in ,

Jadi Saksi Pembantaian Penyihir, 4 Destinasi Wisata Halloween Ini Punya Rahasia Mengerikan!

Mengetahui fakta tersembunyi di balik perayaan Halloween

Tanggal 31 Oktober diperingati sebagai Halloween Day. Hari yang selalu diidentikkan dengan hal-hal menyeramkan seperti rumah berhantu, setan, dan trick-or-treat ini dirayakan di berbagai penjuru kota di dunia. Tapi tahukah kalian bahwa ada beberapa destinasi wisata Halloween yang menyimpan rahasia mengerikan di masa lampau? Berikut 4 di antaranya!

Baca juga : Warisan Asian Games 1962, Masih Dapat Ditemukan di Jakarta

1. Transylvania, Romania

Patung Vlad Dracula di Curtea Veche via Shutterstock

Kota dengan nuansa abad pertengahan klasik ini sejak dahulu dianggap sebagai rumah si vampir pengisap darah. Tapi sejarah malah menunjukkan fakta yang lebih mengerikan, Teman Traveler!

Dulu pada abad ke-14, berkuasalah seorang pemimpin bengis dan kejam bernama Vlad Dracula atau ‘Vlad the Impaler‘. Ia tidak segan membunuh dan membantai siapa saja yang menghalanginya dalam berkuasa. Dari sinilah istilah ‘vampir‘ atau ‘drakula‘ lahir.

Bran Castle, Romania via Shutterstock

Sampai sekarang, istana dan benteng peninggalan zaman Vlad Dracula masih berdiri kokoh di sekitar kota Transylvania, contohnya adalah Bran Castle. Bangunan yang menjadi saksi kekejaman sang penguasa tersebut kini menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi apabila berkunjung ke Romania.

2. Salem, Amerika Serikat

Sebuah museum yang dibangun untuk mengenang pembantain para penyihir di tahun 1692 di kota Salem via Shutterstock

Salah satu destinasi wisata Halloween lainnya adalah kota Salem, Oregon. Sekilas tidak ada yang janggal kalau kita berkunjung ke sini. Namun, daerah ini menjadi saksi pembantaian 20 orang yang diduga penyihir pada tahun 1692. Ironisnya, yang menjadi korban eksekusi semuanya adalah perempuan. Konon hal ini terjadi lebih karena masalah pribadi.

Image may contain: food
Aneka dekorasi Halloween di kota Salem via Instagram/disneywitch21

Untuk mengenang peristiwa itu, didirikanlah sebuah tempat peringatan bernama Salem Witch Museum. Tujuannya adalah untuk menghormati korban pembantaian sekaligus sebagai pusat pembelajaran sejarah kota. Selain itu, museum ini menjadi salah satu pusat perayaan Halloween di Amerika Serikat. Jadi kalau lagi berlibur di negeri Paman Sam, jangan lupa mampir sini!

3. Paris, Prancis

Ilustrasi perayaan Halloween di Paris via Shutterstock

Meskipun dikenal sebagai kota paling romantis di dunia, Paris menyimpan sejarahnya yang kelam pada abad ke-14 akibat wabah pes. Suasana pada saat itu digambarkan sangat kacau. Para penghuni kota yang berteriak minta tolong, mayat-mayat menghitam bergelimpangan di jalan dan sungai, dan tenaga medis yang kewalahan saking banyaknya korban berjatuhan.

Maka dari itu dibangunlah beberapa katakombe yang digunakan untuk menyimpan tulang belulang para korban. Tempat-tempat ini, meskipun menyeramkan, menjadi salah satu tempat wisata wajib jika mengunjungi kota Paris.

4. Spanyol

Halloween in Galicia
Perayaan Halloween di Galacia, Spanyol via Shutterstock

Negara ini terkenal dengan penduduknya yang suka mengadakan aneka pesta dan tradisi yang meriah, termasuk saat menyambut Halloween. Berbagai macam ritual unik diselenggarakan, mulai dari warga Madrid yang berdandan ala zombie kemudian menari di sepanjang jalanan kota, atraksi budaya dan klenik di Galacia, hingga ritual memanggil arwah di pesisir Spanyol.

Di balik itu semua, Spanyol menyimpan sejarah kelam yang terjadi sekitar abad ke-16. Pada saat itu, terjadi peristiwa pembantaian orang-orang yang dianggap sesat dan diduga melakukan praktik sihir. Meskipun kelak diketahui bahwa peristiwa itu terjadi karena masalah pribadi, kenangan tragis itu tidak akan hilang di Spanyol.

Demikian 4 destinasi wisata Halloween yang menyimpan rahasia mengerikan di masa lampau. Tertarik ke sini? Next

ramadan
Kopi Bubuk Aming

Aming Coffee Pontianak, Cita Rasa Kopi Sesungguhnya Sejak 1970

Toko Bothok Angkring, Cicip Aneka Bothok yang Rasanya Mantap Betul