in , , ,

Menyusuri Keindahan Gunung Ungaran Jalur Via Gedong Songo

Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah terkenal sebagai kota metropolitan yangs elalu ramai selama 24 jam. Sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi Jawa Tengah, ternyata di Semarang tak hanya ada gedung-gedung bertingkat saja. Jika masuk lebih kedalam terdapat beberapa lokasi wisata alam yang sangat indah. Cocok untuk tempat bersantai diri dari rutinitas harian. Tak hanya pantai dan taman taman kota saja, namun pegunungan pun turut menyuguhkan para traveler yang berdatangan di kota yang terkenal dengan Lumpianya.

Baca juga : Taman Jurang Toleh Bonklopo, Pesona Tersembunyi di Sudut Malang

Gunung Ungaran dengan view yang sangat indah. Foto via travel-kompas.com

Hamparan pegunungan yang sejuk dan asri memang tak jauh dari pusat kota Semarang. Lebih tepatnya berada di daerah Ungaran sebelah sisi selatan kota Semarang. Meski sebagian besar orang mengenal Ungaran dengan berbagai wisata sejuk khas pegunungan, bagi para pendaki, gunung Ungaran tetap menjadi tujuan utama. Gunung Ungaran adalah gunung berapi stratovolcano dengan ketinggian 2.050 mdpl. Dan sangat cocok bagi pendaki pemula meski medan pendakiannya tidak bisa diremehkan begitu saja.

Pesona alam yang luar biasa menawan membuat gunung Ungaran sering menjadi tempat pelipur dari hiruk piruk pemuda pemudi perkotaan. Gunung yang berada tepat di Ungaran, Kabupaten Semarang Jawa Tengah ini memiliki tiga jalur pendakian yaitu Jalur Gedong Songo, Jalur Jimbaran dan Jalur Promasan.

Jalur pendakian via gedong songo dengan beberapa situs candi yang menawan. Foto via kompasiana.com

Untuk menuju puncak Gunung Ungaran ini dibutuhkan waktu sekitar 5 jam dari candi Gedung Songo, atau sekitar 8 jam dari Taman Wisata Candi Gedung Songo – Ambarawa.  Keistimewaan dari gunugn Ungaran ini adalah adanya panas bumi di sisi selatan dan sisi utara gunung, juga di kaki gunung di sebelah timur. Panas tertinggi berada di Gedongsongo dengan adanya uap panas dan kolam bersuhu 86°C juga sumber mata air panas. Air panas yang terdapat di sebelah timur gunung memiliki suhu yang hangat berkisar 42°C.

Basecamp Gedong Songo terletak di kawasan Objek wisata Gedong Songo. Tepatnya berada di antara Candi Gedong 2 dan 3. Pengunjung tidak akan dikenakan harga simaksi. Melainkan, akan dikenakan harga tiket masuk candi Gedong Songo. yang saat ini mencapai 40 ribuan. Untuk area parkir, pengunjung bisa menitipkannya di rumah-rumah warga dengan harga per malamnya 10 ribu rupiah. Nah, karena buka jalur resmi oleh karena itu pengunjung tidak akan menemukan pos atau rumah sebagai basecamp. Banyak pendaki yang memulai dari titik ini. Karena, tempat ini dekat dengan objek wisata yang mempunyai jalur nan indah.

Ilalalng indah dan terjalnya jalur membuat para pendaki tetap semangat. Foto via instagram @sulistiyoraden14

Pada awalnya pendaki akan menyusuri ladang warga. Hingga akhirnya pendaki disuguhkan dengan jalur mengelilingi bukit, namun dengan trek yang datar. Dari sinilah mulai terlihat kota Ambarawa dan danau rawa Pening yang sangat indah. Saat memasuki hutan, dimana perjalanan akan dipenuhi dengan lereng-lereng terjal. Di kawasan hutan ini, pendaki bisa melihat begitu banyak burung yang bertebangan kesana-kemari.

Lautan awan dan pesona alam yang begitu menggiurkan saat berada dipuncak Ungaran. Foto via instagram @ferlywiranagara

Hingga akhirnya sampailah dipuncak gunung Ungaran. Semua rasa lelah akan terbayar. Banyak pesona Gunung yang bisa kamu lijat dari sini. Mulai dari Sindoro, Sumbing, Slamet. Telomoyo, merbabu, dan merapi. Ada juga Andong yang tampak mungil. Next

ramadan

Pantai Bama, Si Cantik di Tanah Baluran Yang Menawan

fi anak berusia di bawah 12

Anak Berusia di Bawah 12 Tahun Dapat Memasuki Tempat Wisata