in ,

Suguhan Alam Jawa Timur Lewat 12 Air Terjun Keren Untuk Tujuan Berlibur

Air Terjun Toroan, Sampang, via instagram

Menikmati keindahan alam bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari bersantai di pantai, mendaki ke puncak gunung sampai basah-basahan di bawah air terjun. Kebetulan jika kalian memilih liburan di provinsi Jawa Timur maka semua pilihan diatas bisa ditemukan. Provinsi di timur Pulau Jawa ini memang punya pilihan tempat wisata yang komplit.

Baca juga : Wisata Bersejarah di Kuil Wat Umong Suan Phutthatham Thailand

Kali ini Travelingyuk akan menguak suguhan alam Jawa Timur lewat kekayaan air terjunnya. Seperti diketahui bahwa provinsi ini punya kontur yang mayoritas berupa pegunungan sehingga banyak sekali air terjun yang mengalir di berbagai daerah di Jawa Timur. Dari pada bingung mencari satu per satu air terjun di setiap kabupatennya, berikut Travelingyuk kumpulkan 12 air terjun di provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia ini yang layak traveler sambangi.

1. Coban Rondo, Malang

Siapa sih yang tidak terpikat dengan kemolekan Coban Rondo, sudah cantik akses ke lokasi juga sangat bersahabat. Apalagi air terjun yang berada di desa Pandesari, kecamatan Pujon, kabupaten Malang ini telah dikembangkan sebagai tempat wisata komersil yang otomatis pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang memudahkan para pengunjung.

Coban Rondo, Malang, via instagram
Coban Rondo, Malang, via instagram

Coban Rondo menjadi salah satu andalan wisata pemkab Malang yang banyak menggaet wisatawan dari berbagai daerah. Ukuran air terjun ini pun lumayan tinggi dan berada di kaki Gunung Kawi. Buat traveler yang tertarik untuk berlibur ke Coban Rondo untuk selalu waspada jangan bermain terlalu dekat dengan air terjun. Sebab belum lama ini Coban Rondo mengalami longsor dan sempat ditutup sementara.

2. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Traveler tentu sudah mengenal air terjun berikut ini. Namanya Air Terjun Madakaripura dan letaknya di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Lokasi air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo, via instagram
Air Terjun Madakaripura, Probolinggo, via instagram

Keberadaan air terjun ini sangat spesial karena dipercaya pernah digunakan sebagai tempat bersemedi Patih Gajah Mada. Bentuk air terjun ini sangat unik, aliran airnya yang jatuh dari ketinggian ratusan meter membentuk pemandangan seperti tirai raksasa. Tak heran jika traveler menobatkannya sebagai air terjun paling indah di Jawa Timur.

3. Coban Pelangi, Malang Raya

Beralih ke kaki gunung tertinggi di pulau Jawa, Semeru. Di sana tersimpan sebuah penampakan air terjun yang tak kalah keren dengan Coban Rondo di kaki gunung Kawi. Air terjun tersebut bernama Coban Pelangi. Air terjun yang indah ini bisa traveler jumpai sekitar 35 kilometer keluar kota Malang atau masih di dalam kawasan Taman nasional Bromo Tengger Semeru.

Coban Pelangi, Malang Raya, via instagram
Coban Pelangi, Malang Raya, via instagram

Pemberian nama pelangi untuk air terjun ini pun bukan tanpa alasan. Debit air terjun ini sangat deras dan jatuh dari tebing yang sangat tinggi. Percikan airnya menghasilkan hujan abadi, di saat siang yang terik sinar matahari yang mengenai percikan air tersebut akan terbiaskan dan menghasilkan pelangi yang indah. Itulah mengapa kemudian warga menamai air terjun ini dengan Coban Pelangi.

4. Coban Talun, Kota Batu

Coban Talun adalah air terjun yang secara administratif berada di wilayah dusun Junggo, desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Namanya memang belum setenar Coban Rondo atau Coban Pelangi tetapi keindahannya mampu menyaingi. Beberapa foto yang diunggah traveler di instagram menunjukkan bahwa keindahan Coban Talun tidak main-main, berbekal lanskap alam yang asri air terjun ini menampilkan wajah ayu yang terlihat seperti wallpaper layar komputer.

