in

8 Destinasi Wisata di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Asing Sepanjang Tahun 2015

Tiga Gili di Lombok, via instagram

Lembaran tahun 2015 telah resmi ditutup dua hari lalu namun banyak memori yang masih terbayang-bayang di awal tahun yang baru ini. Untuk itu Travelingyuk ajak sobat sekalian untuk melakukan sedikit flashback warna-warni pariwisata tahun lalu. Kali ini kita akan membahas destinasi mana saja di bumi nusantara ini yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing.

Baca juga : Ramai Pamer Foto Jadul, Berikut Penampakan Perbedaan #10yearschallenge Tempat Terkenal Dunia

Tahun 2015 menjadi penanda bahwa traveling bukan lagi sekedar kebutuhan seseorang untuk refreshing namun sudah menjelma menjadi gaya hidup. Tak pelak jika di tahun tersebut banyak sekali tempat-tempat baru yang dibuka untuk tujuan wisata meski pada akhirnya banyak pula yang rusak akibat infrastruktur yang belum siap hingga kesadaran masyarakat yang masih rendah. Terlepas dari segala permasalahan yang ada, jumlah kunjungan wisata di berbagai daerah juga mengalami peningkatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada 8 destinasi di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Daftar berikut disusun Travelingyuk secara acak tidak berdasarkan rangking jumlah wisatawan asing yang berkunjung di masing-masing daerah.

1. Pulau Bali

Bali bukan hanya menjadi destinasi wisata favorit warga Indonesia saja namun juga telah mencuri perhatian warga dunia. Seperti biasanya dan sudah bisa dipastikan jika pulau Dewata lagi-lagi menjadi penyumbang wisatawan asing paling besar di negeri ini. Lantas mengapa pulau ini masih saja menjadi primadona? Tidak perlu berfikir lama untuk menjelaskan alasan mengapa pulau seribu pura ini selalu dicintai para traveler.

Bali memiliki masyarakat yang ramah dengan segudang tradisi yang masih dijaga hingga kini, memberinya kekhasan tersendiri yang membuat banyak orang penasaran untuk membaur dan belajar dari masyarakatnya. Tidak kalah penting bahwa hanya di pulau inilah traveler bisa menemukan penginapan super murah dengan harga kelas hotel melati namun kualitasnya sepadan dengan hotel berbintang.

Pura Besakih, Bali, via instagram
Pura Besakih, Bali, via instagram

Faktor yang paling dominan adalah kekayaan alam dan destinasi wisatanya yang super indah hingga dunia pun mengamini jika Bali adalah salah satu pulau paling indah di dunia. Tempat-tempat di Bali yang menjadi primadona untuk dikunjungi antara lain Pantai Kuta, Kawasan Seminyak, Nusa Dua, Tanah Lot, Pura Uluwatu, Pantai Pandawa, Pantai Canggu dan Pura Besakih.

2. Nusa Tenggara Barat

Menjadi pesaing kuat Bali, Nusa Tenggara Barat dari tahun ke tahun terus berbenah agar kunjungan wisatawan ke daerahnya semakin banyak. Pilihan tempat berlibur pun tidak kalah dengan pulau Dewata jika dilihat dari sisi keindahannya. Tempat wisata andalan yang juga menjadi incaran turis asing di provinsi ini adalah Tiga Gili yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Tiga gili ini sangat terkenal karena ukurannya yang tidak terlalu besar, laut yang jernih dengan terumbu karang yang indah serta bebas polusi sebab tidak ada kendaraan bermotor di pulau tersebut.

Tiga Gili di Lombok, via instagram
Tiga Gili di Lombok, via instagram

Destinasi lain yang tak kalah keren dan juga banyak dikunjungi traveler adalah Pulau Moyo. Keindahan pulau ini tidak diragukan lagi bahkan beberapa artis dunia sudah pernah berlibur kesana. Tak jarang pula Pulau Moyo menjadi destinasi singgahan dari kapal pesiar. Satu tempat yang selalu masuk dalam list kunjungan traveler di NTB adalah Gunung Rinjani, sebuah gunung berapi yang memiliki sunrise super cantik dan digadang-gadang memiliki view paling indah di Indonesia.

3. Papua

Untuk urusan kunjungan wisman, kita akan melihat daratan Papua secara keseluruhan tidak terbagi antara provinsi Papua dan Papua Barat. Kawasan paling timur dari Indonesia ini memang tengah naik daun. Alamnya yang indah mulai dikenal publik hingga akhirnya meski biaya transportasi kesana malah tidak sedikit wisatawan yang tetap nekad datang ke Papua.

Trekking Alam Raja Ampat yang Menantang, via instagram
Trekking Alam Raja Ampat yang Menantang, via instagram

Raja Ampat di Papua Barat menjadi primadona dengan alam bawah lautnya yang mempesona hingga ditasbihkan sebagai surga para diver dunia. Selain Raja Ampat, ada pula kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang juga eksotis. Danau Sentani memikat wisatawan dengan keelokannya yang menyerupai daratan Selandia Baru, Pegunungan Jayawijaya yang menunggu untuk didaki, hingga belajar kebudayaan suku setempat di Lembah Baliem.

