in , , ,

Karang Gumantung, Pesona Bukit Karang yang Menakjubkan

Pesona alam Indonesia memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, satu negara ini menyuguhkan berbagai wisata alam mulai dari bawah laut, pesisir pantai, dataran tinggi hingga pegunungan selalu membuat wisatawan hingga mancanegara terpesona. Tak tanggung tanggung, wisatawan yang kerap kebingungan memilih destinasi wisata mulai melipir kedaerah yang belum terjamah oleh banyak orang. Salah satunya ke Bukit Karang.

Baca juga : Ragam Pilihan Tempat Wisata di Puncak Bogor, Refreshing Seru di Akhir Pekan

Pesona Karang Gumantung yang indah. Foto via instagram @𝐚𝐚𝐧𝐢𝐦𝐞𝐢𝐲

Mungkin wisata ke perbukitan, danau, air terjun, dan pantai sudah terjelajahi. Bukit ini berbeda dengan yang lainnya karena mulai bawah hingga puncak terbentuk seperti bebatuan karang. Pesonanya sungguh menakjubkan dengan bebatuan karang yang menjulang tinggi nan gagah. Area sekitar juga terasa sejuk berkat adanya pepohonan pinus yang tinggi dan rindang serta tertata rapih. Nama tempat wisata ini adalah Karang Gemantung. Perpaduan bebatuan karang dengan hutan pinus yang sangat menawan.

Bebatuan karang ini seakan akan seperti karang raksasa yang tersusun rapih dengan berbagai bentuk dan ukuran. Ada yang terlihat runcing, memanjang, besar juga ada yang menyerupai lorong atau gua. Semua tampak sangat serasi menjadi padu padan bukit karang yang mengagumkan. Teman traveler bakal terpana ketika mengijakkan kaki diatas karang ini. Setiap sudut bisa dijadikan spot foto yang indah. Namun teman traveler yang ingin mencoba memanjat tebing karang ini siapkan mental karena pacuan adrenalin bakal terasa disini.

Jalur menuju puncak memang sangat terjal, siapapun yang mencoba harus fokus dan ekstra hati hati karena pijakan pada bebatuan kadang rapuh dan tak kuat menahan topangan. Dari atas bukit karang ini, kamu bakal menikmati alam yang membentang sambil duduk santai merasakan angin sepoi sepoi yang menghembus tubuhmu.

Spot foto terindah di puncak Karang Gumantung. Foto via instagram @_veldie

Selain keindahan dari bukit Karang, wisata ini menyediakan cafe unik didalam hutan pinus. Cocok sekali untuk kamu yang berwisata dan mulai merasakan perut keroncongan. Cafe mungil ini dibuat dari bambu dengan desainnya yang sederhana dan apik. Untuk tempat duduknya, disediakan bangku-bangku panjang dan meja yang semuanya dibuat dari kayu atau batang pohon. Kursi-kursi dan meja ini berada di area hutan pinus yang sangat teduh dan pastinya harganya pun sangat bersahabat.

Bukit Karang Gumantung yang tepat ditengah hutan pinus yang rindah dan sejuk. Foto via instagram 2rakhafaizsubakti

Untuk mengunjungi indahnya Bukit Karang Gumantung ini kamu bisa menuju desa Kebutuh kecamatan Pagedongan kabupaten Banjarnegara. Waktu yang bisa kamu tempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Banjarnegara. Akses jalan menuju Gumantung memang sangat mudah, hanya saja dari Desa Kebutuh menuju lokasi Karang ini masih berupa tanah dan bebatuan.

Medannya juga turun naik dengan tanjakan dan turunan yang cukup tajam. Disini teman traveler harus sangat berhati-hati apalagi kalau bawa kendaraan roda dua. Pastikan kendaraannya kuat untuk dibawa menanjak hingga ke bukit karang. Saat musim hujan pun kamu harus ekstra hati hati karena jalanan sangat licin.

Bukit Karang Gumantung dengan bunga bunga yang cantik. Foto via instagram @evi_pus19

Akses jalan ke Karang Gemantung sebenarnya mudah karena berada di jalur utama Pasar wage Kebutuh. Jalannya dari kota ke Kebutuh juga sudah hot mix. Hanya saja jalan dari jalur utama ke lokasi masih berupa tanah atau aspal kasar. Juga teman Brisik harus berhati-hati karena jalannya licin ketika habis hujan. Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar, namun kamu cukup membayar tarif parkir yang tersedia didekat cafe dalam pinus. Next

ramadan

Healing Terasa Sempurna Saat Menikmati Pantai Muara Kasih Situbondo

Omah Mewa, Nikmati Kafe Vintage Nan Unik Tengah Kota Wonosobo