Coban Talun, Kota Batu, via instagram
Coban Talun, Kota Batu, via instagram

Air terjun setinggi sekitar 75 meter ini terdiri dari batuan cadas di sekitar terjunan airnya serta dinding tebing yang hijau dan air yang mengalir deras menjadi kombinasi yang sempurna untuk memanjakan mata. Waktu terbaik berkunjung ke air terjun ini adalah di siang hari saat cuaca cerah. Saat itu traveler akan disuguhi pemandangan pelangi yang terbentuk dari percikan air terjun yang terkenal sinar matahari.

5. Coban Sumber Pitu, Malang

Masih di Malang ada satu lagi air terjun yang tidak boleh dilewatkan yaitu Coban Sumber Pitu di desa Pujon Kidul, kecamatan Pujon. Sesuai dengan namanya air terjun ini punya tujuh terjunan air dengan debit yang tidak terlalu deras. Air yang jatuh dari atas tebing ini mengalir melewati dinding tebing yang penuh tanaman hijau. Hasilnya, terlihat seperti tirai putih yang begitu indah.

Coban Sumber Pitu, Malang, via instagram
Coban Sumber Pitu, Malang, via instagram

Traveler yang kepincut dengan keindahan Coban Sumber Pitu harus menyiapkan fisik sebelum datang ke lokasi. Sedikit informasi dari para traveler yang sudah pernah datang ke lokasi, Coban Sumber Pitu belum punya akses jalan yang memadai. Satu-satunya cara untuk sampai di bawah terjunan airnya adalah dengan trekking selama satu jam. Tapi traveler tak usah khawatir tidak kuat, sebab sepanjang rute ke lokasi traveler akan disuguhi dengan alam yang indah. Belum lagi kalau tiba di depan air terjun, indahnya bakal bikin pengunjung tertegun.

6. Air Terjun Blawan, Bondowoso

Berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Air Terjun Blawan berada. Air terjun ini satu dari beberapa air terjun yang ditemukan di kaki Gunung Ijen. Sumber airnya berasal dari rembesan kawah gunung yang terkenal dengan fenomena blue firenya.

Air Terjun Blawan, Bondowoso, via instagram
Air Terjun Blawan, Bondowoso, via instagram

Air terjun ini kurang bersahabat dikunjungi oleh traveler kota yang tidak suka dengan kegiatan petualangan di alam bebas. Sebab akses menuju ke lokasi sangat sulit dan butuh perjuangan. Uniknya lagi air terjun ini tidak jatuh ke permukaan bumi namun langsung masuk ke dalam terowongan yang ada di bawahnya serta mengalir melalui sungai bawah tanah dan akan muncul kembali di kawasan Asembagus, Situbondo sebelum akhirnya bermuara di Laut Jawa.

7. Air Terjun Nglirip, Tuban

Air terjun berikutnya adalah air terjun Nglirip yang terletak di Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Penampakan fisik air terjun ini memang tiada duanya dengan air yang mengalir deras dari ketinggian 30 meter menghasilkan percikan air yang segar saat mengenai wajah dan tubuh.

Air Terjun Nglirip, Tuban [image source]
Air Terjun Nglirip, Tuban [image source]
Tidak seperti air terjun keren lainnya yang menjadi tempat romantis bagi pasangan muda untuk memadu kasih. Di air terjun Nglirip ini hampir tidak terlihat orang berpacaran meski di musim padat pengunjung. Hal tersebut terkait mitos yang menyatakan bahwa setiap pasangan bukan muhrim pacaran di sekitar air terjun ini maka tidak sampai 40 hari hubungan tersebut bakal kandas. Mungkin ada yang berminat membuktikan mitos ini?

8. Air Terjun Tretes, Jombang

Jombang menjadi tujuan berikutnya jika kamu mau menikmati indahnya pemandangan air terjun. Sebab di kabupaten ini terdapat air terjun tertinggi di Jawa Timur bernama Air Terjun Tretes. Meski dalam beberapa artikel ketinggian air terjun ini diestimasikan berbeda-beda namun satu hal yang menyamakannya yaitu ketinggian air terjun ini lebih dari 100 meter dari permukaan tanah.

Air Terjun Tretes, Jombang [image source]
Air Terjun Tretes, Jombang [image source]
Air terjun Tretes berada di ketinggian sekitar 1.250 mdpl dan memiliki dua cabang layaknya air terjun pengantin. Lokasinya cukup tersembunyi di dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo di Gunung Jurug Guah dalam komplek Gunung Anjasmoro. Dengan begitu keberadaan air terjun ini masih sangat aman dari tangan jahil traveler nakal. Secara administratif air terjun Tretes berada di wilayah Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur.

