in

Embung Batara Sriten, Wisata Kece di Puncak Gunungkidul

Embung Batara Sriten Jogja
Embung Batara Sriten Jogja

Objek wisata Jogja memang tidak pernah membuat para traveler bosan. Selain di pusat kota, beberapa daerah lainnya juga menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Gunungkidul yang punya perbukitan hijau dengan puncak unik. Ialah Embung Batara Sriten, lokasi dengan pemandangan super cantik dan menawan. Nah, penasaran dengan penampakan serta fasilitas di tempat kece ini kan?

Baca juga : Wedang Ronde Hangat dan Nikmat di Jogja

1. Embung Tertinggi di Gunungkidul

Embung Batara Sriten
Embung Batara Sriten [image source]
Mendengar namanya, mungkin beberapa orang berpikiran jika Batara Sriten merupakan nama dewa – dewi dalam kisah pewayangan Jawa. Nyatanya merupakan sebutan untuk telaga buatan yang di puncak tertinggi Gunungkidul. Tepatnya di perbukitan Baturagung Utara, Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul.

Embung Batara Sriten, Gunungkidul
Embung Batara Sriten, Gunungkidul [image source]

2. Tempat Terbaik Untuk Liburan di Akhir Pekan

Embung Batara Sriten Asri
Embung Batara Sriten Asri [image source]
Akhir pekan selalu menjadi waktu paling tepat untuk liburan, apalagi bersama dengan sahabat atau keluarga. Sayangnya, destinasi wisata Jogja kini makin populer. Nah, bagi kamu yang tidak suka dengan keramaian, Embung Batara Sriten sangat cocok dijadikan tujuan liburan. Selain asri dan sejuk, wana wisata ini masih sepi, loh.

Spot Hunting Foto
Spot Hunting Foto [image source]

3. Spot Menarik Untuk Hunting Foto di Jogja

Spot Foto OOTD di Embung Batara Sriten
Spot Foto OOTD di Embung Batara Sriten [image source]
Embung Batara Sriten sebenarnya masih terbilang anyar. Tempat wisata ini baru diresmikan oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X pada bulan September 2014 lalu. Tidak hanya menyajikan pemandangan air yang bening, di sana juga ada spot menarik untuk hunting foto. Setiap harinya, banyak anak muda yang datang untuk berburu gambar embung terbaik.

Hunting Foto Embung Batara Sriten
Hunting Foto Embung Batara Sriten [image source]

4. Sensasi Matahari Terbenam di Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten Senja
Embung Batara Sriten Senja [image source]
Tidak jauh dari bangunan yang juga berfungsi sebagai penampungan air hujan ini, ada sebuah bukit cantik bernama Puncak Mangir. Cukup berjalan kaki saja, kamu bisa melihat pesona Embung Batara Sriten dari atas. Bukan hanya itu, pemandangan Gunungkidul mulai dari Waduk Gajah Mungkur hingga Rawa Jombor dapat dilihat dari tempat ini. Puncak Mangir makin ramai ketika mendekati senja. Pengunjung penasaran ingin melihat manisnya matahari terbenam di Embung Batara Sriten.

Puncak Mangir Keren
Puncak Mangir Keren [image source]

5. Lokasi Tepat Untuk Jajal Paralayang

Puncak Mangir
Puncak Mangir [image source]
Tempat yang juga terkenal akan petilasan Syech Wali Jati ini juga difungsikan sebagai lokasi olahraga dirgantara atau aerosport. Berbagai olahraga menantang mulai dari paramotor, gantole hingga paralayang dapat dilakukan di sana. Bahkan beberapa klub olahraga paralayang Jogja sering menjajal take off dari Puncak Mangir, Embung Batara Sriten.

Paralayang di Gunungkidul
Paralayang di Gunungkidul [image source]
Nama : Embung Batara Sriten
Alamat : Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul, Jogja
Jam Buka : 05.00 -18.00
Tiket Masuk : Rp. 5000 (belum termasuk parkir)

Embung Batara Sriten memang tidak sepopuler tempat wisata lainnya. Tapi, destinasi satu ini tidak kalah cantik. Kamu pun bakalan terpesona dengan pemandangan indahnya. Next

ramadan
Kereta Bandara

Tak Takut Kena Macet Lagi, Kereta ke Bandara Soekarno Hatta Segera Jadi

Villa dan Resort di Kepulauan Seribu yang Tak Kalah dengan Maldives