in

Situs Megalitikum di Poso ini Mirip dengan Pulau Paskah di Pasifik

Lembah Bada [image source]

Poso mungkin tidak seterkenal Makassar yang memiliki ragam wisata bahari sehingga kamu bisa melakukan island hopping. Selain itu, kota yang terletak di Sulawesi Tengah ini juga tidak sekondangĀ  Bunaken yang ada di Manado. Namun diam-diam justru memiliki beberapa destinasi wisata menarik yang sebagian besar terletak di Taman Nasional Lore Lindu.

Baca juga : Pantai di Nusa Penida yang Siap Manjakan Mata dan Rilekskan Pikiranmu!

Di taman nasional yang memiliki luas 2.180 kilometer persegi ini, kamu bisa menemukan banyak sekali lembah yang menarik. Mengapa menarik? Karena lembah di sini berbeda dengan daerah lain. Kalau di Sumbawa lembah hijaunya memiliki banyak kuda, di sini kamu bisa menemukan banyak peninggalan megalitikum yang memukau. Berikut ulasan tentang Lembah Besoa yang memiliki sejuta pesona.

Lembah Penuh Misteri yang Menakjubkan

Lembah Besoa [image source]
Secara administrasi, Lembah Besoa yang menjadi incaran para pelancong dan juga peneliti ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL). Dengan luas mencapai ribuan kilometer persegi, kawasan ini memiliki banyak hutan yang masih alami, satwa endemis yang memukau seperti tarsius, dan deretan lembah yang mengagumkan.

Lembah Besoa yang indah [image source]
Dari beberapa lembah yang hadir dan dikelilingi bukit, Lembah Besoa adalah yang terbaik. Di lembah yang dikelilingi sawah dan pegunungan ini, kamu bisa menemukan banyak situs megalitikum. Banyak patung batu dengan bentuk mirip manusia yang berdiri di atas tanah atau sedikit muncul ke permukaan.

Penuh Tantangan Sebelum Sampai Tujuan

Lewat jalan hutan TNLL [image source]
Sebelum sampai ke kawasan yang cukup tersembunyi di dalam hutan yang tebal, kamu harus melalui medan yang cukup ganas. Saat musim hujan, jalanan yang terletak di tengah hutan akan dipenuhi lumpur. Untuk menerobos kamu membutuhkan kendaraan besar seperti jeep atau motor trail yang kadang masih terperangkap.

Patung batu di dalam hutan [image source]
Disarankan memang datang ke sini saat musim kemarau saja. Selain menghindari medan yang cukup menantang, hujan-hujan di tengah hutan yang masih liar dan dipenuhi binatang buas juga sangat berbahaya. Jadi, sebelum membelah hutan, pikirkan terlebih dahulu dengan matang.

Hamparan Situs Megalitikum yang Penuh Pesona

Hamparan situs megalitikum [image source]
Setelah perjalanan yang cukup menantang dan melelahkan, kamu akan tiba di padang yang sangat luas dan dipenuhi oleh situs megalitikum. Banyak patung batu yang sampai sekarang tidak juga diketahui siapa pembuatnya dan fungsinya untuk apa. Semua berjajar dan ada beberapa yang masih terpendam dan dibiarkan begitu saja agar keasliannya terjaga.

perkakas dari batu [image source]
Selain patung batu yang masih berselimut misteri, beberapa batu dengan model kuali atau alat masak juga ditemukan di sini. Semuanya masih lengkap meski beberapa di antaranya pecah karena ulah manusia atau faktor alam. Rata-rata benda megalitikum yang ditemukan di sini berusia ribuan tahun.

Rumah Kuno yang Memukau di Besoa

Rumah Kuno Besoa [image source]
Selain menemukan banyak patung batu yang sangat tua, kamu juga bakalan menemukan rumah kuno yang kerap dijadikan spot berfoto. Rumah yang berbentuk segi empat dengan atap piramida ini dilapisi oleh daun rumbia serta beberapa ijuk. Bagian bawah dari rumah ini disangga oleh kayu dan tidak memiliki dinding pelindung.

Rumah Tambi di Besoa [image source]
Dahulu kala, rumah yang memiliki nama Tambi ini digunakan oleh para bangsawan kerajaan. Mereka tinggal di sini untuk hidup dan berumah tangga. Oh ya, rumah ini biasanya memiliki tanduk kerbau pada bagian atasnya untuk menandakan status sosial dari yang memiliki hunian. Semakin banyak atau besar tanduk kerbau, status mereka semakin tinggi.

Lore Lindu yang Menyimpan Cerita Masa Lalu

Lembah Bada [image source]
Seperti yang telah dinukil di atas, Lembah Besoa terletak di dalam Taman Nasional Lore Lindu. Di dalam kawasan hutan ini ada beberapa lembah lain yang ternyata memiliki pesona mirip Besoa. Lembah itu bernama Bada dan memiliki cukup banyak situs megalitikum yang sama-sama menakjubkan.

Lore Lindu [image source]
Hadirnya lembah dengan banyak potensi megalitikum di Lore Lindu membuat taman nasional ini jadi penuh misteri. Banyak sekali cerita masa lalu tersimpan dan belum juga diketahui asal muasalnya. Jika saja situs megalitikum itu diketahui siapa pembuatannya, mungkin kita akan tahu seperti apa peradaban yang besar di Sulawesi Tengah.

Nah, demikianlah ulasan singkat tentang Lembah Besoa yang sangat memikat itu. Semoga bisa dijadikan referensi bahan penjelajahan kamu selanjutnya ketika bertandang ke Sulawesi.

Nama: Lembah Besoa
Alamat: Di dalam kawasan Taman Nasional Lore Rindu, Sulawesi Tengah

Next

ramadan

10 Rekomendasi Tempat Menginap dengan Suasana Unik di Belitung

7 Soto Banjar dengan Citarasa Otentik di Banjarmasin