in ,

Berkunjung ke Fujian Tulou China, Lihat Uniknya Permukiman Bersejarah Suku Hakka Berbentuk Tabung

Fujian Tulou China yang Unik Berbentuk Tabung

Fujian Tulou China jadi salah satu atraksi paling menarik di Fujian. Lokasinya ada di bagian tenggara Provinsi Fujian. Saat berada di sini, pengunjung akan dibuat takjub dengan desain bangunan berbentuk tabung yang unik.

Baca juga : Wisata Kekinian di Blitar, Bikin Fotomu Makin Cetar

Bangunan-bangunan tersebut dibuat antara abad ke-12 hingga abad ke-20. Ingin tahu lebih lanjut? Penjelasan berikut ini akan membantu Teman Traveler. Simak yuk!

Permukiman Suku Hakka untuk Menghindari Perang dan Penjajahan

Dibangun Sebagai Tempat Berlindung via Instagram/1_to_1_arch

Keberadaan bangunan-bangunan unik di Fujian ini tidak lepas dari sejarah Perang Yongjia yang terjadi antara 304-312 Masehi. Selama periode perang tersebut, masyarakat Suku Hakka memilih untuk meninggalkan tempat tinggalnya dan mencari perlindungan di daerah pegunungan.

Berada di Lembah Pegunungan yang Subur via Instagram/mingyu.liu

Hingga akhirnya, sampailah mereka di sebuah pegunungan di bagian barat daya Fujian. Mereka meninggali sebuah lembah pegunungan yang subur. Karena faktor itulah, sebagian besar Suku Hakka di permukiman ini memiliki mata pencaharian sebagai petani atau pengrajin.

Bangunan Berbentuk Unik Menjadi Daya Tarik

Bangunan Unik Jadi Daya Tarik via Instagram/_yi_eunjin

Daya tarik terbesar bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Fujian Tulou China adalah bangunan Suku Hakka yang berbentuk tabung yang unik. Teknik mendirikan bangunan semacam itu dipercaya datang dari Dinasti Shang, yakni antara 1766-1122 SM.

Tempat Tinggal Suku Hakka via Instagram/theroadwetraveled

Dilansir dari sublimechina.com, bangunan yang bertingkat antara tiga hingga lima lantai tersebut tidak langsung jadi begitu saja. Masyarakat Suku Hakka terus menyempurnakannya dari waktu ke waktu.

Bangunan Seperti Benteng Bulat Terbuat dari Bahan-bahan Alami

Bangunan Terbuat dari Bahan Alami via Instagram/edmundking

Fujian Tulou China atau sebutan tempat tinggal Suku Hakka, secara harfiah memiliki arti bangunan lumpur. Dalam praktiknya, masyarakat Suku Hakka memang membuat bangunan tempat tinggal mereka dari bahan-bahan alami.

Terbuat dari Material Kayu via Instagram/katherinehjx

Sebagai tempat berlindung, mereka menggunakan kayu dan jerami. Bagian luar bangunan dibuat dari campuran antara kayu, bambu dan batu. Walau begitu, bangunan berbentuk tabung ini tahan terhadap angin dan gempa.

Ia dapat melindungi para penghuninya dari perubahan cuaca. Tulou terasa sejuk saat musim panas dan hangat saat musim dingin. Menarik ya?

Terdapat Ribuan Tulou

Terdapat Ribuan Tulou di Fujian via Instagram/nagasaki_yoshimi

Di Fujian sendiri terdapat ribuan tulou. Setidaknya ada sekitar 3.000 tulou. Hal ini boleh jadi disebabkan oleh sebagian Suku Hakka yang hidup nomaden.

Tulou Tersebar di Fujian via Instagram/jordhammond

Ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lain, mereka membangun tulou. Dari ribuan tulou tersebut, ada 46 tulou yang dinobatkan masuk sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Jadi Atraksi Menarik yang Dikunjungi Wisatawan via Instagram/mortgaged

Di sini, tulou dengan bulatan terbesar bernama Fusheng lou. Tulou yang berdiri pada 1968 ini berdiameter 77,42 meter. Sedangkan, tulou dengan diameter paling kecil yakni 14 meter dimiliki oleh Cuilin lou yang dibangun pada 1617. Sementara itu, tulou tertua adalah Qiyun lou yang dibangun pada 1317.

Banyak Wisatawan Mengunjunginya via Instagram/azchen14

Di antara tulou-tulou tersebut, lima di antaranya paling terkenal di kalangan wisatawan. Mereka adalah Zhengcheng lou, Jiqing lou, Chengqi lou, Yuchang lou dan Tianluokeng Tulou Cluster.

Tips Berkunjung

Selamat Berkunjung! via Instagram/stellap1109

Tertarik berkunjung ke Fujian Tulou China? Teman Traveler bisa memesan tiket pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Xiamen Gaoqi. Selanjutnya, gunakan kereta jurusan Xiamen-Nianjing. Begitu sampai di Nanjing, gunakan bis kota dengan tujuan Fujian Tulou.

Selama berkunjung tetap jaga kesopanan ya! Gunakan juga jasa pemandu lokal untuk kemudahan berkomunikasi. Serta jangan lupa siapkan sejumlah uang karena ada tulou yang mewajibkan pengunjung untuk membayar ‘tiket’ masuk. Selamat berlibur ke China! Next

ramadan

Bikin Bergidik, Pemburu Badak Tewas Terinjak Gajah yang Tersisa Hanya Baju dan Tengkoraknya

Ilmuwan Tampilkan Black Hole untuk Pertama Kali, Film Luar Angkasa Selain Interstellar Ini Cocok Ditonton Selama Liburan