in , , ,

Janjang 1000 Koto Gadang “The Great Wall” bernuansa kearifan lokal

Tembok Besar China sudah sangat dikenal dunia dan masuk situs warisan kuno oleh UNESCO. Dengan panjang sekitar 8.000 kilometer, situs tersebut menjadi ikon wisata negeri kung fu.

Baca juga : Sisi Eksotis dan Mistis Gua Rancang Kencono, Wisata Jogja yang Istimewa

Nah Teman traveler nggak perlu jauh-jauh ke China jika ingin menikmati tembok besar tersebut. Di Provinsi Sumatera Barat tepatnya di Kota Bukittinggi ada destinasi wisata Janjang Koto Gadang, walaupun serupa tapi tak sama, tetapi kemegahan dan pengalaman yang ditawarkan juga nggak kalah seru.

Via IG @minangtourism

Janjang Koto Gadang dibangun pada masa kolonial Belanda untuk menghubungkan jalur antara Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. Kemudian direnovasi oleh pemerintah Kota Bukittinggi dan dijadikan objek wisata.

Janjang Koto Gadang atau lebih kerennya disebut “The Great Wall of Koto Gadang” terletak di kota Bukittinggi menawarkan pemandangan alam yang indah diapit oleh tebing-tebing tinggi nan hijau. Panjang Janjang Koto Gadang hanya 1,5 kilometer dengan trek yang berliku-liku mengikuti kontur tanah.

Via IG @minangtourism

Janjang Koto Gadang menawarkan pemandangan Ngarai Sianok yang asri menjadi daya tarik tersendiri. Dikarenakan terletak di lereng bukit dan suasana yang asri, udaranya pun juga sangat sejuk dan melegakan. Bahkan jika sobat travellers beruntung sobat bisa loh bertemu dengan gerombolan kera liar yang sedang mencari makan.

Walaupun nggak sebesar dan sepanjang The Great Wall yang asli tetapi tetapi jalur trekking yang ditawarkan cukup menantang. Jadi fisik dan mental tetap harus siap sebelum melakukan perjalanan menelusuri Janjang Koto Gadang. Disepanjang jalur trekking, ribuan anak tangga siap menguji stamina.

Jika sobat travellers nggak sanggup dengan tantangannya, sobat travellers bisa kok memilih jalur yang lebih mudah. Terdapat jalur trekking yang mudah jika sobat masuk dari area lubang Japang karena trek yang rata-rata didominasi turunan. Sedangkan, jika sobat masuk dari jalur Ngarai Sianok terdapat trek yang menantang, sempit dan berkelok kelok. Tapi jangan khawatir disepanjang perjalanan sobat dapat menemukan banyak spot untuk istirahat sejenak sambil menghirup udara segar dan menikmati pemandangan.

Untuk masuk ke Janjang Koto Gadang sobat travellers nggak dipungut biaya atau retribusi, cukup dengan membayar biaya parkir bagi sobat yang membawa kendaraan pribadi. Next

ramadan

Berwisata ke Pulau Macan, Surga Tersembunyi Dekat Jakarta

Berwisata ke ‘Planet Mars’ Di Coyote Gulch Amerika