia gubuk sebagai tempat para peziarah menginap selama berminggu-minggu.

Gemerlap cahaya lampu malam hari terlihat indah dari Bukit Surowiti Gresik
Gemerlap cahaya lampu malam hari terlihat indah dari Bukit Surowiti Gresik. Foto via tempatwisataseru.com

Nah, bila penasaran, kamu cukup mendatangi Bukit Surowiti dimana jam operasional buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 19.00 WIB. Waktu terbaik menikmati alam Bukit Surowiti ini adalah ketika sore hari. Selain cuaca mulai sejuk, kamu dapat menikmati sajian matahari tenggelam sangat memukau. Terlebih ketika malam menjelang, sajian gemerlap cahaya lampu menjadikan suasana semakin romantis. Next

ramadan
Kampung Tokyo Bogor

Kampung Tokyo Bogor, Perpaduan Rumah Bergaya Jepang yang Unik dan Pemandangan Kebun Teh

Bebatuan karang yang indah siap menjadikan spot latar belakang foto

Pantai Tapak Kera, Surga Kecil Tersembunyi di Tanah Lampung