in , , , , ,

Liburan ke Penang, Wajib Menyeberang ke Butterworth

Buat kamu yang ingin melipir sebentar dari kegiatan sehari-hari, bisa banget menyeberang ke Butterworth saat liburan ke Penang.

Liburan ke Butterworth Penang

Indonesia memang punya banyak sekali tempat wisata yang bisa jadi tujuanmu. Tapi kalau kamu mau liburan ke luar negeri, bisa banget nih cobain menyeberang ke Butterworth saat berada di Penang, Malaysia. Tidak jauh dari Indonesia, tapi tetap punya suasana yang sedikit berbeda. Tempat ini bisa jadi pilihan buat ‘kabur’ sementara dari kesibukan.

Baca juga : Pulau Ayam Indonesia Dijual Online Rp215 M, Bupati Anambas Berikan Klarifikasi

Apalagi, conneting flight juga banyak. Selain cultural heritage, kota Penang juga terkenal dengan kulinernya yang beragam. Hampir sama dengan Kuala Lumpur, kulinernya perpaduan India, Melayu, dan Peranakan China. 

Campbell Street
Campbell Street, George Town, Penang (c) Marmur/Travelingyuk

Kotanya rapi, Teman Traveler nggak perlu takut heels masuk lubang saat jalan kaki atau jalan kaki narik koper dari Komtar (terminal sentral di Georgetown Penang) ke hotel. Kalau pun kamu malas jalan, bisa naik bus kota yang menjangkau tiap sudut kota. Setidaknya kota ini ramah dan mudah nggak pakai ribet buat backpacker atau suitcaser.

Cukup tinggal 3 sampai 4 hari di Penang. Hari pertama staycation dan mengeksplorasi sekitar hotel, hari ke-2 keliling kota dan berbère street art. Dan hari ke-3 kamu bisa menyebrang ke daratan Pulau Pinang, ke Butterworth. Konon katanya, tempat ini tempat kuliner laziz Pulau Pinang. 

Liburan ke Butterworth, Penang

Sebenarnya gampang banget kalau kamu ingin ke Butterworth. Setengah hari juga cukup kalau hanya sekedar ingin merasakan pengalaman menyebrang pulau di negara tetangga. Dari tengah kota George Town bisa naik bus tujuan Jetty.

Weld Quay
Foto via penangpropertytalk.com

Sesudah itu tinggal pilih mau naik bus atau naik kapal feri. Naik feri dari Weld Quay, tinggal jalan dari terminal ikuti petunjuk saja. Tiket ke Butterworth gratis, perjalanan pun hanya 30 menit. Tapi baliknya bayar RM1,2 atau nggak sampai Rp5.000. 

Kegiatan Seru di Butterworth

Liburan ke Butterworth Penang
Foto via Instagram

Butterworth merupakan bagian wilayah Penang yang ada di daratan utama Malaysia. Teman Traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur, Singapura, Thailand, atau negara lain lewat jalur darat. Tapi kalau waktunya terbatas dan harus balik lagi ke Pulau Penang, cukup keliling Butterworth dan kulineran saja.

Tidak cuma di George Town kamu bisa berburu foto street art, di Butterworth juga ada Butterworth Art Walk. Gratis! Berderet mural dan seni tentang Butterworth. Kamu bisa berfoto ria sepuasnya. 

Liburan ke Butterworth Penang
Foto via Instagram

Ada kuil ikonik yang wajib dikunjungi saat ke Butterworth, namanya Kuil Tow Boo Kong di Jalan Uda Butterworth. Lebih bagus lagi datang kesini saat malam hari, karena lampu-lampu disana sangat cantik diabadikan dalam foto.

Kuliner di Butterworth

Ais Kacang
Foto via Instagram

Masih di sekitar Jalan Uda, Teman Traveler bisa mencoba es yang pernah viral Ais Kacang. Baru kemudian makan berat di Restoran Ikan Bakar Din. Bagi yang suka berbagai macam mi, mampir juga makan Noor Mee Kuah atau Mee Sotong.

Mee Sotong
Foto via Instagram

Sesudah kenyang dan puas jalan-jalan, waktunya kembali ke George Town naik kapal feri lagi. Berbeda saat berangkat, kembali ke George Town harus membayar kapalnya. Liburan hemat kamu ke Butterworth nggak sampai habis Rp200 ribu. Untuk transportasi saja tak sampai RM10. Gimana, tertarik menyeberang ke Butterworth saat liburan di Penang? Next

ramadan

Written by Marmur

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Beji Guwang Bali

Beji Guwang Bali, Ngarai Suci nan Eksotis di Pulau Dewata

Pesta Keboen Semarang

Menilik Uniknya Bangunan Warisan Zaman Belanda di Restoran Pesta Keboen Semarang