in , ,

Camilan Unik Khas Belanda Tetap Populer Sejak Penjajahan

Camilan jadul khas Belanda yang outentik dan nyentrik
Camilan jadul khas Belanda yang outentik dan nyentrik

Bandung tidak henti-hentinya menunjukkan eksistensinya didunia wisata dan kuliner. Sejak jaman penjajahan pun, kota kembang ini selalu menjadi dambaan hati banyak wisatawan khususnya para kolonial. Terlebih sajian kuliner disebuah toko terkenal pada masanya yaitu Sumber Hidangan. Salah satu kedai atau toko yang sangat legendaris menyajikan makanan unik hingga es krim yang populer dimata koloni hingga sekarang.

Baca juga : Sam Huget Kopi Omahan Malang, Unik dengan Vibe ala Bali

Camilan jadul khas Belanda yang outentik dan nyentrik
Camilan jadul khas Belanda yang outentik dan nyentrik. Foto via indonesiaaz.com

Menariknya segala jenis hidangan kue basah dan kue kering yang jadul menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tidak hanya kue, es krim jadul pun siap menemani suasana hangat kota Bandung ketika siang hari. Sembari mencicipi es krim jadul, kamu bisa menikmati berbagai arsitektur dan pernak pernik khas bangunan Belanda disetiap sudut toko.

Toko dengan nama Sumber Hidangan ini berdiri sejak tahun 1929 tepat berada di Jalan Braga nomer 20-22 Bandung yang dahulu sempat populer dengan nama Het Snoephuis. Sajian berbagai kue jadul khas Belanda memang sejak dulu tetap tidak berubah, hanya beberapa menu yang saat ini sudah tidak berproduksi lagi. Namun menu berbagai roti siap memanjakan lidah mu seperti hotdog, busbrood, Melkbrood, Suikerbol, roti cokelat, madelein, roti sobek, Krentenbrood dan masih banyal lagi. Harga yang ditawarkan beragam mulai dari Rp. 8.000 hingga Rp. 35.000 per bijinya.

Es krim jadul khas Kedai Sumber Hindangan Bandung
Es krim jadul khas Kedai Sumber Hindangan Bandung. Foto via pergikuliner.com

Ada juga menu lainnya berupa kue tart dan cokelat dimana menu andalannya adalah Amsterdamse korst, soes, roomhoom, Frou-frou coklat atau mocca, Brown basket, Bokkepoot dan masih banyak lainnya dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 13.000 hingga Rp. 40.000 per bijinya. Nah, untuk teman traveler yang ingin menikmati kue kiloan bisa banget memilihnya seperti Letterbanket, Soes kosong besar, Pindakaas, Amandel brood, Ontbijtkoek dan pilihan lainnya dengan harga dibanderol per satuan ons dengan kisaran harga mulai dari Rp. 14.000 hingga Rp. 30.000 per ons.

Kue kering dengan disajikan dalam wadah toples jadul
Kue kering dengan disajikan dalam wadah toples jadul. Foto via indonesiaaz.com

Nah, menu unik dan paling diminati banyak pengunjung adalah es krim jadul. Es krim ini hadir sejak kolonial Belanda dengan berbagai jenis menu es krim seperti ice cream varian rasa, / snow shite/cafe glace/ moorkus/ marasquiro, Ice cream tutti fruitti, dan ice cream spesial dengan harga mulai dari Rp. 14.000 hingga Rp. 35.000 per scope. Next

ramadan
Indahnya jembayan Sawunggaling Surabaya menjadi ikon baru kota Pahlawan

Gemerlap Jembatan Sawunggaling Surabaya, Icon Baru Kota Pahlawan

De Tjolomadoe, Bangunan Bekas Pabrik Gula yang Jadi Tempat Wisata Instagramable