in

Deretan Kereta di Dunia yang Bisa Melesat Secepat Kilat, Perjalanan Traveling Jadi Makin Singkat

Selama ini traveler mengenal Shinkansen sebagai kereta peluru yang bisa melesat hingga ratusan kilometer per jam atau hampir menyamai kecepatan pesawat terbang. Kereta tersebut adalah moda transportasi andalan negeri Matahari Terbit alias Jepang. namun tahukah kamu bahwa kereta berkecepatan tinggi tidak hanya ada di Jepang saja?

Baca juga : Sungai Krka National Park Kroasia Ini Seperti di Negeri Dongeng

Sebagian besar traveler memilih kereta sebagai alat transportasi darat yang murah dan cepat dibanding bus. Hampir setiap negara memiliki kereta api namun hanya beberapa negara saja yang memiliki layanan kereta dengan kualitas jempolan. Dikumpulkan Travelingyuk, inilah deretan kereta yang bisa melesat secepat kilat dan bikin perjalanan travelingmu kian singkat.

1. Japan Maglev Train

Maglev Train adalah kereta yang hingga saat ini memegang rekor sebagai kereta tercepat di muka bumi. Kereta ini mampu melesat lebih dari 430 kilometer per jam. Pengoperasiannya tidak menggunakan roda melainkan levitasi magnetik sehingga gerbong tidak menyentuh pada bantalan rel.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGO_Zu2qS-f/ hidecaption=true]

Kereta Maglev dikenal tahan cuaca serta mengkonsumsi energi yang lebih kecil. Kereta ini juga diklaim mampu bergerak lebih lancar pada kecepatan tinggi maupun rendah. Saat ini selain Jepang dua negara lain yang juga berhasil mengoperasikan kereta Maglev adalah China dan Korea Selatan.

2. CRH380A

Pada posisi kedua ada CRH380A, sebuah kereta ai listrik berkecepatan tinggi milik China. Kereta ini dikembangkan oleh CSR Corporation Limited (CSR) dan saat ini diproduksi oleh perusahaan CSR Qingdao Sifang Locomotive & Rolling Stock Co.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BBup1zrOCky/ hidecaption=true]

Kereta ini tercatat memegang rekor sebagai kereta tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 486,1 kilometer per jam. Namun sekarang pengoperasiannya menggunakan kecepatan rata-rata 300 kilometer per jam dengan pertimbangan keselamatan..

3. Transrapid TR-09

Transrapid adalah proyek kereta monorail di Jerman yang telah dikembangkan sejak tahun 1934. Proyek tersebut sudah mengalami beberapa kali pengembangan hingga tahun 1991 secara teknis baik kereta dan rel sudah siap. Akan tetapi pengaplikasiannya di negara tersebut tak kunjung terealisasi.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFb8tEUuqRD/ hidecaption=true]

Padahal jika kereta monorail ini beroperasi akan memiliki kecepatan yang luar biasa yaitu sekitar 500 kilometer per jam. Pada tahun 2004 bukan Jerman yang mengoperasikan kereta tersebut. Komersialisasi kereta cepat Transrapid dilakukan oleh perusahaan China, Shanghai Maglev Train yang menghubungkan kota Shanghai menuju ke Bandara Internasional Shanghai Pudong dengan jarak 30 kilometer.

4. AGV Italia

AGV atau Automotrice a Grande Vitesse adalah sebuah kereta listrik berkecepatan tinggi yang dibuat oleh Alstom. Kereta ini terdiri dari 7-14 gerbong yang bisa diisi oleh 245-446 penumpang. Kecepatan rata-rata kereta ini sebanding dengan kecepatan mobil balap Formula 1 yaitu pada kisaran 360 kilometer per jam.

Kereta ini dipesan oleh perusahaan transportasi asal Italia bernama NTV pada tahun 2008. Perusahaan tersebut memesan 25 kereta yang layanannya dimulai pada tahun 2012 silam. Kelebihan yang dimiliki oleh kereta AGV ini antara lain dapat mengangkut jumlah penumpang yang lebih banyak, sistem keselamatan yang lebih modern serta efisiensi energi yang lebih baik.

