in ,

Burger Serangga dari Larva Ulat, Ada yang Minat?

Inilah Burger Serangga yang Melihatnya Saja Sudah Bikin Geli

Burger Serangga
Burger Serangga

Serangga memang makin diminati dunia. Digadang-gadang, serangga memiliki nutrisi yang begitu tinggi. Karena hal itulah, makin banyak saja kuliner yang dipadukan dengan serangga. Di Indonesia sendiri ada beberapa ragam serangga yang sudah familiar dikonsumsi, mulai dari jangkrik sampai laron. Namun di luar negeri, tepatnya London ada burger serangga dari larva ulat. Apakah kamu berminat?

Baca juga : Shi Jeckex, Nongkrong Sambil Seruput Segarnya Susu Murni Aneka Rasa

Inovasi Peternakan di London

Ulat yang dibudidayakan, via Shutterstock
Ulat yang dibudidayakan, via Shutterstock

Di London ada namanya Horizon Insect, ini merupakan peternakan pertama di Inggris yang membudidayakan larva ulat dan serangga lainnya. Dan yang jadi favorit banyak orang adalah larva ulat dari jenis ulat hongkong atau yang disebut dengan Tenebrio molitor.

Ulat ini juga disebut sebagai ulat tepung dan merupakan larva kumbang darkling. Di Indonesia, ulat jenis ini banyak dijadikan campuran pakan burung.

Dikombinasikan Menjadi Isian Burger

Jadi bahan baku burger, foto istimewa
Jadi bahan baku burger, foto istimewa

Namun di London, larva ulat ini dikombinasikan dengan makanan lainnya. Misalnya saja burger. Ham yang biasanya terdiri atas cincangan daging dicampur dengan larva ulat ini. Tentu saja tidak dimakan mentah-mentah ya. Larva ulat diambil dari sarangnya kemudian dicuci bersih, lalu direbus. Setelah itu dicampurkan pada daging ham. Rasa burger serangga ini? Ada baiknya kamu coba sendiri saat nanti berada di London.

Kandungan Larva Ulat yang Penuh Protein

Larva dicampur makanan, via Screenshot
Larva ulat dicampur makanan, via Screenshot

Bukan iseng semata, beberapa tahun belakangan ini memang serangga digadang-gadang menjadi sumber protein selanjutnya yang bakal banyak diminati. Serangga dianggap menjadi sumber protein ramah lingkungan. Larva ulat ini dalam pertumbuhannya tidak membutuhkan air yang terlalu banyak dan memproduksi karbon dioksida dalam jumlah sedikit.

Perawatan yang Ramah Lingkungan

Perawatan ramah lingkungan, via Shutterstock
Perawatan ramah lingkungan, via Shutterstock

Serangga yang terdapat di peternakan Horizon Insect membantu penguraian sampah makanan. Jenisnya datang dari sisa sayuran, campuran dedak, dan sampah sisa makanan yang lainnya. Satu hal lagi, hewan-hewan ini tidak membutuhkan banyak tempat dalam perawatannya.

Pecinta kuliner ekstrem wajib mencoba sajian unik satu ini. Bagaimana, Teman Traveler, apakah kamu mau mencoba makanan yang dicampur dengan serangga ini? Next

ramadan

Delicious Traditional Snacks from Aru Islands

Sate Kambing Pak Syamsuri

Sate Kambing Pak Syamsuri Jogja, Enaknya Eksis Sejak 90-an