in ,

Kenali Bahaya Penggunaan Wifi Hotel Saat Kamu Staycation

Jaman sekarang mana ada yang tidak membutuhkan internet. Kebutuhan satu ini sudah tak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Diberbagai kegiatan pun pasti akan mengandalkan internet. Apalagi saat ini sangat dimudahkan dengan adanya jaringan Wi-Fi. Kamu bahkan bisa mendapatkan wifi gratis diberbagai tempat atau fasilitas umum seperti, Sekolah, Kantor, Pasar, hotel, dan sebagainya.

Baca juga : Alami Kesepian Saat Traveling? Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan

Wifi hotel salah satu fasilitas gratis untuk tamu. Foto via hospitalitytech.com

Sekilas mengenai Wifi adalah sebuah teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan kontektivitas jaringan internet. Koneksi Wifi dibuat menggunakan adaptor nirkabel untuk membuat hotspots, yang terjangkau oleh sebuah router nirkabel dan terhubung dengan layanan internet.

Salah satu fasilitas di hotel selain kenyamanan untuk istirahat adalah wifi. Menggunakan WiFi hotel menjadi salah satu cara traveler untuk menghemat bujet perjalanan. Tetapi, ternyata ada sejumlah kelemahan WiFi hotel. Di antaranya, WiFi hotel dapat dengan mudah diretas oleh scammer. So, cukup berisiko saat teman traveler masuk ke situs yang menyimpan informasi sensitif.

Bahay wifi gratis. Foto via blog.hts.net.id

Saat menjelajah web atau membaca berita terbaru mungkin peretas mencuri detail pribadi sangatlah kecil. Tetapi jika masuk ke rekening bank atau membeli sesuatu secara online dan membayarnya dengan kartu kredit, peretas mungkin dapat mencuri informasi traveler. Bahaya sekali ya! Namun jangan khawatir ada cara paling aman saat menggunakan wifi hotel adalah dengan tidak masuk ke situs apapun yang mengharuskan teman traveler memasukkan kata sandi.

Lebih pastinya teman traveler tidak membuka akun media sosial dengan wifi gratis hotel. Hacker akan melacak detail pribadi memalui akun media sosial. Memang yang terbaik adalah menggunakan jaringan data pribadi, selain aman, jaringan data pribadi akan terpakai tanpa tersisa banyak saat waktu kadaluwarsa terlewati.

VPN paling aman dari peretas. Foto via wizcase.com

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah mengaktifkan VPN aman yang mengenkripsi semua data kamu yang melewati Wifi. Setelah teman traveler memasang VPN dengan membeli di playstore yang harus kamu lakukan adalah menyambungkannya ke wifi hotel seperti biasa, lalu mengaktifkan program VPN. Setelah aktif, keamanan data pribadi mu akan terjaga tanpa perlu khawatir diretas. Next

ramadan

Silancur Glamping, Alternatif Kemah Mewah di Kaki Gunung Sumbing

Cuma di Tempat Ini Beli McDonalds Bisa Pakai Bitcoin!