in

Bandung Kota Seribu Danau, Yuk Jelajahi Satu Persatu

Situ Patengan [image source]

Selama ini Bandung mendapatkan julukan sebagai Paris van Java karena industri kreatif terutama distro berkembang dengan sangat pesat. Selain julukan itu, Bandung juga memiliki julukan lain loh. Ada yang tahu? Ya, Bandung dijuluki sebagai Kota Seribu Danau karena memiliki cukup banyak danau, telaga, atau situ.

Baca juga : 5 Pantai di Malang Selatan yang Wajib Dikunjungi!

Kalau kamu kebetulan sedang berada atau akan ke Bandung, coba deh jelajahi danau-danau indah nan unik ini satu per satu. Daripada bosan terus wisata kuliner atau belanja tapi uangnya tidak ada. Yuk ah menjelajah destinasi wisata Bandung! Berikut sepuluh rekomendasi danau di Bandung dan sekitar yang bisa kamu jelejahi.

1. Situ Cileunca

Situ Cileunca
Situ Cileunca [image source]

Situ Cileunca memang sebuah danau buatan yang difungsikan sebagai sumber irigasi bagi penduduk sekitar. Namun, kejenihan air yang ada di sana serta pemandangan alam sekitarnya yang luar biasa membuta kawasan ini jadi tempat wisata. Di situ ini, wisatawan bisa menyewa perahu untuk berkeliling, memancing, atau aktivitas outbound yang dibangun tidak jauh dari kawasan danau ini.

Situ Cileunca, Bandung [image source]

Nama: Situ Cileunca

Alamat: Warnasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378, Indonesia

2. Situ Patengan

Situ Patengan [image source]

Tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey, ada sebuah danau cukup luas yang memiliki pemandangan sekitar sangat indah. Sejauh mata memandang, kamu bisa menyaksikan pemandangan kebun teh yang bergelombang serta rimbun hutan yang terlihat masih sangat alami. Di danau ini kamu bisa menyewa perahu atau sekadar menikmati keheningan dan kesegaran udara.

Situ Patengan dan kawasan kebun teh [image source]

Nama: Situ Patengan

Alamat: Jalan Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

3. Situ Ciburuy

Situ Ciburuy [image source]

Seperti halnya Situ Sangiang yang penuh sejarah, Situ Ciburuy juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Dipercaya kawasan ini adalah peninggalan Prabu Siliwangi dan Kian Santang. Di masa lalu warga membendung dua aliran sungai untuk keperluan irigasi sehingga danau dengan luas 15 hektare ini terbentuk. Oh ya, selain keindahan yang tidak bisa diragukan lagi, situ ini konon memiliki legenda ikan raksasa yang hidup di dasar danau.

Situ Ciburuy, Bandung [image source]

Nama: Situ Ciburuy

Alamat: Jalan Raya Padalarang, Ciburuy, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia

4. Situ Bolang

Situ Bolang [image source]

Situ Bolang tidak hanya menawarkan keindahan alam dan juga kejernihan air saja. Kamu bahkan bisa bermain air di pinggiran atau menyewa perahu. Bosan dengan aktivitas itu-itu saja? Bisa kok memancing ikan di sini. Warga lokal sengaja memasukkan bibit ke situ ini untuk dipancing. Terakhir, kamu bisa merasakan kuliner nikmat berupa sambal kacang dan mangga mengkal yang pedas tapi bikin ketagihan.

Situ Bolang, Bandung [image source]

Nama: Situ Bolang

Alamat: Jatisura, Cikedung, Indramayu, Jawa Barat, Indonesia

5. Situ Cipanunjang

Situ Cipanunjang (ilustrasi) [image source]

Danau selanjutnya yang bisa kamu pilih saat melakukan penjelajahan di Bandung adalah Situ Cipanunjang. Terletak di ketinggian 1100 mdpl, udara di kawasan ini sangat sejuk sehingga kamu bisa mendinginkan kepala sekaligus menikmati kesegaran udara. Oh ya, untuk bisa sampai ke danau ini kamu harus menyerang Situ Cileunca. Jadi sambil menyelam minum air. Menikmati dua danau dalam sekali jalan.

