in , ,

Toko Bothok Angkring, Cicip Aneka Bothok yang Rasanya Mantap Betul

Ada Bothok Nugget loh

Mungkin Teman Traveler yang berada di Jawa sudah tak asing dengan makanan bernama Bothok. Nah, kuliner dengan rasa mantap satu ini ternyata mempunyai toko di Jogja. Bernama Toko Bothok Angkring yang sajikan kuliner satu ini dengan tampilan berbeda. Mau tahu seperti apa? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Elok dan Instagenicnya Taman Jinja di Karangasem, Ada Pintu Gerbang Khas Jepang Lho

Apa Sih Bothok Itu?

toko bothok angkring
Bothok (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Mungkin banyak yang belum tahu tentang apa itu Bothok. Jadi, Bothok merupakan makanan yang terbuat dari ampas kelapa atau kelapa parut yang sudah diambil santannya. Bumbu yang digunakan meliputi garam, cabai, merica dan daun salam. Kemudian, kuliner satu ini dipadukan dengan bahan lain seperti petai cina, teri, tahu, atau pete.

Bernuansa Tradisional

toko bothok angkring
Toko tampak depan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Ketika Teman Traveler mendatangi toko satu ini, dari depan sudah terlihat kentalnya nuansa tradisional di sana. Bangunan dominan kayu, meja-kursi yang terbuat dari bambu menambah suasana rumah Jawa semakin terasa. Dengan tempat yang seperti ini bisa dipastikan membuat para pelanggan betah berlama-lama di sana

20190706_124729_01_3200x1800_W6A.jpeg
Suasana di dalam toko (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler tertarik, bisa sambangi warung ini di Jl. Karawitan No.III, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Dari Nol Kilometer Jogja, lokasi ini bisa ditempuh sekitar 10 menit. Meski tidak dekat dengan jalan raya, namun warung Ini mudah dicari kok. Buka pukul 11.00 hingga 23.00 di setiap hari Selasa hingga Minggu.

Ada Banyak Varian Bothok yang Ditawarkan

toko bothok angkring
Aneka Bothok (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Di warung ini tersedia sekitar 28 macam Bothok. Adalah Bothok kecipir, kelor, kecombrang, jantung pisang, kembang turi, bunga pepaya dan masih banyak lagi. Meski bahan yang dipadukan dalam Bothok tidak biasa, tapi rasanya luar biasa. Bumbu yang digunakan terasa di lidah dengan sentuhan rasa gurih, pedas, sedikit asin dan sedikit manis.

20190706_121911_01_3200x1800_W24.jpeg
Tampilan Bothok (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain di atas, ternyata masih ada varian lainnya yakni bothok seafood dan olahan daging. Bothok seafood meliputi udang, cumi, kerang dan tuna. Sementara Bothok olahan daging tersedia sosis, bakso, nugget dan kornet. Untuk bisa merasakan kelezatan semua Bothok di sini, Teman Traveler cukup merogoh kocek mulai Rp5.000 hingga Rp12.000 per bungkusnya.    

Ada Sayur Pelengkap

Toko Bothok Angkring
Sayur pelengkap (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain aneka Bothok, ada menu sayur dan lauk yang bisa Teman Traveler santap. Menu ini merupakan masakan rumahan yang biasa dijumpai sehari-hari. Adapun sayur dan lauknya meliputi sayur asem, mangut, tumis, telur balado, telur dadar, gereh pethek dan tahu-tempe.

Untuk harganya cukup terjangkau. Satu porsi nasi dan sayur, kalian cukup menyiapkan uang sebesar Rp8.000 saja. Sementara untuk lauknya hanya merogoh kocek sebesar Rp4.000 hingga Rp10.000.

Es Pakel, Minuman Khas Toko

20190706_121108_01_Eau.jpeg
Es Pakel (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Di warung ini ada signature beverage yang wajib hukumnya untuk dicoba, bernama Es Pakel. Jadi, Pakel merupakan jenis buah yang mirip dengan mangga, namun memiliki serat yang lebih kasar. Satu gelas Es Pakel dibanderol dengan harga yang murah meriah yakni Rp5.000. Selain Es Pakel, tersedia menu minuman lainnya. Ada aneka kopi, teh dan berbagai macam wedang tradisional.     

Cocok Digunakan Sebagai Tempat Nongkrong

20190706_124020_01_3200x1800_Sqv.jpeg
Cocok sebagai tempat nongkrong (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tak hanya menjadi tempat yang asyik untuk makan bersama keluarga, warung ini juga cocok untuk nongkrong atau mengerjakan tugas. Suasananya yang nyaman inilah yang menjadi alasan utamanya. Apalagi tempat ini jauh dari keramaian, generasi milenial akan lebih konsentrasi dalam menyelesaikan tugasnya.

Jika bertandang ke Jogja, jangan lupa mampir ke Toko Bothok Angkring. Dijamin rasa Bothok yang ada di sini tidak akan mengecewakan. Ajak juga keluarga atau teman untuk bersantap di sini. Selamat mencoba!   Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Jadi Saksi Pembantaian Penyihir, 4 Destinasi Wisata Halloween Ini Punya Rahasia Mengerikan!

Ilustrasi mendaki gunung

Tips Anti Tersesat Saat Mendaki, Yuk Pelajari di Sini