4. Daerah Istimewa Aceh

Aceh menjadi salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi wisman sepanjang tahun 2015. Kawasan yang pernah diterjang tsunami dahsyat di tahun 2004 ini mengalami recovery yang lumayan cepat sehingga roda perekonomian dan pariwisata bisa segara berbenah kembali. Dengan adanya musibah tersebut kini Aceh memiliki destinasi wisata baru yang banyak menyedot pengunjung yaitu Museum Tsunami.

Museum Tsunami di Aceh, via instagram
Museum Tsunami di Aceh, via instagram

Provinsi yang mendapatkan julukan Serambi Mekkah ini juga memiliki wisata alam yang indah berupa pantai dan air terjun. Air Terjun Blang Kolam masih menjadi favorit wisatawan yang berkunjung kesana. Adapun untuk urusan wisata bahari, Aceh merupakan salah satu spot island hopping yang keren. Umumnya kegiatan ini berpusat di daerah Sabang dengan gugusan pulau kecilnya yang banyak. Pulau paling diminati traveler adalah Pulau Banyak, Tailana, Balong, Matahari dan Ragu-Ragu.

5. Kalimantan Timur

Ada empat pulau yang menyumbang kunjungan wisatawan asing terbanyak di Kalimantan Timur yaitu Pulau Sangalaki, Pulau Maratua, Pulau Kakaban dan Pulau Derawan. Keempat pulau itu mengantarkan provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu tempat di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisman.

Kepulauan Derawan, via instagram
Pulau Derawan, via instagram

Dua nama yang sudah tidak asing di telinga traveler yaitu Pulau Kakaban yang terkenal dengan danau air asinnya dimana di dalam danau tersebut hidup ubur-ubur langka yang tidak menyengat. Sedangkan Pulau Derawan terkenal lantaran memiliki perairan yang jernih hingga kapal yang melintas di permukaannya seperti melayang di udara.

6. DKI Jakarta

Sebagai Ibukota negara Indonesia wajar jika Jakarta banyak dikunjungi wisatawan asing. Kota ini dikenal sebagai gerbang masuk ke Indonesia sebelum kemudian menjelajahi daerah-daerah lain di nusantara. Namun tidak semua bule yang ke Jakarta hanya singgah saja lho, banyak juga dari mereka yang berlibur disana meski kota tersebut dikenal panas dan rawan macet.

Kepulauan Seribu, Jakarta, via instagram
Kepulauan Seribu, Jakarta, via instagram

Kawasan Kota Tua Jakarta selalu memberikan kesan tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung. Orang-orang Belanda bisa bernostalgia di tempat yang penuh dengan bangunan peninggalan kompeni. Di tengah sesaknya kota Jakarta, ada satu tempat yang asyik untuk dikunjungi yaitu Kepulauan Seribu yang terletak di utara kota. Hingar bingar kehidupan ibukota tidak nampak disana sebagai gantinya gugusan pulau tropis seperti di Maladewa akan memanjakan traveler.

7. Jawa Timur

Dari sekian provinsi yang ada di Pulau Jawa, mungkin Jawa Timur lah yang paling berkembang pesat pariwisatanya. Hampir setiap kabupaten di provinsi ini pada tahun 2015 menjadi bahan pembicaraan di media sosial. Bukan hanya Malang, Banyuwangi dan Surabaya saja bahkan kota kecil seperti Pacitan, Tulungagung dan lainnya sempat booming dengan destinasi andalannya masing-masing.

Pulau Sempu, via instagram
Pulau Sempu, via instagram

Beberapa destinasi wisata pilihan di Jawa Timur yang paling banyak disinggahi traveler mancanegara antara lain Pulau Merah dan Kawah Ijen di Banyuwangi, Pulau Sempu, Gunung Bromo di Malang dan masih banyak lagi. Banyaknya turis yang berlibur di Jawa Timur mungkin disebabkan oleh komplitnya jenis wisata yang ditawarkan.

8. Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur juga menjadi salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Awal tahun 2015 saja kawasan Taman Nasional Pulau Komodo telah ditetapkan oleh Lonely Planet sebagai salah satu destinasi wajib kunjung. Provinsi ini memang diberkahi kekayaan alam yang luar biasa dan belum banyak dijamah traveler.

Labuan Bajo, via instagram
Labuan Bajo, via instagram

Inilah tempat-tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing di Nusa Tenggara Timur: Labuan Bajo, Pink Beach, Taman Laut Selat Pantar, Danau Kelimutu, Gua Liang Bua, Taman Nasional Komodo, dan Kampung Megalitik.

Dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia dalam periode Januari hingga Oktober 2015 mencapai 8 juta lebih. Masih jauh dari target pemerintah yang menetapkan jumlah kunjungan 10 juta wisatawan. Belum ada kabar terbaru berapa jumlah akhir kunjungan wisatawan hingga akhir Desember 2015. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Kilas Balik Pariwisata Indonesia Sepanjang Tahun 2015

Revolusi Mental Traveler Untuk Traveling Lebih Baik di Tahun 2016