in

Kunai, Senjata Andalan Ninja Jepang Penusuk Wiranto

Meskipun kecil, tapi bisa membuat luka yang dalam

Indonesia terperanjat, karena salah satu pejabat yakni Wiranto telah diserang oleh orang tak dikenal. Bukan menggunakan pisau atau pistol seperti pada umumnya, melainkan dengan kunai. Senjata tajam kecil yang kerap dipakai ninja untuk melawan musuhnya. Kalau kalian ingin tahu lebih lanjut tentang senjata ini, bisa simak ulasan berikut. 

Baca juga : Negara yang Terapkan Travel Advice ke Indonesia Akibat Demo, Mana Saja?

Sejarah Singkat Tentang Kunai 

kunai
Digunakan ninja sebagai senjata via shutterstock

Senjata yang digunakan untuk menyerang Wiranto ini berasal dari Negara Jepang. Kunai sudah muncul sejak era Kaisar Taisho yang memang menjadi senjata dari para ninja. Ada dua jenis kunai yang perlu kalian ketahui, yakni besar dan kecil. Kunai besar berukuran 35 hingga 48 cm disebut sebagai ‘daikunai’. Sedangkan kunai kecil berukuran 18 cm disebut sebagai ‘shokunai’. Biasanya, para ninja menyimpan senjata mungil ini di balik baju supaya tidak terlihat oleh orang lain. 

Berfungsi Sebagai Pertahanan Ninja dari Musuh 

kunai
Digunakan untuk pertahanan ninja via instagram/chaudsutanbagindo

Sebagai senjata, kunai digunakan sebagai pisau kecil tambahan dalam pertempuran. Senjata ini digunakan untuk mengiris atau menikam musuh dalam pertempuran jarak dekat. Untuk pertempuran jarak jauh, senjata ini bisa digunakan sebagai pisau lempar.

Butuh teknik khusus apabila ingin menggunakannya untuk pisau lempar. Ini dikarenakan pelemparan sering tidak tepat sasaran. Namun, untuk menyiasati itu semua, ninja kerap melumuri mata kunai dengan racun.

Ada Fungsi Lain 

Digunakan untuk memanjat via instagram/dailyapex

Meskipun digunakan sebagai senjata, senjata ini sebenarnya punya fungsi lain. Dilansir dari buku ‘Classical Weaponry of Japan: Special Weapons and Tactics of the Martial Arts’, kunai sebenarnya adalah perkakas sehari-hari untuk menggali, mirip cetok atau sekop, tapi berbentuk datar. Selain itu, benda ini juga bisa menjadi alat bantu untuk memanjat, dengan cara diikat dan dilemparkan ke tempat yang tinggi. 

Memiliki Kekuatan yang Luar Biasa  

Bisa untuk menghancurkan tembok via instagram/insaneknives

Selain bisa digunakan untuk melukai manusia, benda ini ternyata punya kelebihan luar biasa yang tak disangka. Adalah bisa menghancurkan tembok yang sangat tebal. Ini terbukti dengan ninja yang dulu kerap menggunakannya untuk menghancurkan pagar dan membuat lubang melalui dinding kastil. Jika dinding tidak cukup tebal, ninja dapat mematahkan dinding menggunakan alat ini saja. Namun, dalam melakukan hal ini perlu mempelajari sebuah ilmu khusus terlebih dulu. 

Itulah informasi singkat mengenai kunai yang kini jadi bahan pembicaraan publik. Walaupun ukurannya kecil, tapi mampu membuat luka yang cukup dalam. Maka dari itu, kunai sebaiknya tidak diperjualbelikan secara bebas, karena ditakutkan bisa dibeli oleh anak-anak.  Next

ramadan

Pura Taman Ayun Mengwi, Terapung Megah di Atas Danau

Panorama indah sekitar Gili Kondo

Gili Kondo, Surga Mungil Pelepas Stress di Lombok Timur