in

Kuliner Kaki Lima Ternikmat di Yogyakarta yang Cocok untuk Budget Traveler

Kuliner kaki lima Yogykarta

Salah satu kota yang kerap dijadikan tujuan oleh seorang budget traveler adalah Yogyakarta. Mengapa Yogyakarta? Karena kota ini dikenal memiliki biaya hidup yang cukup murah jika dibandingkan dengan kota lain seperti Bandung, Surabaya, atau Jakarta. Di Yogyakarta, traveler bisa menemukan akomodasi yang murah meriah. Dengan uang pas-pasan, mereka bisa menginap selama beberapa hari untuk menjelajahi Kota Pelajar ini.

Baca juga : Tahu Tek Suramadu, Kuliner Malam yang Enak dan Murah di Jogja

Selain akomodasi yang murah didapat dan murah meriah, Yogyakarta juga masih memiliki pesona lain berupa kulinernya yang nikmat tapi murahnya kebangetan. Dengan anggaran yang tidak banyak, traveler bisa makan sampai kenyang asal pintar mencari kedai atau pedang kaki lima yang tepat seperti daftar di bawah ini.

1. Nasi Goreng Pak Sular

Yogyakarta memang dikenal dengan kuliner gudegnya yang nikmat dan wajib disantap saat bertandang. Selain Gudeng, Yogyakarta juga memiliki olahan nasi goreng jawa yang sangat nikmat. Bahkan bisa dibilang legenda karena tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya sehingga kalau ingin menyantapnya, kamu harus datang pada pukul 18.00 atau kurang dari pukul 21.00 agar tidak kehabisan.

Nasi Goreng Pak Sular [image source]
Nasi Goreng Pak Sular [image source]
Yang menjadikan Nasi Goreng yang terletak di Kotagede ini istimewa adalah bumbu yang digunakan. Dengan perpaduan rempah dan juga daging kambing atau sapi, kamu bisa menikmati nasi goreng yang memiliki rasa khas. Oh ya, setiap porsi nasi goreng akan ditemani dengan telor ceplok, acar, dan juga kerupuk melinjo yang pahit-pahit gurih.

2. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Penggila makanan pedas? Jangan khawatir, Yogjayakarta masih memiliki kuliner yang bisa membuat lidahmu terasa terbakar namun enggan berhenti untuk makan. Kuliner itu berupa oseng-oseng terbuat dari koyor sapi yang dimasak dengan cabai hingga berkilo-kilo banyaknya. Bisa dibayangkan seperti apa wajah orang-orang yang menyantapnya dengan bersila di atas tikar. Banyak yang ngos-ngosan tapi tidak kapok untuk menghabiskannya.

Oseng-oseng mercon [image source]
Oseng-oseng mercon [image source]
Oseng-oseng Mercon Bu Narti terletak tidak jauh dari Malioboro. Kamu hanya perlu berjalan kaki ke kawasan Jalan KH Ahmda Dahlan untuk menemukan kedai kaki lima yang selalu ramai ini. Kalau kamu ingin mencoba uji nyali untuk menyantap oseng-oseng mercon khas Yogyakarta ini, bawalah sebotol susu. Kalau kamu tidak tahan dengan pedasnya, gunakan susu untuk membuat rasa terbakar hilang perlahan-lahan.

3. Lumpia Samijaya

Setelah membahas kuliner untuk makan besar, saatnya kita beralih ke kuliner yang nikmat untuk camilan. Kalau kamu kebetulan berada di kawasan Jalan Malioboro, coba cari gerobak kaki lima kecil yang berada di depan toko Sami Jaya atau Hotel Mutiara. Di gerobak ini, kamu akan menemukan olahan lumpia legendaris di Yogyakarta yang rasanya sangat nikmat.

Lumpia Samijaya [image source]
Lumpia Samijaya [image source]
Berdiri sejak tahun 1976, lumpia ini sudah menjadi serbuan banyak orang. Tidak hanya warga lokal saja yang menyukai lumpia nikmat ini. Turis dari dalam dan luar negeri juga kesengsem dengan kuliner yang memadukan sayuran khususnya rebung dengan ayam dan telur puyuh yang telah dimasak bacem sehingga rasanya jadi manis dan gurih.

4. Angkringan Pak Jabrik KR

Ke Yogyakarta tapi belum mencoba makan di angkringan itu rugi banget. Kalau kamu ingin menikmati suasana malam asli di Yogyakarta, padukan dengan makan di angkringan yang terletak di depan kantor KR atau Keadilan Rakyat tidak jauh dari kawasan Tugu Yogyakarta. Di tempat ini, kamu bisa mendapatkan suasana yang nyaman sambil menikmati hiruk-pikuk Yogyakarta yang tidak ada habisnya.

Angkringan Pak Jabrik [image source]
Angkringan Pak Jabrik [image source]
Salah satu kuliner andalan pada angkringan ini tentu saja sego kucing yang porsinya sangat sedikit itu. Untuk pelengkap, kamu bisa memilih aneka sate hati, usus, telor, dan masih banyak lagi. Pokoknya, dengan anggaran yang terbatas, kamu bisa makan sampai puas hingga rasanya perut ingin meledak.

Inilah beberapa kuliner kaki lima yang cocok untuk budget traveler yang ingin mencicipi kenikmatan dari Yogyakarta. Semoga bisa memberikan referensi agar kamu tidak bingung harus makan apa di Yogyakarta selain gudegnya yang melegenda. Next

ramadan

Ini Lho Tips Menikmati Kereta Ekonomi yang Katanya Bikin Nggak Betah

Tempat Hangout di Surabaya yang Luas dan Adem, Bebas Dari Teriknya Kota Pahlawan