in , , , ,

Layaknya Planet Mars, Tempat Terekstrem di Bumi, Tak Layak Huni

Kondisi air danau yang sangat panas dan mengandung natrium klorida hingga magnesium yang sangat tinggi
Kondisi air danau yang sangat panas dan mengandung natrium klorida hingga magnesium yang sangat tinggi

Berbagai sisi belahan bumi memiliki permukaan yang sangat unik. Keunikan ini ternyata membawa dampak buruk bagi makhluk hidup yang hidup diatas tanah ini. Hamparan kawah vulkanik yang berbentuk layaknya danau-danau mungil yang berwarna hijau kekuningan dengan tanah dan bebatuan kuning kemerahan. Keindahan ini sungguh mengagumkan, namun sangat mematikan. Kok bisa? Penasaran nih ? Yuk simak penjelasannya!

Baca juga : 5 Guest House Unik di Jepang, Traveling Hemat dan Hati Senang

Danau Dallol salah satu tempat mengerikan didunia
Danau Dallol salah satu tempat mengerikan didunia. Foto via jadiberita.com

Danau Dallol merupakan salah satu danau di dataran Ethiopia yang dikenal banyak traveler sangat ekstrem. Dengan kondisi air danau yang bersuhu sangat panas hingga menyentuh titik didih air. Dalam kondisi tenang, air danau ini biasanya berada di suhu 45 derajat hingga 56 derajat selsius. Bahkan ketika musim dingin menerpa, air panas danau ini tetap tidak berubah.

Salah Satu Tempat Tiada Kehidupan di Bumi

Suhu panas dari air danau Dallol membuat banyak makhluk hidup enggan hidup dikawasan danau ini. Tidak hanya panas, namun air danau ini mengandung garam yang tinggi, hingga terdapat gas beracun akibat dari aktivitas vulkanik sehingga terbentuk hidrotermal ekstrem. Wajar saja, danau ini terletak diatas kawah gunung vilkanik.

Kondisi air danau yang sangat panas dan mengandung natrium klorida hingga magnesium yang sangat tinggi
Kondisi air danau yang sangat panas dan mengandung natrium klorida hingga magnesium yang sangat tinggi. Foto via tagar.id

Kondisi air danau Dallol juga sangat asam dengan angka kadang mendekati negatif yang artinya sangat asam dimana skala pH menunjukkan angka 0 berarti sangat asam dan angka 14 berarti sangat basa.

Layaknya Tempat Alien

Secara geografis dan kontur bebatuan layaknya permukaan planet Mars. Warna dan tekstru tanah dan bebatuan ini membuat panorama seperti tempat alien berada. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa tempat ini sangat kering dan beberapa ditemukan kandungan natrium klorida dan magnesium yang sangat tinggi. Kandungan ini pastinya dapat merusak inti sel dalam tubuh.

Bebatuan yang unik dengan warna khas layaknya permukaan Mars yang sangat menegangkan
Bebatuan yang unik dengan warna khas layaknya permukaan Mars yang sangat menegangkan. Foto via jtconcierge.com

Namun, ada beberapa mikroorganisme yang masih sanggup bertahan dan beradaptasi dikawasan ini yaitu Archaea dimana salah satu mikroorganisme yang bersel tunggal. Namun tetap dinyatakan sebagai kawasan yang tidak layak untuk dihuni makhluk hidup apapun. Banyak kalangan traveler yang memberanikan diri mendekati danau Dallol ini namun tetap didampingin dengan para ahli dan peneliti yang sedang bertugas disana.

Jangan sekali kali mendatangi tempat ini dengan seorang diri ya teman traveler. Karena tanpa alat tambahan seperti tabung oksigen, kamu tidaklah dapat bertahan lama akibat gas beracun serta bau dan asap yang kadang keluar dari danau-danau unik ini. Next

ramadan

5 Pengalaman Buruk Pramugari Saat Bertugas, Dipukul hingga Layani Penumpang Mabuk

Roti jala makanan khas Riau yang sangat unik

Lezatnya Cita Rasa Unik Makanan Khas Melayu Dari Tanah Riau