5. Talgo 350

Talgo 350 adalah kereta cepat milik Spanyol yang punya kepala unik menyerupai paruh bebek. Kereta ini mulai beroperasi sejak tahun 2005 hingga sekarang. Pengoperasiannya sendiri dilakukan oleh perusahaan kereta nasional milik Spanyol bernama RENFE.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/270NnRHarf/ hidecaption=true]

Talgo 350 memiliki panjang 200 meter dengan kecepatan maksimal mencapai 330 kilometer per jam. Kereta ini melayani rute seperti Madrid ke Valencia, Valladoid dan Malaga menuju ke Barcelona. Nah, kalau liburan di Spanyol jangan lupa untuk mencicipi moda transportasi ini ya.

6. KTX 2

KTX 2 atau KTX-Sancheon merupakan kereta berkecepatan tinggi milik Korea Selatan. Kereta ini dibuat oleh perusahaan Hyundai Rotem pada tahun 2000-an dan baru dioperasikan oleh perusahaan transportasi Korail sejak Maret 2009.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BAP7ZjetB6x/ hidecaption=true]

KTX 2 bisa didesain dengan kapasitas yang beragam mulai dari 500 kursi, 384 kursi atau 268 kursi. Pada saat produksi kereta ini digadang-gadang akan memiliki kecepatan hingga 330 kilometer per jam. Akan tetapi pada saat digunakan kecepatan maksimum yang dihasilkannya hanya mencapai 305 kilometer per jam.

7. E5 Series Shinkansen Hayabusa

Kereta cepat berikutnya berasal dari keluarga Shinakansen, namanya adalah E5 Series Shinkansen Hayabusa. Kereta satu ini punya bentuk kepala yang unik berbeda dengan seri Shinkansen yang lainnya. Kapasitas penumpang kereta inipun terbilang sangat banyak dengan mampu menampung 731 penumpang.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGbjKIHLsqY/ hidecaption=true]

E5 Series Shinkansen Hayabusa mulai digunakan untuk melayani publik di pulau Hokkaido sejak 26 Maret 2016 yang dioperasikan oleh perusahaan bernama East Japan Railway Company (JR East). Menilik pada kecepatannya, kereta ini sanggup meluncur 320 kilometer per jam.

8. TGV Reseau

Sebelum pemerintah Prancis memesan TGV Duplex dengan daya tampung penumpang yang lebih besar, negara ini telah memiliki kereta cepat bernama TGV Reseau. Hanya saja kereta ini hanya memiliki kapasitas 361 kursi saja. Kereta ini dibangun pada rentang tahun 1992 hingga 1996.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BD87rAtgCUP/ hidecaption=true]

Masalah kecepatan TGV Reseau juga masih sedikit kalah cepat dibanding adiknya TGV Duplex. Kereta satu ini bisa mengantar penumpang dengan kecepatan maksimal 300 kilometer per jam.

9. TGV Duplex

Selain memproduksi kereta AGV yang digunakan di Italia, perusahaan Alstom juga memproduksi kereta TGV Duplex yang digunakan oleh pemerintah Prancis. Kereta tersebut dioperasikan oleh perusahaan transportasi nasional SNCF.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BBauxrcGKyZ/ hidecaption=true]

Kereta TGV Duplex dirancang untuk meningkatkan kapasitas penumpang. Dengan panjang kereta mencapai 200 meter kereta ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 508 orang. Kecepatan kereta ini pun tidak sembarangan yakni bisa meluncur dengan kecepatan lebih dari 320 kilometer per jam. So, jika ingin naik kereta cepat di Prancis kalian tahu harus pergi kemana kan?

10. THSR 700T

Kereta yang terakhir ini mampu meluncur dengan kecepatan 300 kilometer per jam. Namanya adalah THSR 700T, kereta kecepatan tinggi yang biasa traveler jumpai di Taiwan. Menariknya kereta ini bukanlah produk asli Taiwan melainkan berasal dari keluarga Shinkansen Jepang.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/3_Wnf0ycfE/ hidecaption=true]

THSR 700T adalah kereta buatan Kawasaki Heavy Industries, Nippon Sharyo, dan Hitachi, Ltd, Jepang sebuah perusahaan yang memproduksi kereta peluru Shinkansen. Seri “T” yang diberikan merujuk pada Taiwan. Yap, kereta ini adalah yang pertama diekspor ke luar negeri yang aman perusahaan transportasi Taiwan bernama Taiwan High Speed Rail Corporation (THSRC) memesan 30 unit kereta Shinkansen ke Jepang di tahun 2007 silam. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

10 Tempat Asyik Buat Jalan-Jalan Nunggu Buka di Tanah Jawa

Laundry Terbesar di Dunia ada di India!