in , ,

Es Nini Thowong Kuliner Legendaris Solo, Rasanya Nampol Banget!

Jalan jalan ke Kota Solo, serasa tidak lengkap kalau tidak mencoba kuliner legendaris seperti Nasi Liwet, Krengsengan, Surabi, dan lain sebagainya. Banyak banget kuliner khas Solo yang menggugah selera. Nah, tidak melulu soal makanan, namun ada penjual minuman yang tak kalah ramainya. Uniknya penjual minuman ini sudah berpuluh tahun masih berdiri menemani pembeli yang selalu berjubel. Namanya Es Nini Thowong.

Baca juga : Nine House Kitchen Alfresco di Malang, Resto Ala Kastel Romawi

Es ini berlokasi di Jalan Arifin No 32, Jebres, Solo. Es ini sangat menyegarkan dan diisi dengan buah-buahan. Buah-buahan itu di antaranya adalah pisang raja, leci, nangka, dan nanas. Selain itu, ada pula kacang hijau, agar-agar, cendol, dan kolang-kaling. Tak lengkap tanpa es serut, santan dan susu kental manis. Wah rasanya maknyuss banget. Seger dan rasanya masih bertahan sejak tahun 1980 silam.

Berbagai menu makanan juga tersedia di warung Es Nini Thowong. Foto via Gofood.com

Pemilik Depot Es dan Masakan Indonesia Nini Thowong, Eddy Widodo, mengaku minuman tersebut diciptakan sejak 1980. Pada saat itu, kawasan Jalan Arifin, merupakan pusat jajanan es di Kota Solo. Seiring waktu, para penjualnya tidak bisa bertahan dan akhirnya gulung tikar. Namun Es Nini Thowong tetap bertahan hingga saat ini.

Selad Solo dan Es Nini Thowong yang menggiurkan. Foto via tripadvisor.com

Menu di warung es Nini Thowong ini dapat kamu pilih sesuai selera seperti es bumi hangus, es sarang burung, es gempol pleret, es teler durian, es cinderella dan durian kopyor. Kalau masih penasaran, Teman Traveler dapat mencoba satu persate, hehehe. Tentu saja nggak cuma es yang jadi andalan rumah makan ini. Menu makan khas Solo juga ada di sini. termasuk gudeg, soto, racikan selat, dan bakmi ketoprak. Sotonya enak banget, kuahnya gurih dan bumbunya sangat nikmat. Selat Solo agak terlalu manis, malah kerasa seperti makan di Jogja.

Salah satu Es Nini Thowong dengan campuran Alpukat yang lezat. Foto via foursquare.com

Kombinasi menu makanan tradisional seperti ini dengan es yang juga legendaris seperti Nini Thowong bakalan jadi perpaduan yang sempurna di lidah. Banyak orang kangen ke sini karena citarasanya sama dan tidak berubah selama bertahun-tahun. Harga menu makanan dan minuman di Nini Thowong cukup terjangkau, mulai dari Rp. 14.000 hingga menu es rerata dipatok harga Rp. 19.000. Harga sekian tentu sepadan dengan rasa dan porsinya yang banyak banget. Next

ramadan

Kenali Perkampungan Cantik di Atas Teluk Tomini

Menikmati Sajian Soto Gerabah yang Unik dengan Es Selendang Mayang Sebagai Sajian Penutupnya