in

Pilihan Tempat Wisata di Leicester, Kotanya Jawara Liga Inggris

Setahun yang lalu kota Leicester tidak banyak dikenal orang tapi setelah klub sepakbola kebanggaan kota ini menjadi kampiun Liga Inggris musim 2015-2016 banyak orang yang penasaran ingin tahu seperti apa rupa kota tersebut dan tempat wisata apa saja yang dimilikinya?

Baca juga : Pulau Sentinel, Pulau Terpencil Berisi Suku yang Ganas

Baca Juga :12 Tempat Wisata di Pulau Bintan, Permata di Barat Indonesia yang Begitu Menawan

Klub sepakbola Leicester dari Kota Leicester di County Leicestershire mencuri perhatian dunia dimana setelah tahun lalu berjuang keras keluar dari zona degradasi setahun berselang menjelma menjadi kekuatan raksasa yang menyingkirkan dominasi the big four, Manchester United, Chelsea, Arsenal dan Manchester City di kancah persepakbolaan Inggris. Tak ayal keberhasilannya menggondol gelar juara Liga Inggris bukan hanya meningkatkan pamor klub sepakbola itu sendiri namun juga membuat kota kelahirannya menjadi terkenal. Dirangkum Travelingyuk dari situs Visit Leicester, berikut tempat wisata di Leicester City yang bisa traveler kunjungi.

1. National Space Centre

Leicester sebetulnya adalah salah satu kota modern di Inggris. Selain itu kota ini juga dikenal sebagai kota seni, sejarah, budaya dan sepeda. Dengan begitu bisa dibayangkan akan banyak tempat seru yang bisa dijumpai di kota ini salah satunya adalah National Space Centre. Tempat ini selain berfungsi sebagai museum juga digunakan sebagai tempat wisata edukasi layaknya planetarium.

National Space Centre [image source]
National Space Centre [image source]
National Space Centre terletak di sebelah timur kota Birmingham dan dibuat atas kerjasama antara Space Research Centre University of Leicester dan pemerintah kota Leicester. Tempat ini disebut-sebut tempat terbaik untuk mengenal astronomi bahkan menjadi planetarium terbesar di Inggris. National Space Centre punya bangunan unik seperti spiral dengan patung astronot melayang di halamannya. Banyak peraga yang berhubungan dengan angkasa luar yang bisa dijumpai di dalam bangunan ini.

2. Dynasty Death and Discovery

Kota Leicester menyimpan sejarah panjang mengenai kekuasaan King Richard III yang pernah menjadi penguasa tanah Britania Raya selama 2 tahun. Seperti dilansir Travelingyuk dari situs Visit Leicester, Raja Inggris ini berkuasa selama dua tahun sebelum akhirnya gugur dalam pertempuran Bosworth di Leicester pada tahun 1485. Dari sana kemudian Leicester City dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir dari King Richard III.

Dynasty Death and Discovery [image source]
Dynasty Death and Discovery [image source]
Jasad King Richard III sendiri baru ditemukan pada tahun 2013 silam di lapangan parkir dewan kota Leicester. Kematian Raja Inggris ini menandai berakhirnya dinasti yang disebut dengan Perang Bunga Mawar dan menjadi akhir dari abad pertengahan. Meski secara otentik tengkorak King Richard III baru ditemukan 3 tahun lalu namun pemkot Leicester telah mendirikan Dynasty Death and Discovery sebagai museum yang didedikasikan untuk penguasa Inggris tersebut dimana di dalamnya traveler bisa melihat kisah dan sejarah hidupnya secara detil.

3. Wisata Belanja

Traveling ke Inggris, rekomendasi wisata belanja selalu tertuju pada kota London. Tapi tahukah kamu jika kota Leicester juga menjadi destinasi wisata belanja yang menyenangkan? Di dalam kota berlogo binatang rubah yang tidak terlalu besar ini terdapat 11 tempat belanja sekaligus tempat nongkrong yang asyik. Pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong bisa dijumpai di kawasan London Road, Narborough Road dan Church Gate.

Leicester Market [image source]
Leicester Market [image source]
Di tempat-tempat itu banyak berjajar kafe-kafe, pusat suvenir hingga pusat perbelanjaan lainnya. Namun jika berniat wisata belanja di Leicester sebaiknya pilih Leicester Market sebagai pilihan pertama. Ini adalah pasar tradisionalnya kota Leicester dan sejak lama menjadi tujuan belanja favorit warga Inggris. Mulai kebutuhan sehari-hari hingga segala macam gadget bisa dijumpai di pasar ini. Di pasar yang telah berumur 700 tahun sekaligus tercatat sebagai pasar outdoor terbesar di Eropa ini juga menjadi lokasi perayaan Paskah paling populer di Inggris.

