in

10 Tempat Asyik Buat Jalan-Jalan Nunggu Buka di Tanah Jawa

Pulau Jawa sebagai daerah terpadat di Indonesia sekaligus dihuni oleh warga mayoritas beragama Islam menjadi salah satu daerah yang menjalani Ramadan paling meriah di Indonesia. Setiap daerah memiliki caranya sendiri dalam menyambut bulan suci bagi umat muslim di dunia ini. Kalau di negeri ini dikenal istilah ngabuburit atau jalan-jalan sore untuk menunggu bedug magrib tanda berbuka puasa.

Baca juga : Tempat Salat Ied dengan Jamaah Paling Berlimpah, Beberapa Diantaranya Ada di Negara Non-Muslim!

Tanah Jawa tidak pernah kekurangan tempat untuk ngabuburit. Setiap daerah memiliki tempat spesial yang dijadikan tujuan populer untuk kegiatan satu ini. Di antara begitu banyaknya tempat ngabuburit terselip beberapa nama yang cukup tenar hingga ke daerah lain, dan berikut 10 tempat asyik ngabuburit di pulau Jawa.

1. Jakarta Fair 2016

Bulan puasa tahun ini menjadi lebih spesial bagi warga Jakarta. Sebab agenda pameran terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara bertajuk Jakarta Fair 206 diselenggarakan pada bulan puasa hingga lebaran atau tepatnya sejak tanggal 10 Juni hingga 17 Juli 2016.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGmwY2YqE0Y/?tagged=jakartafair2016&hl=en hidecaption=true width=640]

Jakarta Fair 2016 mengambil tempat di Arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kehadirannya di bulan Ramadan bisa dijadikan salah satu tujuan ngabuburit warga Jakarta dan sekitarnya sambil mencari aneka macam kebutuhan termasuk kuliner khas berbagai daerah ada di sana.

2. Galabo Solo

Galabo adalah sebuah kawasan kuliner yang sangat populer di Solo dan menjadi salah satu rekomendasi ngabuburit atau buka bersama selama Ramadan. Galabo sendiri adalah singkatan dari Gladag Langen Bogan, sebuah kawasan yang mana pada siang hari hanya sebentuk jalan biasa dan berubah menjadi pusat kuliner saat sore hingga malam.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/6AHASnu3us/?tagged=galabosolo&hl=en hidecaption=true width=640]

Coba saja kunjungi Galabo mulai sore menjelang magrib, tenda-tenda pedagang makanan mulai memenuhi jalanan dan pengunjung pun mulai tumpah ruah di sana. Kuliner khas Solo seperti tahu kupat, tengkleng, sate dan lain-lain bisa traveler jumpai di tempat ini. Menariknya lagi traveler diberikan fasilitas wifi gratis.

3. Alun-Alun Bandung

Semua traveler yang sudah pernah mengunjungi alun-alun Bandung pasti setuju jika ini salah satu alun-alun paling keren yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di dekat Masjid Raya Bandung serta punya lapangan dengan rumput sintetik kian mempercantik rupa ruang publik ini.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGhZMVyyRMQ/?tagged=alunalunbandung&hl=en hidecaption=true width=640]

Saat ngabuburit ke alun-alun Bandung sebagian besar pengunjung akan bersantai di tengah lapangan seluas 1.200 meter persegi dengan rumput buatan tersebut. Mereka umumnya akan melakukan selfie di sana lantaran pemandangan dari tengah lapangan ini memang keren apalagi dengan mengambil background masjid rayanya.

4. Taman Sritanjung Banyuwangi

Meluncur ke ujung timur provinsi Jawa Timur ada Taman Sritanjung di Banyuwangi yang juga dikenal sebagai tujuan ngabuburit yang disukai banyak warga lokal. Tempat ini memiliki bangku-bangku di tengah taman yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati suasana asri Taman Sritanjung.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFqmub2vWkK/?tagged=tamansritanjung&hl=en hidecaption=true width=640]

Satu hal lagi yang bikin anak muda betah berlama-lama di Taman Sritanjung yaitu tersedianya akses internet gratis via wifi yang terpasang di sekitar taman. Sambil nunggu buka mereka bisa berselancar dunia maya dan lapar pun akan tidak terasa hingga bedug magrib bersuara.

