in , , , , ,

Alun-alun Kota Depok Resmi Dibuka, Cocok Buat Penggemar Olahraga Ekstrem!

Alun-alun Kota Depok Menyediakan Fasilitas yang Lengkap dan Unik

Alun-alun Kota Depok
Alun-alun Kota Depok

Alun-alun Kota Depok, Jawa Barat resmi dibuka pada Minggu pagi (12/1/20) oleh Pemerintah Kota Depok. Warga Depok antusias sekali dalam peresmian tersebut. Dengan lahan seluas 3,9 hektare, alun-alun Depok memiliki fasilitas yang lengkap dan tergolong unik.

Baca juga : Abu Gunung Agung ke Arah Barat, Kemungkinan Berdampak ke Tempat Wisata

Peresmian Alun-alun Depok via Instagram @satrianurfirdaus26

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan alun-alun merupakan ruang terbuka hijau terpadu tingkat Kota Depok. Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan, Dadang Wihana mengatakan alun-alun memiliki kantong parkir yang mampu menampung sekitar 30 kendaraan roda empat dan 200 kendaraan roda dua. Diberitakan sebelumnya, alun-alun Kota Depok memakan anggaran dana APBD sebesar Rp 360 miliar.

Berbagai fasilitas yang ada di alun-alun Depok diantaranya ialah greenhouse, lapangan futsal, lapangan basket, jalur sepeda BMX, outdoor gym, arena skateboard. Lalu ada Menara Pandang, Bike Shelter, Co-Working Space, Bus Shelter, Jembatan Utama, Kolam Retensi dan Dermaga, Greenhouse and Signage, Taman Lansia, Taman Anak-Anak, Gedung Pendopo, Gallery, Dinding Mural, Taman Sculpture dan Amphitheater.

Menara Pandang

Menara Pandang Alun-alun Depok via Instagram @pemkotdepok

Menara Pandang merupakan ciri khas utama dari Alun-alun Kota Depok. Berbentuk seperti sayap kupu-kupu, obyek yang satu ini cocok sekali digunakan untuk berfoto ria bersama keluarga maupun kerabat dekat karena spotnya yang instagramable.


Menara Pandang Alun-alun Depok via Megapolitan

Lapangan Basket dan Lapangan Futsal

Lapangan Basket dan Lapangan Futsal Alun-alun Depok via Instagram @kang_zamu

Alun-alun Kota Depok menyediakan berbagai fasilitas seperti lapangan futsal dan lapangan basket secara gratis. Cocok sekali digunakan baik bagi komunitas olahraga futsal dan basket maupun Teman Traveler yang ingin berolahraga di sini.

Area Skateboard

Skate Park Alun-alun Depok via Instagram @bangbem

Tak hanya lapangan basket dan futsal, obyek wisata baru di Kota Depok ini juga menyediakan skatepark atau area skateboard bagi penggemar skate khusunya anak-anak muda.

Tribun

Tribun Alun-alun Depok via @alun_alundepok

Bagi Teman Traveler yang ingin beristirahat sembari menonton permainan futsal dan basket, alun-alun Kota Depok juga telah menyiapkan tribun.

Panjat Tebing

Area Panjat Tebing Alun-alun Depok via Instagram @alun_alundepok

Bagi penggemar olahraga ekstrem, medan yang ini wajib dicoba untuk menguji adrenalin. Area panjat tebing merupakan salah satu keunikan alun-alun Kota Depok dibandingkan alun-alun kota lainnya.


Area Panjat Tebing Alun-alun Depok via Instagram @alun_alundepok

Jalur Sepeda BMX

Jalur Sepeda BMX via Merdeka

Teman Traveler yang ingin bersepeda, di sini juga disediakan fasilitas berupa jalur sepeda BMX. Area ini cocok untuk mengasah freestyle BMX ketika berada di Depok. Tak hanya bagi dewasa, anak-anak pun diperbolehkan menggunakan jalur sepeda BMX ini asalkan memakai alat pelindung diri terutama helm dan pelindung siku serta lutut.

Outdoor Gym

Outdoor Gym Alun-alun Depok via DetikNews

Kalau Teman Traveler ingin refreshing sekaligus berolahraga, di sini juga disediakan outdoor gym. Area yang satu ini memiliki fasilitas gym yang lengkap dan area yang luas sehingga tidak perlu bingung jika membutuhkan tempat untuk pemanasan maupun pendinginan.


Outdoor Gym Alun-alun Depok via Megapolitan

Jembatan Utama

Jembatan Utama Alun-alun Depok via RadarNonstop

Jembatan utama merupakan pintu masuk menuju alun-alun Kota Depok yang di bawahnya terdapat sungai kecil. Suasana di sekitar jembatan ini dipenuhi oleh pepohonan rindang sehingga hawa di alun-alun Kota Depok ini tetap segar dan asri.

Taman Lansia dan Taman Anak-anak


Taman Lansia dan Taman Anak-anak via Instagram @infodepok_id

Kawasan yang satu ini cocok digunakan untuk kumpul keluarga dan anak-anak. Orangtua juga mudah mengawasi anak-anaknya di kala sedang bermain. Terdapat air mancur kecil di bagian tengah area ini yang memungkinkan untuk berbasah-basahan.

Pendopo


Pendopo Alun-alun Depok via Instagram @satrianurfirdaus26

Pendopo ini pertama kali digunakan sebagai tempat peresmian alun-alun Kota Depok. Berhubung memiliki area yang luas, siapapun bisa singgah kemari untuk beristirahat maupun untuk melihat-lihat galeri di sekitar pendopo tersebut.

Alun-alun Depok via Instagram @alun_alundepok
Alun-alun Depok via Instagram @humas_jabar

Itulah berbagai fasilitas yang disediakan di Alun-alun Depok. Buat Teman Traveler yang berada di daerah Jabodetabek maupun yang ingin refreshing, jangan lupa mampir ke sini ya. Selamat berlibur! Next

ramadan
Kopi Kenangan

Kopi Kenangan Surabaya, Elegan Nikmat Tanpa Kuras Kantong

Jelajahi Pesisir Utara Jakarta, Ini 4 Wisata Sejarahnya yang Tersembunyi

Jelajahi Pesisir Utara Jakarta, Ini 4 Wisata Sejarahnya yang Tersembunyi