4. Taman dan Ruang Terbuka Hijau

Leicester adalah kota modern yang tetap mengedepankan kenyamanan penduduknya. Terbukti di dalam wilayahnya terdapat sekitar 130 taman dan ruang terbuka yang sangat nyaman untuk rekreasi. Setiap taman mempunyai jalur sepeda sehingga berada di dalam taman ini pengunjung bisa menghirup udara segar bebas polusi.

Knighton Park di Leicester [image source]
Knighton Park di Leicester [image source]
Selain itu taman-taman di kota Leicester juga didesain dengan karakter yang berbeda-beda ada yang mengusung tema reruntuhan sejarah, taman bunga, lapangan olahraga serta tempat penangkaran hewan liar dan tak ketinggalan ada taman bermain. Dari sekian banyak taman yang terdapat di kota Leicester, beberapa diantaranya yang paling populer adalah Knighton Park, Abbey Park, Aylestone Meadows, Beaumont Park, Hamilton Park dan masih banyak lagi.

5. Museum Kota Leicester

Jangan lupa mengunjungi museum-museum yang ada di kota Leicester. Semua museum di kota ini memiliki induk di Museum Kota Leicester yang telah berdiri sejak tahun 1849. Awalnya museum ini hanya menyimpan benda koleksi berupa karya sastra seniman lokal dan benda-benda ilmiah. Selama ratusan tahun museum ini berkembang pesat dengan koleksi yang kian lengkap.

Museum Kota Leicester [image source]
Museum Kota Leicester [image source]
Saat ini Museum Kota Leicester membawahi beberapa museum lain di kota tersebut seperti New Walk Museum and Art Gallery, Guildhall and Cathedral, Jewry Wall Museum dan masih ada beberapa lainnya. Jenis barang koleksinya pun kian bertambah banyak termasuk koleksi fosil dinosaurus yang paling banyak disukai pengunjung.

6. Aneka Festival dan Perayaan

Sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan, kota Leicester secara rutin menggelar festival seni musik dan budaya. Bisa dikatakan bahwa kota ini hampir menyelenggarakan sebuah festival dan perayaan setiap bulan. Tidak hanya sekali namun bisa ada dua, tiga dan lebih banyak festival setiap bulannya.

Leicester Riverside Festival[image source]
Leicester Riverside Festival [image source]
Bisa dibayangkan jika berlibur di kota ini traveler akan dihibur dengan banyak sekali perayaan seru yang menjanjikan setiap wisatawan tidak akan pernah bosan. Untuk jadwal dan jenis festival yang diadakan di kota Leicester bisa traveler cek sendiri dengan membuka laman Visit Leicester.

7. King Power Stadium

Tempat yang terakhir ini wajib traveler kunjungi saat berada di kota Leicester. Adalah King Power Stadium, stadion sepakbola sekaligus markas besar dari klub sepakbola Leicester yang baru saja merayakan pesta kampiun juara Liga Inggris musim ini.

King Power Stadium [image source]
King Power Stadium [image source]
Nama stadion yang diresmikan tahun 2002 lalu ini diambil dari nama sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Vichai Raksriaksorn. King Power Stadium memiliki kapasitas penonton 32.262 tempat duduk. Kalau lagi beruntung bukan tidak mungkin kamu bisa ketemu bintang sepakbola semacam Jamie Vardy, Riyad Mahrez atau bahkan pelatih fenomenal Caludio Rainieri.

Baca Juga :8 Tujuan Wisata di Malang Kota yang Oke Punya

Itulah beberapa tempat wisata terpopuler di kota Leicester yang bisa traveler kunjungi. Kota Leicester sendiri bisa dijangkau dari kota London dengan perjalanan selama kurang lebih satu jam menggunakan kereta East Midlands Trains. Ukuran kota ini tidak terlalu besar, dan menariknya lagi di kota ini banyak terdapat rumah makan halal jadi cukup bersahabat untuk dijadikan destinasi wisata para traveler muslim. Jika dilihat dari peta, kota ini letaknya berada di utara kota London. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Ngetrip Tipis-Tipis ke Bundaran Jetak Bojonegoro

5 Kota Wisata Anti-mainstream yang Layak Dikunjungi Ketika Anda Berlibur ke Eropa