in , , , , ,

Gua Maria Lembah Karmel, Wisata Religi Suguhkan Panorama Alam Yang Memukau

Lembah Karmel sajikan panorama alam yang memukau
Lembah Karmel sajikan panorama alam yang memukau

Banyak suguhan panorama alam Cianjur yang sangat mengagumkan, menjadi tujuan banyak wisatawan hingga mancanegara. Saking indahnya kawasan Kabupaten ini hingga area peribadatan pun juga menjadi wisata lantaran lokasi bangunan tepat berada diarea perbukitan. Seperti halnya Lembah Karmel dimana kawasan terdapat tempat beribadah umat Khatolik. Selagi beribadah, sekaligus menikmati indahnya perbukitan kawasan Lembah Karmel.

Baca juga : Air Terjun Cantik di Bumi Cendrawasih Papua, Indah Mempesona

Lembah Karmel sajikan panorama alam yang memukau
Lembah Karmel sajikan panorama alam yang memukau. Foto via travelspromo.com

Lembah Karmel berada didataran tinggi membuat udara dan suasana sangat sejuk dan asri. Mengingat Khatolik salah satu agama yang memiliki banyak ordo dan lebih dari puluhan ordo bertebaran di Indonesia. Salah satunya Ordo Karmel yang berada di Cianjur ini sekaligus menjadi tujuan wisatawan. Selagi beribadah, kamu dapat mengasingkan diri atau healing dari hiruk piruk perkotaan yang membuat diri semakin jenuh. Tempat ini pastinya jauh dari keramaian hanya terdengar bunyian pohon berisik dan kicauan burung. Tentu membuat ibadah semakin kusyuk.

Patung Bunda Maria Didalam Goa

Keindahan alam Lembah Karmel ini semakin cantik dengan hadirnya Goa Maria. Salah satu destinasi religi untuk pengasingan diri dan tak jauh dari gereja tempat ibadah. Goa Maria sama halnya seperti goa pada umumnya namun didalamnya terdapat lobang kecil yang berisikan patung bunda Maria. Disisi sekitar patung ini terdapat mata air suci yang dapat diminum sekaligus.

Patung Bunda Maria berada tidak jauh dari gedung utama Lembah Karmel
Patung Bunda Maria berada tidak jauh dari gedung utama Lembah Karmel. Foto via emmasabatini.com

Banyak traveler yang penasaran akan kehadiran patung bunda Maria ini lantaran lokasinya sangat sejuk dengan pepohonan yang tidak begitu tinggi namun sangat melindungi dari terik matahari. Disekitaran goa juga terdapat aneka macam taman dengan bunga-bunga cantik serasa menjadi penghias goa. Suasana indah ini semakin nyaman dengan hadirnya burung-burung hutan dengan kicauan yang khas membuat aura semakin damai.

Aktivitas Retret Paling Damai

Interior rumah retret bangunan utama Lembah Karmel
Interior rumah retret bangunan utama Lembah Karmel. Foto via javatravel.com

Tempat peribadatan Karmel ini mulai dibangun sejak 1988 oleh salah satu tokoh Ordo Karmel. Pemilihan lokasi sangat strategis berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut tentu membuat hawa dingin pegunungan menyertai para pengunjung. Bangunan Karmel ini sejatinya adalah tempat beribadah, khususnya sebagai aktivitas retret. Retret adalah salah satu aktivitas pengasingan diri untuk menjaukan diri dari duniawi. Sehingga perlu adanya media yang tenang dan sunyi. Bagi kamu yang ingin melakukan aktivitas retret ini dapat memilih paket yang sudah disediakan panitia Lembah Karlem.

Puluhan Fasilitas di Lembah Karmel

Berbagai fasilitas menarik dapat kamu nikmati ketika berada di Lembah Karmel. Selain beribadah, kamu dapat menikmati berbagai toko yang menjual aneka ragam rohani seperti cindera mata salib, patung kecil, pernak pernik keagamanan Khatolik dan berbagai jenis jajanan oleh-oleh khas Cianjur. Lahan parkir sangat luas sehingga dapat menampung belasan kendaraan besar.

Tersedia anak tangga ketika ingin menuju patung Bunda Maria
Tersedia anak tangga ketika ingin menuju patung Bunda Maria. Foto via wordpress.com

Selain itu terdapat gazebo-gazebo diarea taman lengkap dengan toilet dan tentunya tempat bangunan utama seperti gereja dimana sebagai tempat beribadah masal. Bila kamu lapar, Lembah Karmel menyediakan kantin yang menyuguhkan puluhan jenis masakan nusantara, bahkan masakan western dapat kamu nikmati di kantin ini.

Alamat dan Akses Menuju Lembah Karmel

Lembah Karmel ini jauh dari keramaian kota Cianjur dan pastinya berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota Cianjur. Kamu harus menempuh perjalanan selama 45 menit untuk sampai ke Lembah tersebut. Lokasinya tepat di Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Tepat berada di sepanjang jalan Raya Ciawi – Cianjur .

Rumah retret sebagai tempat pengasingan diri untuk menjauhkan dari hal-hal duniawi
Rumah retret sebagai tempat pengasingan diri untuk menjauhkan dari hal-hal duniawi. Foto via travelspromo.com

Banyak papan petunjuk arah yang mengantarkan mu sampai di Lembah Karmel. Bila tidak mengerti, cobalah masuk ke Jalan Hanjawar hingga bertemu pertigaan depot Sate Maranggi Sari Asih, ikuti saja jalur lurus ini hingga masuk ke jalan Mariwati, lokasinya tidak jauh dari jalan tersebut. Kamu bisa bertanya kepada penduduk setempat bila dirasa nyasar.

Taman yang indah dan asri dikawasan Lembah Karmel Cianjur
Taman yang indah dan asri dikawasan Lembah Karmel Cianjur. Foto via www.bandoeng.co.id

Kamu dapat berkunjung ke Lembar Karmel ini dihari efektif atau hari libur. Namun ketika hari libur atau hari Minggu jumlah pengunjung akan lebih banyak lantaran mereka sedang beribadah layaknya umat kristiani. Untuk kamu sebagai traveler, tidak perlu membayar tiket lantaran masuk area Lembah Karmel ini gratis. Next

ramadan
Makam Tuanku Iamm Bonjol di Tanah Minahasa Sulawesi Utara

Menyusuri Makam Tuanku Imam Bonjol, Wisata Sejarah Populer di Minahasa

Monumen Yonaguni di Jepang

Monumen Yonaguni di Jepang, Penemuan Anak Tangga di Bawah Laut yang Begitu Misterius