in , , , ,

2 Tahun Vakum, Semarak Kirab Budaya Peringatan 17 Agustus di Monas

Kirab Budaya Bendera Merah Putih
Kirab Budaya Bendera Merah Putih

Iring-iringan budaya Bendera Pusaka digelar di Monas sangat epik dan meriah. Kirab ini digelar dalam acara Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus. Dimana kemeriahan ini adalah yang pertama kali setelah sekian lama terhenti akibat pandemi Covid-19. Kirab ini digelar dari Monas ke Istana Merdeka Rabu pagi 17 Agustus 2022 di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Baca juga : Bersiaplah untuk Menikmati Bandung dengan Cable Car

Kirab Budaya Bendera Merah Putih
Kirab Budaya Bendera Merah Putih dari Tugu Monas ke Istana Merdeka. Foto via detik.com

Kirab Budaya Bendera Pusaka ini mulai digelar pada tahun 2016 dan sempat terhenti ketika pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia di tahun 2020 dan 2021. Banyak masyarakat yang menyaksikan dengan suasana menyenangkan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Kereta kencana disiapkan untuk mengantar bendera pusaka dan naskah proklamasi
Kereta kencana disiapkan untuk mengantar bendera pusaka dan naskah proklamasi. Foto via tribunwiki.com

Prosesi kirab dilakukan diawali dari ruangan dalam cawan Monas dengan penyerahan duplikat bendera negara Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi. Dua benda paling bersejarah itu diserahkan oleh Heru Budi Hartono selaku Kepala Sekretariat Presiden kepada dua tim Purna Pasibraka Duta Pancasila, Kiara Maharani Putri dari SMAN 1 Garut dan Iren Odelia Astono dari SMA Santo Ignasius Singkawang.

berbagai pertunjukan budaya di acara kirab budaya bendera pusaka
berbagai pertunjukan budaya di acara kirab budaya bendera pusaka. Foto via cnnindonesia.com

Kedua putri pilihan negara ini mulai menaiki kereta kencana Ki Jaga Rasa yang ditarik oleh enam ekor kuda. Aksi ini diiringi para masyarakat menuju Istana Merdeka, seberang Monas. Iringan para masyarakat ini sengaja menggunakan busana adat dari seluruh nusantara. Pasukan drum band TNI, juga kepolisian, mengiringi dengan gagah. Ribuan masyarakat mulai berjejer dipinggir jalan menyaksikan dengan sangat gembira dan antusias.

Kirab kali ini dihadiri oleh perwakilan Raja raja Nusantara dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Mulai dariKesultanan Aceh Darussalam, Kesultanan Kutawaringin, Keraton Pontianak, Kesultanan Gowa, hingga Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Acara meriah ini mulai dibuka pukul 09.00 WIB hingga iring-iringan berjalan ke Istana Merdeka yang disambut dengan Presiden Joko Widodo.

Upacara pengibaran sang saka merah putih di istana merdeka 17 Agustus 2022
Upacara pengibaran sang saka merah putih di istana merdeka 17 Agustus 2022. Foto via pikiranrakyat.com

Acara dilanjutkan dengan Upacara Deti-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berjalan sangat kidmat. Pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih dilaksanakan sekitar pukul 10.17 WIB. Dan seluruh kegiatan Upacara Kemerdekaan di Istana Merdeka telah selesai tepat pukul 11.15 WIB. Next

ramadan

Mencari Kesejukan Surabaya di Wisata Mangrove Gunung Anyar, GRATIS!

Sejarah Kuliner Nusantara, Manjakan Lidah Hingga Mancanegara