in

Kampung Sabin, Merasakan Suasana Pedesaan Ubud Bali di Cirebon

Sesuai namanya, Kampung Sabin yang berarti kampung sawah ini dikelilingi oleh persawahan dengan berbagai ornamen khas Bali.

Kampung Sabin

Sekarang, warga Jawa Barat dan Jakarta tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk berlibur. Kini ada destinasi wisata yang menghadirkan suasana ala Ubud. Inilah Kampung Sabin, kampung yang dikelilingi hamparan sawah hijau ini akan langsung mengingatkan kamu dengan nuansa pedesaan di Ubud.

Baca juga : Jangan Ketinggalan! PopArt Jakarta 2022 Resmi Dibuka Hari Ini

Pemandangan Gunung Ciremai juga membuat kampung ini semakin terlihat indah dan asri. Kamu bisa mengajak keluarga, teman, orang-orang tersayang di akhir pekan untuk melepas penat di sini. Sebelum berangkat ke kampung ini, simak dulu informasi lengkap wisata Kampung Sabin di Cirebon berikut ini.

Menikmati suasana Bali di Cirebon

Sabin adalah sawah dalam bahasa Jawa. Sesuai namanya, begitu tiba di pintu masuk, kamu bisa melihat hamparan sawah berwarna hijau yang menyejukkan mata. Gapura dengan hiasan kain khas Bali langsung terlihat di pintu masuk hingga membuat wisatawan tak sadar jika berada di Cirebon.

Kampung Sabin
Foto via antaranews

Bangunan berbentuk segitiga dengan dekorasi jerami dan bambu menambah suasana pedesaan. Di areal sawah yang luas, ada pondok kayu yang dihiasi dengan kain putih yang cantik. Payung khas Bali berjajar cantik di sepanjang jalan.

Berfoto sambil menyantap aneka hidangan lezat

Wisata di Cirebon
Foto via alonesia

Tak sulit untuk mendapatkan foto yang bagus di Kampung Sabin karena ada banyak spot foto menarik. Semua spot di Kampung Sabin terlihat indah di berbagai suasana. Namun, waktu terbaik untuk mendapatkan foto yang cantik adalah saat matahari terbenam. Langit yang berwarna jingga akan berpadu cantik dengan hijaunya persawahan.

Wisata di Cirebon
Foto via fajarcirebon

Tak hanya berfoto, Kampung Sabin juga menyediakan ayunan estetik yang dapat digunakan anak-anak untuk bermain sepuasnya. Setelah puas berfoto dan bermain, kamu bisa menikmati hidangan lezat seperti sup ikan asam pedas, udang bakar madu, nasi goreng seafood, sate lilit bali dan nasi campur bali. Harga makanan tersebut cukup terjangkau dimulai dari Rp 30 ribuan.

Fasilitas lengkap di Kampung Sabin

Pengelola menyediakan fasilitas yang lengkap agar para wisatawan nyaman berkunjung ke Kampung Sabin. Ada area parkir, tempat ibadah, kamar mandi, smoking area, dan masih banyak lagi.

Kampung Sabin
Foto via mywordsjourney

Jika kamu datang bersama kekasih atau pasangan tercinta, kamu bisa memesan tempat khusus untuk private candle light dinner yang dibanderol sekitar Rp300.000. Kamu juga bisa memilih paket makanan nusantara hingga western yang dijual seharga Rp350.000 untuk empat orang hingga Rp750.000 untuk delapan orang.

Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata di Cirebon
Foto via javatravel

Kampung Sabin berlokasi di kawasan Kota Baru Keandra, Jalan Nyi Ageng Serang, Kelurahan Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Di hari biasa, wisatawan dikenakan harga Rp 20.000. Di hari libur kamu harus membayar Rp30.000.

Rute menuju Kampung Sabin

Kampung Sabin
Foto via indozone

Bagi kamu yang datang dari Terminal Harjamukti, maka langsung belok kanan ke Jalan Ahmad Yani. Ketika sampai di lampu merah, belok kiri ke Jalan Kranggraksan. Saat tiba di simpang tiga, kamu bisa belok kanan ke Jalan Kali Tanjung dan lurus hingga melewati Jalan Kali Tanjung, Jalan Pangeran Cakrabuana, Jalan R Dewi Sartika hingga tiba di Jalan Nyi Ageng Serang. Jika sudah tiba di Jalan Nyi Ageng Serang berarti kamu sudah sampai di Kampung Sabin.

Meski berada di area persawahan, kamu tak perlu khawatir saat masa panen tiba karena pihak pengelola membagi penanaman hingga panen ke dalam empat tahap sehingga area sawah akan selalu hijau. Namun sebaiknya jangan berkunjung di musim hujan karena sebagian besar area gazebo berada di luar ruangan. Datanglah saat low season agar tak terlalu ramai. Next

ramadan
The Nice Funtastic

The Nice Funtastic, Ikon Wisata yang Hits yang di Cianjur

Candi Reog dengan kepala candi yang menyerupai kepala harimau

Candi Reog, Sajian Unik Destinasi Sejarah di Magetan