in ,

9 Tempat di Pusat Kota Jogja yang Bikin Traveler Selalu Kangen Kembali ke Sana

Alun-Alun Kidul, via instagram

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak terlepas dari berbagai kabupaten yang masuk dalam lingkupannya. Menjelajah berbagai destinasinya menjadi begitu menarik karena beragam keistimewaan di setiap daerahnya. Berbagai tempat menarik berikut ini begitu dirindukan oleh banyak wisatawan. Jika berkunjung ke beberapa tempat berikut ini selalu menyajikan ciri khasnya yang siap menyambut serta mengisi sebagian hati Teman Traveler. Dimana saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Pulau Beralas Pasir, Surga Tropis Laut Cina Selatan

1. Malioboro Ikon Kota Jogja yang Selalu Jadi Destinasi Wajib Bagi Setiap Traveler

Berapa pun banyaknya pilihan tempat berlibur di Jogja kalau belum berkunjung ke Malioboro seakan terasa belum sah dikatakan berlibur di kota Pelajar. Itulah mengapa setiap kali traveler liburan di kota ini selalu menyempatkan mampir ke Malioboro meski sebelumnya mereka telah berkali-kali ke tempat ini.

Kawasan Malioboro, Jogja, via instagram
Kawasan Malioboro, Jogja, via instagram

Malioboro sebenarnya adalah nama sebuah jalan yang mana kawasan kanan kirinya dipenuhi oleh aktivitas perdagangan baik kuliner, toko pakaian, mall hingga hotel. Tempat ini memang sangat asyik untuk nongkrong pun juga tempat yang tepat untuk shopping. Dari kunjungan Travelingyuk beberapa kali di Malioboro hanya satu yang tidak berubah yaitu sulitnya mencari tempat parkir, toh setiap ke Jogja kita tidak pernah kapok untuk balik lagi ke sana. Aneh ya!

2. Benteng Vredeburg, Tempat Dimana Kamu Bisa Melihat Meriam Jadul Pada Masa Kolonial

Kalau sudah selesai bermain-main atau pun belanja di Malioboro, tempat berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Benteng Vredeburg. Lokasi benteng ini tidak jauh dari Malioboro tepatnya berada di Jalan A. Yani No. 6 Yogyakarta. Benteng peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1765 ini sekarang menjadi museum yang bisa dikunjungi wisatawan umum.

Benteng Vredeburg, via instagram
Benteng Vredeburg, via instagram

Di dalam Benteng Vredeburg ini traveler akan menemukan banyak meriam jadul yang digunakan pada masa kolonialisme. Selain itu didalam area benteng juga terdapat banyak bangunan kuno serta diorama perjuangan bangsa Indonesia sebelum proklamasi kemerdekaan. Ada pula foto-foto sejarah dan lukisan nasional yang akan semakin memperkaya wawasanmu mengenai sejarah nusantara. Terakhir kali Travelingyuk berkunjung ke Benteng Vredeburg tiket masuknya cukup murah yaitu rp. 2 ribu saja per kepala.

3. Bukan Tempat Wisata Namun Nol Kilometer Jogja Tetap Wajib Kamu Sapa

Jika daerah lain biasanya mengukur kilometer nol dari alun-alun kota maka lain halnya dengan Jogja yang menetapkan kawasan di dekat Malioboro sebagai titik nol daerahnya. Nol Kilometer Jogja adalah ruang terbuka di kawasan perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta. Tidak ada landmark spesial untuk menandai daerah ini, bukan pula tempat wisata namun datang ke tempat ini tetap wajib kamu lakukan.

Nol Kilometer Jogja, via instagram
Nol Kilometer Jogja, via instagram

Bangunan-bangunan sebagai tengara untuk menandai nol kilometer Jogja antara lain Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Kantor Pos Besar dan Gedung BNI serta ada pula Monumen Serangan Umum 1 Maret serta Monumen Batik. Kawasan nol kilometer ini adalah ruang terbuka yang umumnya asyik digunakan sebagai tempat nongkrong anak muda. Selain itu tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat melangsungkan pertunjukan seni hingga aksi demo.

4. Keraton Jogja, Terbesar dan Paling Terkenal di Indonesia, Sudah Pernah Masuk ke Dalamnya?

Destinasi berikut ini sangat terkenal sebagai tujuan karyawisata sekolah-sekolah yaitu Keraton Yogyakarta. Terletak di pusat kota tempat ini begitu populer sehingga mudah untuk ditemukan. Kenapa harus berkunjung ke keraton? Alasannya cukup sederhana, Keraton Jogja adalah satu-satunya keraton di Indonesia yang ukurannya paling besar dan masih terawat dengan baik hingga sekarang. Di samping itu Keraton Jogja juga menjadi satu-satunya keraton yang paling terkenal.

Keraton Jogja , via instagram
Keraton Jogja , via instagram

Di dalam keraton ini banyak tersimpan benda-benda peninggalan yang menyimpan cerita sejarah. Seperti misalnya naskah kuno, pusaka kerajaan, foto raja-raja di Jogja beserta keluarga dan kerabatnya. Lengkapnya koleksi yang dimiliki Keraton Jogja membuatnya dinobatkan sebagai pusat perkembangan kebudayaan Jawa.

5. Melakukan Uji Konsentrasi di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta

Kota Jogja itu sangat unik sebab memiliki dua alun-alun, pertama bernama Alun-Alun Utara dan yang kedua sekaligus yang paling terkenal dan menjadi ikon adalah Alun-Alun Selatan atau Alun-Alun Kidul disingkat dengan Alkid. Kalian semua sudah tahu kan keseruan apa yang kalian dapatkan dengan berkunjung ke Alkid Jogja?