5. Masjid Raya At Taqwa Cirebon

Pusat berkumpulnya warga yang sedang ngabuburit di Cirebon adalah di Masjid Raya At Taqwa. Yap, setiap Ramadan halaman masjid yang luas dijadikan tempat menggelar lapak para pedagang penjual takjil dan menu berbuka.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGZcxE5sJGY/?tagged=masjidattaqwa&hl=en hidecaption=true width=640]

Pada saat puasa ini pula beragam makanan khas yang jarang dijumpai di Cirebon pada hari biasa akan bermunculan. Tidak ada tempat lain yang bisa traveler jumpai di Cirebon kecuali kawasan di depan Masjid At Taqwa yang menjual aneka jajanan khas terlengkap di kota itu.

6. Tepi Jembatan Suramadu dan Taman Bungkul Surabaya

Setidaknya ada dua tempat menarik untuk dikunjungi di Surabaya selama menunggu waktu berbuka yaitu kawasan di tepi Jembatan Suramadu dan Taman Bungkul. Jembatan Suramadu memang menjadi ikon kota ini sekaligus objek foto yang cantik terlebih saat dipotret sore hari menjelang malam. Lampu-lampu penerangan makin mempercantik tampilan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BF8VKQoo37O/?tagged=jembatansuramadu&hl=en hidecaption=true width=640]

Sedangkan Taman Bungkul adalah taman yang pernah dinobatkan sebagai taman tercantik se-Asia. Fasilitas lengkap serta tempat yang nyaman menjadi alasan kuat untuk menghabiskan sore hari dengan bersantai di taman ini.

7. Taman Topi Bogor

Taman Topi Bogor menjadi satu dari beberapa tempat wisata di Bogor yang kerap dijadikan pilihan utama untuk ngabuburit selama bulan puasa. Pasalnya taman ini punya konsep yang unik dan ikonik serta mudah dijangkau.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFeQsumra7_/?tagged=tamantopibogor&hl=en hidecaption=true width=640]

Taman Topi terletak di Jalan Kapten Muslihat Bogor yang mana di dalamnya banyak arena bermain yang pas untuk rombongan wisatawan keluarga. Lagi pula di bulan puasa ini Taman Topi juga menjadi lokasi jualan berbagai menu sajian berbuka.

8. Simpang Lima Semarang

Baik di hari biasa ataupun puasa, kawasan Simpang Lima Semarang selalu menjadi pusat keramaian yang banyak dikunjungi warga dan wisatawan. Kawasan ini ibarat alun-alunnya kota Semarang yang terletak di jantung kota dan mudah diakses dari berbagai penjuru wilayah.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGmA2Y1kyFh/?taken-at=298135&hl=en hidecaption=true width=640]

Jalan-jalan berkeliling taman, berolahraga ringan, dan berburu jajanan khas Ramadan semua bisa dilakukan di satu tempat yaitu Simpang Lima Semarang ini. Saat adzan berkumandang traveler bisa sekalian melakukan salat berjamaah di masjid besar yang ada di seberang barat taman ini.

9. Pasar Kauman Yogyakarta

Bukan Malioboro bukan pula Alun-Alun Selatan, tempat yang paling semarak saat bulan puasa di Yogyakarta adalah kawasan Kampung Kauman di Gondomanan. Setiap sore di kampung ini digelar pasar kaget yang menempati lahan sebuah gang sepanjang 150 meter di Jalan KH. Ahmad Dahlan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/4G-LzYyDs_/?tagged=pasarkauman hidecaption=true width=640]

Inilah yang dinamakan Pasar Kauman yang telah tersohor hingga ke daerah lain. Di pasar ini aneka menu berbuka mulai dari lauk, takjil hingga makanan berat yang khas tersedia. Kalau kebetulan sedang berada di Yogyakarta dan masih bingung mencari menu berbuka, datang saja ke Pasar Kauman.

10. Alun-Alun Kota Batu

Sebagai salah satu alun-alun terindah di Indonesia dan satu-satunya yang memiliki bianglala, alun-alun Kota Batu selalu ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi tempat favorit warga setempat untuk rekreasi. Di bulan puasa alun-alun ini juga menjadi tempat ngabuburit yang menyenangkan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGJV3tSE-eB/?tagged=alunalunkotabatu&hl=en hidecaption=true width=640]

Alun-alun Kota Batu memiliki desain yang cantik dengan fasilitas-fasilitas unik. jadi selam menunggu waktu berbuka traveler bisa mencoba beberapa wahana permainan yang tersedia atau keliling taman sambil foto-foto, pasti rasa lapar akan sedikit terlupakan. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

8 Tempat Paling Hits Buat Ngabuburit Orang Solo

Deretan Kereta di Dunia yang Bisa Melesat Secepat Kilat, Perjalanan Traveling Jadi Makin Singkat