in , ,

Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona Masuk ke Tempat Wisata

cara mencegah virus corona masuk ke tempat wisata

Virus yang sedang berada di tingkat waspada Internasional ini menjadi salah satu yang sangat ditakuti. Bahkan beberapa negara sudah menutup akses masuknya dari wisatawan China agar aman dari virus tersebut. Penyebaran tercepat adalah dari tempat wisata yang berbagai macam orang dapat keluar masuk dan terjadi sentuhan-setuhan secara langsung atau tidak langsung. Berikut merupakan pencegahan saat di tempat wisata, agar Teman Traveler dapat waspada terhadap sekitar.

Baca juga : Desa Suku Baduy, Wisata Budaya dan Belajar Kearifan Lokal

Memakai Masker Selama di Tempat Wisata

Memakai Masker via Shutterstock

Penggunaan masker adalah pencegahan pertama pada penyakit apapun, salah satunya virus Corona ini. Penyebaran yang melalui udara akan mudah sekali terhirup dan masuk ke tubuh manusia. Masker yang digunakan pun lebih baik yang sekali pakai, tidak menggunakannya berulang kali. Saat akan membuangnya jangan menyentuh bagian tengah masker, lepas dengan cara mengambil bagian talinya dan langsung membuangnya dengan membungkusnya dengan kertas atau kantong plastik.

Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun

Mencuci Tangan dengan Sabun via Shutterstock

Untuk menjaga diri di tempat keramaian yang pastinya akan banyak menyentuh benda-benda di sekitar ada baiknya Teman Traveler rajin mencuci tangan dengan sabun. Tidak hanya itu, untuk menambah perlindungan diri, sebaiknya membawa hand sanitizer untuk lebih praktis.

Hindari Kontak Langsung dengan Wisatawan Sekitar

Hindari kontak langsung via Shutterstock

Selalu hati-hati dengan orang di sekitar ya. Saat di ajak berpelukan atau sekedar bersalaman untuk saat ini sebaiknya di tolak. Bukan karena berniat sombong, tetapi untuk kepentingan dan keamanan Teman Traveler sendiri. Ini bukan hanya untuk orang asing, melainkan orang dikenalpun harus tetap waspada.

Tidak Sembarangan Membeli dan Menerima Makanan atau Minuman

Memilih makanan via Shutterstock

Saat berjalan-jalan di tempat wisata, pasti sangan menyenangkan untuk membeli makanan, jajanan dan minuman yang ada di sana. Teman Traveler harus memilih-milih jajanan yang akan di beli dan dikonsumsi, harus yang bersih dan pasti tidak banyak terkena sentuhan dari penjualnya. Dan jangan sekali-kali menerima apapun dari orang lain untuk dikonsumsi walaupun makanan atau minuman itu terlihat sangat lezat.

Tidak Batuk dan Meludah Sembarangan

Tidak Batuk Sembarangan via Shutterstock

Jika Teman Traveeler ingin batuk, baiknya selalu menutup mulut dengan kain atau tangan dan kemudian mencuci tangan. Juga jangan meludah sembarangan, selain tidak sopan, ludah juga salah satu penyebab penularan virus ini jika terpegang. Jadi meludahlah di toilet atau langsung di tempat sampah untuk sadar akan wisatawan dan masyarakat sekitar.

Kenali Keadaan Diri Sendiri

Merasa Sakit via Shutterstock

Jika merasa tidak enak badan, lebih baik pulang dan tidak melanjutkan menjelajahi tempat wisata tersebut. Karena saat Teman Traveler sakit, imun dan daya tahan tubuh menurun, kondisi itu akan mudah sekali tertular virus ini dan penyakit lainnya.

Bukan hanya untuk diri sendiri, pencegahan diatas juga untuk orang lain. Ada baiknya Teman Traveler memberitahu kepada orang sekitar tentang menakutkannya virus corona ini, berikan pula penjelasan untuk mencegahnya agar tidak semakin banyak korban yang berjatuhan akibat penyakit mematikan ini. Next

ramadan

Mengenal dan Jelajahi Masjid Raya Al Mashun Medan

Tojinbo, 4 Fakta Tebing Laut Berhantu Jepang