in , , , , , , ,

Jangan Lupa Gunakan Fitur Google Maps Liburan Akhir Pekan Bakal Terhindar Dari Macet

Cara menghindari Macet dipemberlakukan one a way dilokasi tujuan
Cara menghindari Macet dipemberlakukan one a way dilokasi tujuan

Liburan tahun baru 2023 sepertinya masih kurang untuk kaum traveler. Kamu dapat kembali melanjutkan misi pada destinasi yang belum terlaksana pada liburan akhir pekan depan. Persiapkanlah apapun untuk kelancaran perjalananmu. Tak hanya uang, perbekalan, dan rencana rute, cobalah kamu menggunakan aplikasi Google Maps untuk mempermudah perjalanan menuju titik lokasi destinasi.

Baca juga : Sepele Tapi Penting, Jangan Duduk Seperti Ini di Angkutan Umum

Ada banyak manfaat didalam aplikasi yang sejatinya membantu siapa saja mengurangi hal hal yang tidak diinginkan diperjalanan seperti, ditutupnya rute perjalanan ataupun tempat destinasi tujuan. Efisiensinya waktu dan tenaga karena lebih dahulu memahami informasi yang telah diberikan oleh Google Maps dan lain sebagainya. Berikut beberapa fitur didalam Google Maps yang sangat membantu para pengguna jalanan.

Melihat Kondisi Lalu Lintas

Libur akhir pekan membuat aktivitas dijalanan lebih padat dari biasanya. Apalagi rute perjalanan menuju lokasi wisata. Ada baiknya kamu menggunakan aplikasi Google Maps untuk mengetahui keadaan jalanan menuju lokasi.

Cara menghindari Macet dipemberlakukan one a way dilokasi tujuan
Cara menghindari Macet dipemberlakukan one a way dilokasi tujuan. Foto via grid.id

Di Google Maps akan menampilkan indikator warna merah, orange, dan biru pada tampilan layar. Apabila rute jalananmu menunjukkan warna merah, itu tandanya jalanan macet. Jika rute jalanan mu menunjukkan warna orange, itu artinya jalanan sedang padat merayap. Bila rute jalanan mu menunjukkan warna biru, itu tandanya jalanan sedang lenggang.

Tambah Pemberhentian atau Tujuan

Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan diberbagai destinasi, dan kamu tidak mengetahui jalur yang akan dilaluinya. Cukup gunakan Google Maps dengan menambahkan tujuan di opsi pojok kanan atas. Kamu dapat menambahkan beberapa tujuan maksimal 7 destinasi.

Aplikasi Google Maps dapat menambahkan bebera tujuan hingga 7 destinasi
Aplikasi Google Maps dapat menambahkan bebera tujuan hingga 7 destinasi. Foto via gmail_arif
Aplikasi Google Maps dapat menambahkan bebera tujuan hingga 7 destinasi
Aplikasi Google Maps dapat menambahkan bebera tujuan hingga 7 destinasi

Fungsi ini dapat kamu gunakan untuk mengestimasi waktu sehingga liburan dapat menjangkau semua destinasi yang diinginkan. Kamu juga mendapatkan efisiensi waktu, tenaga, dan bahan bakar ketika menggunakan bantuan Google Maps ini.

Penyimpanan Rute Perjalanan

Bila kita tidak mengetahui jalur menuju destinasi tujuan, mungkin bisa mengeceknya terlebih dahulu di aplikasi Google Maps. Kamu juga bisa mennetukan arah lokasi mana yang dapat dipilih. Fitur dalam Google Maps juga menyediakan penyimpanan rute jalan yang sudah dipilih dan diatur sebelumnya.

Selebihnya kamu cukup memilih opsi Pin rute Jalan maka otomatis Google Maps menunjukkan jalur mana saja yang akan dilewati oleh mu.

Menunjukkan Lokasi Parkir

Akhir pekan memang identik dengan liburan. Banyak sekali kendaraan berlalu lalang dan menuju lokasi wisata yang sama. Bagi kita, lokasi parkir memang sangat vital ketika ingin berkunjung ke tempat wisata. Biasanya tempat wisata memberikan area parkir untuk kendaraan tertentu agak jauh dari titik lokasi. Mengingat medan area yang terbatas sehingga perlu ruang untuk parkir kendaraan seperti mobil dan bus.

Menunjukkan lokasi parkir di aplikasi Google Maps
Menunjukkan lokasi parkir di aplikasi Google Maps. Foto via grid.id

Adanya fitu ini akan mempermudah bagi kamu yang membawa kendaraan roda empat sehingga tidak menyulitkan mu untuk mencari tempat parkir dilokasi tujuan.

Memberikan Informasi Lokasi Rest Area

Google Maps juga dapat digunakan untuk menunjukkan lokasi rest area. Bagi kalangan traveler, rest area sangat penting untuk tempat istirahat selagi perjalanan masih jauh. Seringkali rest area terlewati karena tidak paham jalur ataupun fokus berkendara dengan kecepatan tinggi sehingga mengabaikan apapun yang ada di pinggir jalan.

Fitur menentukan Lokasi Rest Area di aplikasi Google Maps. Foto via Kompastekno.com

Berkat Google Maps, kamu dapat menemukan rest area selagi badan butuh istirahat dikala perjalanan.

Bagikan Lokasi Terkini

Fitur Share Lokasi di aplikasi Google Maps
Fitur Share Lokasi di aplikasi Google Maps. Foto via imei.info

Fitur ini sepertinya sering digunakan dalam perjalanan bersama namun ada beberapa rombongan yang tertinggal. Kamu tidak perlu menunggu bagian dari mereka yang tertinggal, namun cukup memberikan lokasi terkini sehingga tetap pada jalur dan tujuan yang sama. Namun, pemberi lokasi terkini disarankan untuk melambatkan kendaraannya agar rombongan tertinggal bisa mendekat lebih cepat.

Cek Jalur Rawan Bencana

Indonesia menjadi salah satu negara yang dilalui oleh patahan besar atau biasa disebut dengan Ring Fire sangat rentan terhadap bencana seperti gempa bumi dan gunung meletus. Tak hanya itu, berbagai bencana seperti banjir bandang, tanah longsor dan lainnya dapat kamu lihat di Google Maps. Google Maps akan memberi tanda apabila terjadi bencana di titik lokasi sesuai dengan jalur yang kamu tuju.

Fitur google maps memberikan peringatan bencana di jalur yang akan dilalui
Fitur google maps memberikan peringatan bencana di jalur yang akan dilalui. Foto via techno.id

Fitur ini bakal bermanfaat untuk memberitahu mu apakah aman atau tidak, ditutupnya atau tidak dan sebagainya tentang jalur menuju destinasi. Bahkan kamu juga dapat melihat jam operasional tempat wisata, sehingga liburan mu bakal terasa lebih aman dan lancar. Next

ramadan
Tornado Dufan berhenti mendadak

Fakta dan Kronologi Tornado Dufan yang Berhenti Mendadak Saat di Dinaiki Pengunjung

Jenis Kelas dalam Pesawat

5 Jenis Kelas dalam Pesawat, Sudah Pernah Coba yang Mana?