in , ,

Aming Coffee Pontianak, Cita Rasa Kopi Sesungguhnya Sejak 1970

Menikmati Kopi Tradisional Nikmat di Aming Coffee 1970

Kopi Bubuk Aming
Kopi Bubuk Aming (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Hai Teman Traveler, konon jalan-jalan ke Pontianak takkan lengkap jika belum mampir ke warung kopi lokal. Kota Khatulistiwa memang punya banyak kedai yang sajikan racikan kopi tradisional dan melegenda. Salah satunya adalah Aming Coffee, yang sudah eksis sejak 1970.

Baca juga : Jangan Ditiru! Warga Medan ini Nekat Mudik Numpang Roda Pesawat dari Malaysia

Tradisi Sejak 1970

aming_coffee_FTL.jpg
Aming Coffee Pontianak (c) Intan Deviana/Travelingyuk
dscf9049_gFv.JPG
Kesibukan melayani pembeli (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menilik sejarahnya, Aming Coffee berawal dari bisnis kopi bubuk yang dirintis sejak setengah abad lalu oleh Limin Wong, ayahanda pengelola kedai saat ini. Tak heran jika ketenarannya telah dikenal luas masyarakat lokal.

dscf9063_m1B.JPG
Kopi legendaris Pontianak (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Memasuki 2002, Limin Wong lantas membuka usaha warung kopi bernama Aming Coffee. Tempatnya bisa Teman Traveler temukan di Jalan Haji Abbas 1 no. 111 Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan.

Banjir Pengunjung

dscf9061_dRw.JPG
Kedainya selalu penuh pengunjung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menggunakan kopi bubuk Aming yang telah eksis sejak 1970, Aming Coffee sukses bertahan hingga kini. Bahkan pelanggan setianya terus bertambah. Saya sampai takjub lantaran malam ketika saya berkunjung, coffee shop ini luar biasa ramai. Hampir saja saya tak kebagian tempat duduk saking padatnya. 

Dengan pelanggan yang begitu banyak, kabarnya sebagian meja dan tempat duduk strategis di Aming Coffee sering dipesan oleh instansi tertentu. Luar biasa ya Teman Traveler.

Keunikan Seduhan Kopi Aming

dscf9051_LnH.JPG
Pegawainya sibuk meracik kopi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Satu hal yang membuat Aming Coffee junik adalah kehadiran biji kopi dalam tiap seduhannya. Teman Traveler jangan kaget jika menjumpai dua atau empat butir biji kopi bulat mengapung di gelas kopi. Jika doyan, kalian bisa mengunyah biji ini untuk merasakan sensasi kopi yang sesungguhnya.

Kopi Hitam Panas

dscf9070_T69.JPG
Terlihat kan ada dua biji kopi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Penasaran tagline ‘Cita Rasa Kopi Sesungguhnya’, saya memutuskan pesan secangkir kopi hitam panas dengan banderol Rp8.000. Jenis kopi yang digunakan adalah robusta, dengan ciri khas rasa pahit.

Begitu pesanan datang, aromanya langsung menyeruak. Benar-benar wangi. Saya mulanya membayangkan kopi ini bakal benar-benar pahit ketika diseruput. Namun, ternyata tidak Teman Traveler. Menurut saya pahitnya begitu pas. Cita rasanya benar-benar khas Pontianak.

Selain kopi hitam, kedai ini juga menyajikan menu kopi susu, kopi Vietnam, luwak, kopi tarik, dan cappucino. Teman Traveler yang termasuk penikmat kopi pasti pengin mencicipi semua kan?

Teman Minum Kopi

aming_coffee_JAg.jpg
Roti srikaya sebagai pelengkap (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Supaya pengalaman ngopi Teman Traveler makin sempurna, jangan lupa pesan roti srikaya, camilan khas di Aming Coffee. Camilan berupa soft roll bun ini dibelah dua sebelum dilapisi selai srikaya khas Pontianak. Setelah itu keduanya ditangkupkan dan dibelah kembali hingga membentuk delapan bagian. Cocok banget dijadikan menu sarapan ringan.

Dikunjungi Presiden Jokowi

dscf9045_DwS.JPG
Jokowi saja sudah mampir (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kepopuleran Aming Coffee rupanya sudah sampai ke telinga Jokowi. Di sela-sela kunjungan dinasnya ke Pontianak pada 2017 lalu, Sang Presiden bersama jajaran pejabatnya tak melewatkan kesempatan singgah ke kedai kopi legendaris ini.

aming coffee
Kopi susu jadi favorit (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kala itu Jokowi dikabarkan memesan secangkir kopi susu panas seharga Rp9.000. Sekali menyeruput, pria kelahiran Solo tersebut langsung terpesona dengan rasanya.

“Ini kopinya enak, apalagi harganya jauh di bawah harga kopi dari warung kopi yang ada di sini.” tutur Sang Presiden kala itu.

Sejak kunjungan bersejarah tersebut, tak bisa dipungkiri reputasi Aming Coffee jadi makin meroket. Benar-benar keren ya Teman Traveler?

Jual Kopi Bubuk

aming coffee
Kopi bubuk kemasan 200 gram (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, jika Teman Traveler masih ingin menikmati sajian kopi khas Pontianak di rumah atau ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga, langsung saja beli kemasan bubuknya di Aming Coffee.

Mereka menyediakan bubuk kopi ini dalam kemasan 100 gram hingga satu kilogram. Harganya pun cukup terjangkau, apalagi jika mengingat reputasinya yang sudah cukup melegenda. Teman Traveler bisa bawa pulang kemasan 100 gram kopi bubuk Aming dengan bermodal Rp7.000 saja.

Sudah Punya Banyak Cabang

aming coffee
Cabangnya sudah banyak (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kabar baiknya, Teman Traveler tak perlu jauh-jauh terbang ke Pontianak untuk rasakan nikmatnya kopi Aming. Mereka sudah membuka beberapa cabang di beberapa di Indonesia, mulai dari Singkawang, Bogor, Serpong, Jogjakarta, hingga Solo. Wah, langsung meluncur yuk!

Kedai asli mereka di Pontianak bisa Teman Traveler kunjungi setiap hari kecuali Minggu, mulai pukul 06.00 hingga 23.00. Jika kalian sedang menjelajah wisata Pontianak, tempat ini layak banget untuk disinggahi. Bagaimana, tertarik merasakan pengalaman ngopi dengan cita rasa sesungguhnya? Next

ramadan

Wisata Ke Alam Bebas, Ini Tips Terlindung dari Hewan Liar

Jadi Saksi Pembantaian Penyihir, 4 Destinasi Wisata Halloween Ini Punya Rahasia Mengerikan!