in

Laguna di Laut? Bukan, Laguna Ini Ada di Gurun Pasir!

Lencois Maranhenses, via instagram

Jika umumnya laguna itu ada di laut maka lain halnya dengan laguna yang ada di negara Brasil. Laguna ini berada di darat, bahkan yang lebih mencengangkan lagi lokasinya ada di tengah gurun pasir yang terkenal tandus. Wow!

Baca juga : 3 Wisata di Jawa Timur yang Bernuansa Jepang, Indahnya Enggak Ketulungan

Secara umum laguna diartikan sebagai kumpulan air asin yang terpisah dari lautan karena terhalang oleh pasir, batu karang dan sebagainya. Tapi definisi ini tidak berlaku untuk laguna di Brasil, sebab terbentuknya laguna dan lokasi keberadaannya sama sekali tidak mewakili definisi dari laguna itu sendiri.

Lencois Maranhenses, via instagram
Lencois Maranhenses, via instagram

Inilah Lencois Maranhenses, gurun pasir sekaligus taman nasional yang terletak di sebelah timur Teluk Baia Sao Jose, Negara Bagian Maranhao, Brasil. Dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, gurun pasir ini diyakini telah terbentuk selama ribuan tahun akibat dari endapan pasir bawah sungai yang terbawa angin. Gurun ini sendiri berada di dekat Sungai Preguicas dan hutan Amazon serta menempati lahan seluas 1.500 km persegi.

Lencois Maranhenses adalah laguna di tengah padang pasir, via instagram
Lencois Maranhenses adalah laguna di tengah padang pasir, via instagram

Saat musim hujan yang berlangsung mulai bulan Juli hingga September, cekungan-cekungan gurun ini akan terisi oleh air dan terciptalah laguna-laguna cantik. Saat itu kawasan Lencois Maranhenses akan dikunjungi banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. Laguna yang bersifat temporary ini memang mampu memikat wisatawan dengan keindahannya.

Laguna ini hanya ada saat musim penghujan, via instagram
Laguna ini hanya ada saat musim penghujan, via instagram

Jumlah laguna ini pun sangat banyak, sebanyak cekungan yang ada di gurun tersebut. Jadi traveler tidak perlu berebut kolam karena mereka bisa memilih kolam pribadinya sendiri. Air laguna ini sangat jernih, bahkan yang membuat aneh adalah adanya ikan di dalam kolam ini. Ternyata ikan tersebut dibawa oleh burung dari sungai yang membawa telur ikan dan menetas di dalam laguna.

Mumpung sebentar lagi Brasil memasuki musim hujan, traveler bisa memasukkan Lencois Maranhenses ke dalam bucketlistmu. Lantas bagaimana cara mengunjungi tempat ini? Caranya traveler bisa melakukan start dari Kota Fortaleza, menuju Kota Sao Luis menggunakan pesawat. Setelah itu lanjut naik bus ke kota Barreinhas yang akan memakan waktu sekitar 3 jam. Have fun guys! Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Suguhan Alam Jawa Timur Lewat 12 Air Terjun Keren Untuk Tujuan Berlibur

Nikmatnya Makanan Khas Manado yang Dijamin Bisa Menggoyang Lidah