in ,

Cenote Angelita, Sungai Ajaib yang Ada di Dalam Air

Destinasi Wisata di Meksiko

Dengan iklim tropis yang dimiliki Meksiko, Negara terbesar ketiga di Amerika Latin ini pun memiliki banyak sekali destinasi wisata. Di antaranya adalah Playa de Carmen, Isla Mujeres dan Acapulco. Namun yang lebih menarik adalah Cenote Angelita, sebuah danau dengan kedalaman 55 meter. Apa sih yang membuat danau ini menarik hingga menjadi viral di dunia maya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Mengenal Kota Legendaris Tenggarong di Kalimantan Timur

Kabut Pembatas di Kedalaman 25 Meter

Kabut di dalam air
Kabut di dalam air [image source]
Dengan diameter sepanjang 30 meter, permukaan danau ini memiliki air tawar yang berwarna biru. Walaupun hanya sebuah danau, banyak pengunjung yang datang dan menyelam dengan menggunakan peralatan lengkap. Pada kedalaman 25 meter, setengah dari kedalaman total, penyelam dapat menemukan serangkaian kabut dan terdapat sebuah bukit kecil lengkap dengan pepohonan.

Penyelam di dalam kabut bukan dasar danau
Penyelam di dalam kabut bukan dasar danau [image source]

Dua Tipe Air dalam Satu Danau

Fenomena bernama Halocline
Fenomena bernama Halocline [image source]
Kabut tersebut merupakan pembatas antara air tawar dengan air asin dan terbentuk dari hydrogen sulfat. Di bawahnya adalah sebuah air asin yang memenuhi hingga dasar danau. Dalam dunia ilmiah, kabut pemisah air tawar dengan air asin ini biasa disebut dengan Halocline.

Serupa sungai di dalam air
Serupa sungai di dalam air [image source]

Terlihat Seperti Sungai di Dalam Air

Penyelam yang berpura-pura memancing
Penyelam yang berpura-pura memancing [image source]
Dengan fenomena Halocline pada kedalaman 25 meter tersebut, membuat tempat ini terlihat seperti sebuah sungai di dalam danau. Ditambah lagi dengan ujung bukit yang menembus kabut, membuatnya tampak seperti sebuah pulau di tengah sungai. Lansekap bawah air ini juga dipercantik dengan ranting-ranting pohon tanpa daun.

seperti pulau yang dikelilingi sungai
seperti pulau yang dikelilingi sungai [image source]

Spot Scuba Diver yang Paling Magis

Membuat banyak penyelam penasaran
Membuat banyak penyelam penasaran [image source]
Dengan fenomena yang tak banyak terjadi, membuat Cenote Angelita kerap menjadi tujuan untuk menyelam. Rasa penasaran yang luar biasa, membawa para penyelam ini untuk menjelajah lebih dalam. Bahkan tak jarang beberapa penyelam membawa dua tabung oksigen guna mendukung penjelajahan bawah air ini.

Permukaan Cenote Angelita
Permukaan Cenote Angelita [image source]
Fenomena-fenomena alam memang sangat mampu membuat rahang menganga karena keindahannya. Pernah melihat fenomena seperti ini di lokasi yang berbeda? Next

ramadan
Bakmi Jawa di Jogja

Bakmi Jawa, Kuliner Khas Jogja yang Menggoyang Lidah

Bakso Gondrong

Bakso Gondrong Tebet, Kuliner Kaki Lima yang Istimewa