Situ Cipanunjang dan sekitar Cileunca [image source]

Nama: Situ Cipanunjang

Alamat: Desa Pulosarim, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia (sekitar Situ Cileunca)

6. Situ Sangiang

Situ Sangiang [image source]

Situ Sangiang adalah kawasan danau sekitaran Bandung yang difungsikan sebagai dua objek wisata. Pertama wisata religi karena kawasan ini ada makam yang dikeramatkan dan banyak peziarah yang mengunjunginya. Selanjutnya wisata alam karena kawasan sekitar danau ini sangat indah dan masih alami. Setiap hari ada ribuan orang datang untuk berziarah sekaligus menikmati keindahan alam kawasan Sangiang yang melegenda.

Situ Sangiang (ilustrasi) [image source]

Nama: Situ Sangiang

Alamat: Sangiang, Banjaran, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

7. Situ Cukul

Situ Cukul, Bandung [image source]

Berada di ketinggian 1.500 mdpl, kawasan Situ Cukul yang lagi-lagi berada di Pangalengan menawarkan pesona yang sedikit berbeda. Saat berada di sini, kamu bisa menikmati kesejukan udara yang berada pada kisaran 16-20 derajat Celcius. Dengan udara yang sejuk dan cenderung dingin, kamu bisa bersantai sejenak dari hiruk-pikuk kota dan menikmati setiap sudut pemandangan yang memukau.

Situ Cukul, Bandung [image source]

Nama: Situ Cukul

Alamat: Dusun Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

8. Situ Gede Pangalengan

Situ Gede Pengalengan [image source]

Situ Gede Pangalengan juga merupakan danau buatan manusia yang difungsikan untuk pertanian dan juga perikanan. Meski demikian, danau ini tampak alami karena pemandangan sekitarnya sangat indah dan alamnya masih alami. Saat ini kawasan sekitar danau ini mulai dikelola baik oleh pemerintah setempat guna meningkatkan taraf hidup penduduk kawasan sekitar.

Situ Gede Pengalengan, Bandung [image source]

Nama: Situ Gede

Alamat: Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

9. Situ Kanceuh

Situ Kanceuh (ilustrasi) [image source]

Masih di kawasan Pangalengan yang sangat indah, ada satu lagi danau kecil yang selalu menjadi buruan banyak orang. Situ Kanceuh menawarkan pemandangan indah dari alam sekitar serta air yang sangat jernih. Kamu bisa menghabiskan waktu menjelajahi sekitar danau, memancing, atau berburu foto sampai puas. Pokoknya, sekali datang ke sini rasanya pengin balik lagi.

Situ Kanceuh (ilustrasi) [image source]

Nama: Situ Kanceuh

Alamat: Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

10. Situ Cicoledas

Situ Cicoledas (ilustrasi) [image source]

Situ Cicoledas dikenal oleh banyak orang karena menawarkan banyak spot menarik untuk fotografi. Biasanya para pengunjung yang mayoritas pencinta dunia foto suka menjelajah kawasan ini untuk mencari sudut foto terbaik. Kalau kamu ingin mencari ketenangan sejenak sembari menyalurkan hasrat fotografi, silakan datang ke sini dan nikmati semuanya.

Situ Cicoledas, kawasan Pangalengan [image source]

Nama: Situ Cicoledas

Alamat: Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Inilah danau atau situ di Bandung dan sekitarnya yang bisa kamu jelajahi saat bertandang ke sana. So, danau mana dulu nih yang bakalan masuk dalam list perjalanan wisatamu selanjutnya. Next

ramadan

Rumah Makan Padang di Jakarta yang Nikmatnya Tak Terlupa

Jajan Kaki Lima Murah Meriah di Jogja Bareng Streetfoodstories