in , , ,

4 Fakta AquaDom, Akuarium Terbesar di Dunia yang Kini Telah Hancur

AquaDom menjadi aquarium terbesar di dunia yang menampung ribuan ikan di dalamnya. Namun, akhir tahun 2022 kacanya pecah dan meledak.

Fakta AquaDom meledak

Buat warga Jakarta dan sekitarnya, pasti senang bila ke Sea World Ancol yang menjadi aquarium terbesar di Asia Tenggara. Keindahan bawah lautnya memang memukau. Bagaimana kalau ke AquaDom, aquarium terbesar di dunia?

Baca juga : Indahnya Islandia bak Kerajaan “Arendell” Dunia Nyata

Aquarium yang ada di Berlin, Jerman, ini menjadi tempat bagi ribuan ikan. Bukan hanya keindahan ikan yang sedang berenang saja, AquaDom juga punya beberapa fakta unik lainnya. Yuk, disimak!

Aquarium terbesar di dunia

Bila Sea Word mampu menampung air sebanyak 5 juta liter air laut, maka AquaDom yang berada di lobi hotel Raddison Blu, Berlin, Jerman ini mampu menampung air laut lebih dari 940.000 liter air. Air sebanyak itu setara dengan 250.000 galon air! AquaDom berdiameter 11,08 meter dengan tinggi 18,85 meter. Ada 56 spesies ikan dengan total 2.600 ikan di dalamnya.

Fakta AquaDom
Foto via Biasalah News

Fakta menarik lainya adalah biaya pembangunan yang mencapai 12,8 juta euro, atau sekitar Rp211 miliar pada saat itu. AquaDom sendiri diresmikan pada tahun 2003 dan mendapat predikat sebagai aquarium terbesar di dunia oleh Guinness World Record. Tak heran, aquarium ini memiliki ukuran yang spektakuler dengan bentuk silinder yang bertumpu pada fondasi setinggi 9 meter.

Lift di tengah aquarium

Aquarium terbesar di dunia
Foto via Irish Mirror

Lift di tengah aquarium menjadikan AquaDom unik, ini menjadi salah satu fasilitas pengunjung yang menginap di Hotel Raddison Blu. Dengan adanya lift yang memiliki kaca transparan, pengunjung dapat dengan mudah melihat keindahan biota laut di dalam aquarium. Dikutip dari Reynolds Polymer Technology Inc, bahan dasar bangunan Aquadom menggunakan 41 panel Highly Engineered Acrylic dengan rekayasa tinggi untuk pembangunannya.

AquaDom meledak hingga hancur

AquaDom hancur
Foto via rnz.co.nz

Namun sayangnya walaupun menggunakan teknologi canggih, AquaDom dikabarkan tiba-tiba meledak pada 16 Desember 2022 lalu. Diduga aquarium silinder terbesar di dunia ini meledak karena tekanan suhu minus 6 derajat celcius pada malam sebelumnya. Hingga menyebabkan adanya retakan pada bagian aquarium. Akibatnya, Hotel Raddison Blu harus ditutup sementara dan seluruh tamu segera dievakuasi ke tempat yang aman.

Pasca meledaknya AquaDom

Dari kejadian meledaknya AquaDom, air jutaan liter membanjiri hotel dan jalan di sekitarnya. Setidaknya 1.500 ikan dalam aquarium tersebut ikut terseret air dan mati. Akibat dari kejadian tersebut, dua orang mengalami luka-luka karena pecahan kaca serta keadaan lobi dan atrium hotel porak poranda. Menurut Senator Interior berlin, Iris Spranger mengatakan bahwa tanda pertama penyebab meledaknya AquaDom karena kelelahan material.

AquaDom
Foto via Suara.com

Menurut laporan BBC, terdapat beberapa ikan yang berhasil diselamatkan dari kejadian tersebut. Tak hanya itu saja, di ruang bawah tanah hotel terdapat ratusan ikan yang digunakan untuk penangkaran harus dievakuasi akibat pemadaman listrik. Ikan-ikan tersebut akan dipindahkan ke tempat lainnya. Fakta mengejutkan lainya dari insiden ini adalah saat AquaDom pecah ternyata getarannya tercatat di seismograf milik Badan Informasi Gempa Bumi Jerman. Bisa terbayang bukan bagaimana dahsyatnya kejadian ini.

Sungguh disayangkan salah satu aquarium terbesar di dunia harus meledak. Namun semoga kedepannya akan ada aquarium terbesar di dunia lagi yang dapat digunakan untuk edukasi dan sebagai sarana rekreasi. Tentunya dengan mempertimbangkan material yang mampu bertahan di segala cuaca dan keadaan. Next

ramadan
Bukit Mende dengan sajian panorama pegunungan berbalut kabut yang super eksotis

Bukit Mende Kintamani, Suguhan Alam Spektakuler Bak Negeri Atas Awan

Mencegah hipotermia

Lagi-Lagi Pendaki Meninggal Karena Hipotermia, Ketahui Cara Mencegahnya