in , ,

Wisata Kuliner Khas Ngawi, Aromanya Bikin Ngiler!

Makanan khas Ngawi dengan cita rasa bumbu tradisional yang khas
Makanan khas Ngawi dengan cita rasa bumbu tradisional yang khas

Indonesia tak lepas dengan serbuan banyak traveler mancanegara. Wajar saja, suguhan alam yang indah serta wisata kulinernya mampu menghipnotis semua orang. Mulai dari kota besar hingga pelosok desa akan tersaji makanan khas yang siap memanjakan lidah mu. Termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur, kota Ngawi menjadi kota paling ujung Barat Jawa Timur ini mampu membuat banyak traveler luluh akan aroma nikmat berbagai makanan khas kota ini.

Baca juga : Sajian Kuliner Berbasis Tiga Negara Hanya di Dapur Babah Elite Jakarta

Makanan khas Ngawi dengan cita rasa bumbu tradisional yang khas
Makanan khas Ngawi dengan cita rasa bumbu tradisional yang khas. Foto via koranmemo.com

Cita rasa yang sungguh menggelora yang tidak akan kamu temukan dikota lainnya. Racikan bumbu rempah-rempah yang khas dan pastinya turun-temurun menjadi salah satu rahasia dari kuliner khas kota bambu ini. Nah, saat mengunjungi kota Ngawi, seakan terasa menyesal ketika tidak mencicipi makanana khasdari kota ini. Apa saja sih yang wajib kamu cicipi?

Tepo Tahu

Makanan ini mirip sekali dengan tahu telur dengan bumbu kacang yang kental. Bedanya, bumbu tepo tahu sedikit lebih berkuah. Daerah Jawa Timur lainnya biasanya disuguhkan dengan lontong ataupun nasi, namun di Ngawi disuguhkan dengan tepo. Tepo layaknya lontong namun memiliki tekstur lebih lembut.

Tepo Tahu makanan khas kota Ngawi
Tepo Tahu makanan khas kota Ngawi . Foto via youtube.com

Nah untuk kuahnya terbuat dari campuran kecap, air asam, dan racikan bumbu rempah lainnya. Toppingnya meliputi touge, kacang goreng, seledri, dan kuah asam yang beraroma khas.

Dodol Jambu Merah

Dodol Jambu Merah khas Ngawi sebagai oleh-oleh paling populer
Dodol Jambu Merah khas Ngawi sebagai oleh-oleh paling populer. Foto via kampoengngawi.com

Makanan ini pastinya tersedia di kota kota lainnya seperti Garut, Bandung, dan sebagainya. Namun, dodol Ngawi sangatlah jauh berbeda, kamu bahkan belum pernah mencoba dodol satu ini. Dodol ini terbuat dari ekstrak jambu merah yang disajikan menggunakan besek yang terbuat dari anyaman bambu. Bila ke kota Ngawi, banyak pelancong yang tidak lupa akan oleh-oleh satu ini.

Lethok

Makanan tradisional khas Ngawi adalah Lethok. Lethok adalah sebutan sambal tumpang yang terbuat dari tempe semangit. Tempe semangit adalah tempe yang sebelum diolah dibiarkan lebih dari 2 hari hingga mengalami fermentasi yang lebih lama. Cita rasa dari tempe memang terasa khas dengan campuran bumbu-bumbu rempah pilihan membuat aromanya terasa wangi dan menggairahkan.

Lethok sambal tumpang khas ngawi yang menggiurkan
Lethok sambal tumpang khas ngawi yang menggiurkan. Foto via foodnesia.net

Lethok biasanya disajikan dengan nasi hangat dan tempe goreng yang masih hangat. Apalagi dimakan ketika musim hujan. Rasanya sungguh nikmat. Next

ramadan

10 Inspirasi Ide Kostum Hallowen Ala Seleb, Siapa Nih yang Paling Menarik?

Omah duwur Restauran

Omah Dhuwur Restaurant Yogyakarta, Resto Unik Gaya Heritage Kekinian