Alun-Alun Kidul, via instagram
Alun-Alun Kidul, via instagram

Alun-Alun Kidul adalah tempat yang nyaman untuk nongkrong khususnya malam hari. Banyak angkringan yang berjualan di sana dengan menu yang khas termasuk kopi joss, minuman kopi yang penyajiannya menambahkan bara arang ke dalam minuman. Kegiatan lain adalah berkeliling alun-alun menggunakan becak cinta, semacam becak namun sudah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi bentuk mobil-mobilan dengan fasilitas full musik. Atau bermain Masangin, itu lho latihan konsentrasi melewati jalan antara pohon beringin kembar di tengah lapangan dengan mata ditutup.

6. Kunjungi Taman Sari, Tempat yang Dulu Digunakan Raja Untuk Bersantai Bersama Keluarga

Taman Sari merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Keraton Jogja. Tempat ini berada 1 km sebelah barat keraton yang mana dulu merupakan taman atau kebun istana Keraton Jogja. Taman Sari dibangun pada zaman Sultan Hamengku Bowono I pada tahun 1758-1765 yang awalnya berfungsi sebagai rumah peristirahatan bagi keluarga kerajaan.

Taman Sari, via instagram
Taman Sari, via instagram

Kini kompleks Taman Sari telah menyatu dengan pemukiman warga meski kesan klasik masih kental terasa pada beberapa bagian. Salah satu tempat yang paling terkenal di Taman Sari adalah kolam pemandian dengan bangunan tingkat di dekatnya. Konon dulu Raja akan berada di bangunan tingkat untuk melihat istri-istrinya mandi dan dari sana pula sang Raja akan memilih istri mana yang akan menemaninya saat itu. banyak tempat menarik yang bisa kamu eksplorasi di Taman Sari.

7. Wisata Edukasi di Taman Pintar, Pas Untuk Memperluas Wawasanmu

Tempat wisata yang terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta ini adalah tempat yang tepat untuk memperluas wawasan dan pengetahuanmu. Mengusung konsep wisata edukasi dan pendidikan, Taman Pintar adalah destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh traveler khususnya traveler keluarga dan juga rombongan karyawisata sekolah.

Taman Pintar, via instagram
Taman Pintar, via instagram

Taman Pintar adalah obyek wisata hasil dari buah pikiran dari Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE, Akt, MM yang selanjutnya dibangun diatas tanah seluas 12.000 meter persegi. Tempat ini menawarkan wahana belajar dan rekreasi yang cukup lengkap baik untuk anak-anak usia pra-sekolah hingga siswa sekolah menengah. Dari pada penasaran wahana apa saja yang ada di Taman Pintar, mending langsung berkunjung langsung ke lokasi guys.

8. Landmark Jogja yang Mendunia, Tugu Jogja

Siapa sih yang tidak tahu dengan Tugu Jogja, ikon sekaligus menjadi tengara yang sangat terkenal di Kota Gudeg. Umur tugu yang berada di tengah jalan antara Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan AM. Sangaji dan Jalan Pangeran Diponegoro ini umurnya sudah lebih dari 3 abad lho. Tugu yang kamu lihat sekarang ini adalah hasil pemugaran setelah sebelumnya memiliki tinggi asli 25 meter.

Tugu Jogja, via instagram
Tugu Jogja, via instagram

Kawasan Tugu Jogja ini sangat ramai dikunjungi anak muda pada malam hari. Mereka umumnya berfoto-foto dengan latar belakang landmark kota Jogja yang terkenal itu. Dengan foto di sebelah Tugu JOgja sudah bisa menjadi bukti sahih kalau kamu memang pernah datang ke Kota Pelajar ini.

9. Museum Sonobudoyo, Rugi Kalau Tak Kesini Sebab Musim Ini Adalah yang Terlengkap di Dalam Negeri

Terletak di Jalan Pangurakan No.6, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Museum Sonobudoyo adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi di daerah yang istimewa ini. Alasannya simpel karena museum ini adalah museum terlengkap yang dimiliki Indonesia setelah Museum Nasional yang ada di Jakarta. mau melihat koleksi keris terlengkap? Di museum ini tempatnya.

Museum Sonobudoyo, via instagram
Museum Sonobudoyo, via instagram

Museum Sonobudoyo menyimpan koleksi kesenian dan kebudayaan yang dulunya merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok yang bernama Java Institut dan berdiri pada tahun 1919 di Surakarta. Jangan bingung jika menemukan dua museum ini di Jogja sebab museum ini memang terbagi menjadi dua unit, satu di dekat keraton Jogja dan satunya lagi di kawasan Wijilan. Setidaknya Museum Sonobudoyo memiliki 10 jenis koleksi berupa Teknologi, Geologi, Seni Rupa, Biologi, Keramologi, Etnografi, Filologika, Arkeologi, Numismatika dan Historika.

Beberapa destinasi wisata di atas termasuk tempat yang wajib Teman Traveler kunjungi ketika berlibur ke Jogja. Belum lengkap jika belum berfoto di salah satu tempat iconic tersebut atau sudah pernah berfoto di berbagai tempat tersebut? Share pengalamanmu dan momenmu di kolom komentar ya! Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Alkisah Patung Knalpot di Purbalingga yang Bertuah

Weekend Seru di Farmhouse Susu Lembang, Peternakan ala Eropa di Bandung