in , , ,

Jangan Terulang! Berikut Kesalahan Traveler Ketika Mengepak Koper

Banyak kesalahan packing dalam koper ketika ingin berlibur
Banyak kesalahan packing dalam koper ketika ingin berlibur

Liburan memang menjadi momen paling ditunggu-tunggu bagi siapapun. Saking senangnya, kadang kita menyiapkan segala sesuatunya dengan detail termasuk pakaian yang nantinya dipacking dalam satu koper. Nah, banyak teman traveler ketika menggunakan koper masih asal-asalan yang penting barang masuk dan muat dalam koper. Dikalangan traveler masih banyak juga kesalahan dalam mengepak, kira-kira apa saja sih kesalahan yang biasa terjadi ketika mengepak?

Baca juga : Hungry Kitten Malang, Surganya Pecinta Burger dan Steak yang Pas untuk Berbuka

Tidak Mendaftar Barang yang akan dibawa

Banyak kesalahan packing dalam koper ketika ingin berlibur
Banyak kesalahan packing dalam koper ketika ingin berlibur. Foto via ruparupa.com

Sebelum berpergian, sebaiknya daftarkan barang-barang kamu yang akan dibawa ketika berlibur. Kebiasaan tidak melist barang ketika berpergian menjadi momok disetiap traveler. Hingga berakhir kelupaan akan membawa barang yang penting, alhasil ditempat tujuan, mau tidak mau harus membeli lagi. Hal ini membuat biaya pengeluaran semakin membengkak.

Pakaian Lipat

Melipat dengan cara digulung membuat space koper lebih muat
Melipat dengan cara digulung membuat space koper lebih muat. Foto via pergiumroh.com

Banyak cara mengepak pakaian agar isi koper dapat memuat pakaian lebih banyak. Sayangnya masih banyak traveler yang melipat pakaian dengan cara seperti biasanya ketika habis dicuci. Padahal cara melipat pakaian agar lebih muat dikoper adalah dengan cara di gulung dan diikat dengan karet sehingga lebih aman dan tidak berantakan.

Barang Bawaan Melebihi Batas Berat

Liburan memang menjadi hal paling menyenangkan, saking senangnya kadang barang bawaan semakin membeludak. Banyak kejadian ketika tiba di bandara, barang yang melebihi muatan akan dikenakan biaya tambahan, hal ini membuat pengeluaran biaya tak terduga lebih banyak. Jadi sebaiknya cek kembali maskapai yang kamu pesan dan lebih pastinya timbang dengan seksama barang bawaanmu untuk tidak melebihi kapasitas.

Membawa Sepatu dan Sandal Berlebihan

Bawalah tidak lebih dari dua pasang sandal dan sepatu untuk berlibur. Foto via bukareview.com

Banyak sekali traveler yang membawa barang bawaan ketika berlibur. Apalagi demi kebutuhan fashion, mereka memilih untuk menambahkan sepatu demi penampilan. Buat kamu yang tetap bisa menjaga image, cobalah untuk membawa sepatu atau sandal tidak lebih dari dua pasang. Disamping menghemat isi kopermu, kamu juga akan menghemat berat kapasitas bawaan.

Tidak adanya Tas Lain untuk Pakaian Kotor

Kebiasaan para traveler terutama pria memang cenderung lebih simpel. Meski simpel kadang lupa diri akan barang bawaan, terutama pakaian. Banyaks ekali diantara mereka masih mencampur pakaian kotor dengan pakaian bersih karena tidak adanya tas lain. Jadi, jangan sampai lupa untuk membawa tas model godybag untuk wadah pakaian kotor.

Overpacking

Biasanya kaum perempuan akan terlihat kebingungan ketika barang bawaan melebihi perkiraan. untuk menghindari kejadian serupa, cobalah untuk mengurangi beberapa pakaian agar koper lebih muat. Ditempat kamu liburan sebaiknya cuci beberapa pakaian kotor dipenginapan atau bisa juga membeli baju untuk menambah koleksi.

Siapkan Dokumen di tempat yang Aman dan Benar

berbagai dokumen bisa kamu letakkan ditempat yang mudah dijangkau
berbagai dokumen bisa kamu letakkan ditempat yang mudah dijangkau. Foto via idntimes.com

Beberapa dokumen penting seperti Tiket, KTP, SIM, Paspor hingga kartu vaksin cobalah untuk ditaruh ditempat yang mudah diambil dan lebih aman. Untuk kamu yang keluar negeri, jangan sekali menyatukan atau menyelipkan kartu seperti KTP, SIM dibuku paspor karena sangat rentan terselip dan jatuh.

Beri Sisa Ruang

Traveling tanpa oleh-oleh rasanya hambar. Dimanapun kamu berada pastinya akan gatal jika tidak mencicipi makanan khas hingga membawanya pulang untuk oleh-oleh. Maka dari itu, siapkan ruang lebih dalam kopermu sebagai tempat ketika pulang ingin membawa oleh-oleh keluarga dirumah.

Pengepakan Menjelang Menit Keberangkatan

Banyak sekali teman traveler yang menggampangkan packing, dan mereka biasanya melakukannya di detik-detik terakhir sebelum keberangkatan. Ini membuat muatan kadang berlebihan dan banyak barang yang tidak diperlukan ikut terbawa lantaran sudah tidak ada waktu lagi untuk packing. Cobalah mengepak barang-barang mu sehari sebelum berangkat, sehingga akan tahu mana barang yang penting dan harus dibawa dengan barang yang tidak begitu penting. Next

ramadan
Jemaah Umrah Kalimantan Selatan Terlantar

Diduga Tertipu Agen Travel Umrah, 175 Jemaah Asal Kalimantan Selatan Terlantar di Jakarta

Ketinggalan Pesawat ketika transit menjadi hal mengerikan

Jangan Khawatir, Berikut Langkah Ketika Ketinggalan Pesawat Transit