9. Coban Sewu, Lumajang

Dinamakan Coban Sewu lantaran air terjun di perbatasan antara Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang dan Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang ini mempunyai banyak aliran yang menjadi satu kesatuan membentuk pemandangan alam yang begitu indah. Tidak sedikit traveler yang menjuluki air terjun ini sebagai Niagaranya Jawa Timur.

Coban Sewu, Lumajang [image source]
Coban Sewu, Lumajang [image source]
Menikmati keindahan Coban Sewu bukanlah perkara mudah sebab setiap traveler harus melakukan trekking selama 40 menit membelah hutan dan menyeberangi sungai. Traveler dihimbau untuk selalu berhati-hati saat mengambil gambar air terjun ini dari atas tebing sebab kondisi medan yang terjal terlalu beresiko, hal ini merujuk ada insiden mahasiswa yang jatuh dari tebing saat mengambil foto air terjun dengan nama lain air terjun Tumpak Sewu ini.

10. Air Terjun Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Tiga daftar terakhir adalah air terjun yang spesial karena letaknya berada di tepi pantai jadi pengunjung bisa menikmati keindahan dari dua jenis tempat wisata bertema alam yang berbeda. Yang pertama adalah Air Terjun Pantai Banyu Tibo yang terletak di desa Widoro, kecamatan Donorojo. dari pusat kota Pacitan, pantai ini bisa diakses dengan mengambil rute yang searah dengan Pantai Klayar maupun Gua Gong.

Air Terjun Pantai Banyu Tibo, Pacitan, Travelingyuk
Air Terjun Pantai Banyu Tibo, Pacitan, Travelingyuk

Pantai ini hanya memiliki pesisir yang sempit hanya berbentuk cekungan di bawah bukit dimana dari bukit tersebut mengalir sungai yang menjadi air terjun. Air terjun ini jatuh di pantai dan airnya langsung mengalir ke laut. Traveler bisa bermain di bawah guyuran air dengan cara menuruni tangga yang disediakan pengelola. Tapi saat pasang naik, traveler dilarang berada di tepi pantai.

11. Air Terjun Toroan, Sampang

Beralih ke kabupaten Sampang, Pulau Madura atau tepat di daerah desa Katapang Jaya, kecamatan Ketapang ada air terjun tepi pantai lain yang bernama Toroan. Air terjun ini tepat berada di tepi pantai. Kolam di bawah air terjun biasa digunakan bermain oleh pengunjung. Lokasinya relatif aman dari deburan ombak sebab di sekitar lokasi terdapat batu besar yang menjadi penahan ombak.

Air Terjun Toroan, Sampang, via instagram
Air Terjun Toroan, Sampang, via instagram

Air Terjun Toroan sangat populer di Madura pasalnya ini adalah satu-satunya air terjun yang berada di pulau tersebut. Karena potensi besar yang dimilikinya dalam beberapa waktu terakhir pemerintah setempat mulai serius membenahi fasilitas yang ada di pantai ini.

12. Banyu Anjlok, Malang

Dari sedikit air terjun unik yang langsung jatuh ke laut, tiga diantaranya berada di wilayah Jawa Timur. Setelah Banyu Tibo di Pacitan, Air Terjun Toroan di Madura yang terakhir ini berada di Malang bernama Banyu Anjlok. Air terjun ini berada di tepi pantai dan airnya langsung mengalir ke laut.

Banyu Anjlok, Malang, via instagram
Banyu Anjlok, Malang, via instagram

Banyu Anjlok terletak di daerah Dampit, desa Tirtoyudo, kabupaten Malang. Berkunjung ke Banyu Anjlok yang terbaik adalah saat musim hujan seperti sekarang. Sebab saat itu debit air terjun akan melimpah dan bikin pengunjung bakal betah berlama-lama di pantai ini.

Itulah air terjun-air terjun cantik yang ada di Jawa Timur. Sudah pernah berkunjung ke daftar air terjun paling keren di atas? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Menyingkap Fakta Unik Air Terjun Victoria di Zambia

Laguna di Laut? Bukan, Laguna Ini Ada di Gurun Pasir!