in , , , ,

Ljubljana, Kastil Indah Slovenia yang Menyimpan Segudang Sejarah Masa Lampau

Kastil Indah yang Menyimpan Sejuta Makna Sejarah

dsc_6268_01_eOa.jpeg
Halaman Kastil Ljubljana (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Kastil Ljubljana, yang dalam bahasa Slovenia disebut Ljubljanski Grad adalah kompleks kastil yang berdiri di castle hill diatas pusat Kota Ljubljana, Ibu Kota Slovenia. Memiliki fungsi utama sebagai benteng pertahanan pada abad pertengahan. Kastil ini mulai dibangun sekitar abad ke 11, kemudian dibangun kembali sekitar abad ke 12 dan perombakan lengkap di abad ke 15. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Benteng Al Zubara Qatar, Warisan Dunia Indah di Kota Kuno

Sejarah Kastil Ljubljana 

20190801_094331_01_8mG.jpeg
Chapel St George (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Kastil Ljubljana ini pada awalnya diyakini sebagai benteng kayu dan bata. Pada abad ke 15 salah satu jembatan kastil dihancurkan dan dibangun kembali dengan dinding dan menara lengkap di pintu masuknya. Pembangunan Chapel St George juga dilakukan pada abad tersebut.  

20190801_094336_01_VNO.jpeg
Langit-langit Chapel St George (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selanjutnya pada abad ke 16 dan 17 benda-benda dan bangunan lain dibangun secara bertahap dengan tujuan sebagai benteng pertahanan dan gudang senjata.

Pada abad ke 18 kegunaan Kastil Ljubljana ini berubah kembali menjadi Rumah Sakit Militer, Barak dan Penjara. Kemudian dibangunlah menara pandang yang menjulang tinggi dengan tujuan mengawasi kota apabila ada ancaman musuh dari luar. Selain itu menara pandang ini juga digunakan sebagai sarana penyampaian pengumuman penting kepada warga jika ada bencana atau acara penting lainnya dengan cara menembakkan meriam sebagai penanda.

20190801_101042_01_k8p.jpeg
Hutan Menuju Kastil Ljubljana (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman karena memang peruntukan Kastil Ljubljana ini bukan sebagai rumah tinggal dari penguasa atau para bangsawan, fungsi dari kastil ini sudah mulai kehilangan arti pentingnya.

Biaya perawatan yang terlalu tinggi dan fungsinya sebagai benteng pertahanan pun sudah tidak terlalu diperlukan, sehingga Kastil Ljubljana ini mulai runtuh dan terbengkalai. Pada abad ke 19 kastil ini mulai dirancang ulang sebagai penjara dan sebagian digunakan sebagai benteng militer. Pada tahun 1905 kastil ini dibeli oleh Kota Ljubljana melalui Walikota yang kemudian dipergunakan sebagai museum.

dsc_6225_01_jDu.jpeg
Hutan menuju Kastil Ljubljana (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Renovasi terhadap kastil ini mulai dikerjakan secara serius pada tahun 1960an dan berlangsung selama 35 tahun. Pada tahun 1990, peruntukannya juga benar-benar sudah berubah dari peruntukan keperluan militer menjadi tempat mengadakan event-event seni, yaitu konser musik, pameran, acara pernikahan dan kegiatan non militer lain.

Hal Menarik dari Kastil Ljubljana 

20190801_092958_u9P.jpg
Pemandangan Lota Ljubljana dari Atas Menara Jam (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Sebagai salah satu kastil terbaik di Slovenia, wisata ini harus Teman Traveler kunjungi. Selain dari segi historikalnya, Kastil Ljubljana memang indah walaupun tidak semegah kastil lain yang ada di Eropa pada umumnya. 

Hal yang paling menarik adalah Teman Traveler bisa menaiki puncak menara jam yang ada di Kastil Ljubljana yang diklaim memiliki pemandangan Kota Ljubljana yang menakjubkan dari ketinggian. Dari atas menara jam ini, Teman Traveler bisa melihat pemandangan kota 360° loh Teman Traveler. Menarik bukan?

20190801_093612_01_Xeb.jpeg
Tangga Melingkar Menuju Puncak Menara Jam (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Cara untuk menuju puncak dari menara ini, Teman Traveler harus menaiki kurang lebih 100 anak tangga melingkar yang lumayan menguras energi, akan tetapi semua akan terbayar pada saat Teman Traveler sampai di puncak menara dan menikmati pemandangan indah Kota Ljubljana. 

Dipuncak menara jam, terdapat 2 bendera yang dipasang berjejeran. Satu adalah Bendera Negara Slovenia dengan gambar gunung kebanggaan yaitu Gunung Triglav dan satunya lagi Bendera Kota Ljubljana yang berwarna putih hijau dengan gambar kastil dan naganya.

Selain itu, jika Teman Traveler mengamati, disetiap anak tangga melingkar menuju puncak menara akan terdapat gambar timbul dari kastil dan naganya. Bangunan yang unik bukan?

Cara untuk menuju ke Kastil Ljubljana 

20190801_083321_01_30E.jpeg
Petunjuk Arah ke Kastil Ljubljana (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Untuk menuju Kastil Ljubljana ini sangat mudah kok Teman Traveler, papan-papan petunjuk arah mudah ditemukan dan informatif. Teman Traveler bisa mengunjungi kastil ini dengan berjalan kaki menaiki bukit dan melewati hutan selama kurang lebih 30 menit.

Teman Traveler bisa berjalan santai sambil menikmati suasana rindang dan asri disekeliling kastil. Jika tidak ingin berjalan kaki, Teman Traveler juga bisa menggunakan trem listrik dengan harga sekitar 10 Euro yang hanya memerlukan waktu 5 menit untuk mencapai kastil.   

20190801_091439_02_ZLZ.jpeg
Tiket Masuk ke Kastil Ljubljana (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Jadi, jangan sampai melewatkan untuk mengeksplore kastil kecil nan indah di atas bukit Kota Ljubljana ini ya Teman Traveler.  Next

ramadan
Rambut Monte

Wisata Alam, Budaya, dan Religi di Rambut Monte Blitar yang Eksotik

ruang kita

Ruang Kita, Street Coffee yang Sedang Hits di Jakarta