in , ,

Ini Dia, 6 Makanan Khas Brebes Wajib Kamu Coba!

Kepiting Soka
Kepiting Soka

Jalan-jalan rasanya tidak sedap bila tak mencicip makanan khas daerah tersebut. Tiap daerah, sejatinya memiliki masakan khas yang wajib untuk diicipi. Terlebih ketika kamu singgah ke Kota Brebes, ragam kulinernya patut diacungi jempol, sangat nendang dilidah! Meski Brebes sebagai kota kecil namun jangan salah, urusan kuliner mampu membuatnya populer hingga pelosok nusantara.

Baca juga : Flying Fox Pantai Taman Pacitan, Picu Adrenalin Pengunjung

Nah, apa saja sih masakan khas Brebes yang sanggup membuat banyak traveler terpikat? Yuk simak ulasan dibawah ini!

Sate Blengong

Rasanya kuliner satu ini bakal mudah ditemukan diberbagai sudut Indoneisa. Mulai dari resto berbintang hingga kaki lima, sate akan tetap menamani wisata kulinermu. Namun, sate satu ini ternyata menjadi makanan khas Brebes yang cukup terkenal. Selagi ke Brebes pastinya tidak ketinggalan dengan Sate Blengong. Secara umum sate Blengong layaknya satu pada umumnya.

Sate blengong dengan daging yang ditusuk memanjang membuat puas memakannya. Foto via ksmtour.com

Perbedaannya hanya pada ukuran sate yang lebih panjang. Nah, daging yang digunakannya pun memakai daging mentok atau bebek. Rasanya sangat unik karena serat daging tetap lembut dan juicy. Buat kamu yang yang penasaran ingin mencicipi sate Blengong ini cobalah mengunjungi beberapa kedai di area Islamic Center Pasar Batang. Disana banyak warung penjual sate Blengong dengan harga Rp. 60.000 per 20 tusuk atau disebut sebagai kodian.

Soto Batok Brebes

Soto memang terkenal juga di Kota Brebes. Namun bedanya soto khas Brebes ini adalah cara penyajiannya yang menggunakan bathok kelapa. Selain itu, kuah soto lebih bening dari soto pada umumnya, namun pemakaian bumbu rempah tetap menjadi ciri khas cita rasa yang unik. Toping yang digunakannya pun selalu beragam, mulai dari irisan kentang, hati ayam, telur rebus dan ayam suwir.

Soto Bathok Brebes sangat laris manis di kota satu ini. Foto via pikiran.rakyat.com

Bagi kamu yang menyukai sajian toping daging sapi dan jeroan bisa request seseuai selera. Rata-rata harga soto bathok ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 8.000 hingga Rp. 15.000 tergantung dengan toping yang kamu pilih.

Kepiting Soka

Nah, ini dia masakan primadona warga Brebes, Kepiting Soka. Rasanya hampir semua tempat restoran Brebes menyajikan makanan satu ini. Rasanya juga kurang meriah ketika berkunjung ke Brenes tanpa menikmati kepiting Soka. Kamu akan disuguhkan kepiting soka yang dimasak hingga cangkang kepiting terasa lunak. Warnanya merah menyala dan dipadukan dengan berbagai bumbu saus pilihan dan rempah-rempah khas Brebes.

Kepiting soka sajian primadona masyarakat Brebes. Foto via mommyasia.com

Bedanya dengan menu kepiting lainnya, cangkang kepiting soka ini bisa kamu makan sekaligus. Bagi penggemar makanan nusantara, kepiting ini dapat diolah dengan bumbu khas nusantara seperti rica-rica, rendang, asam manis, dan sebagainya. Adapun harganya bervariasi mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 175.000

Rujak Belut

Belut adalah salah satu hewan yang hidup dibawah lumpur persawahan. Bentuknya seperti ular, namun memiliki lendir yang sangat licin. Urusan dagingnya, sangat gurih dan lezat. Pantas saja banyak kuliner berbahan dasar belut ini siap memanjakan lidah siapapun. Bagi warga Brebes, belut menjadi santapan unik ketika dimasak menjadi makanan rujak belut.

Rujak Belut, sajian masakan legendaris khas brebes menggunakan bumbu kacang. Foto via liputan6.com

Rujak belut menjadi sajian khas Brebes yang sangat legendaris. Satu-satunya belut yang dimasak dengan bumbu rujakpastinya tersaji dari bumbu pilihan turun temurun lebih dari 40 tahun lamanya. Meski terkesan sedikit lebih aneh karena memakai bumbu kacang, namun cita rasanya sangat menggoda lidah. Penasaran? kamu dapat menelusuri area Kecamatan Kersana, disana bakal berjejer warung menjual rujak belut. Harganya mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 per porsi.

Kupat Glabed

Sajian kupat identik dengan hari raya idul fitri, namun tidak untuk Kabupaten Brebes. Kamu akan mudah menemukan sajian Kupat disepanjang jalanan kota Brebes. Namanya Kupat Glabed biasanya disajikan dengan sate blengong. Kupat Glabed ini memiliki kuah kuning dengan tambahan irisan daging sapi yang dipotong dadu dan ditambah dengan sayur pepaya muda.

Kupat Glabed sajian unik khas Brebes terpadu dengan sate blengong. Foto via grid.id

Harganya pun bervariasi mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 per porsi. Bila kamu ingin menikmati kupat ini tersedia dibeberapa warung kawasan Pasar Batang sebelah Islamic Center. Jangan lupa membelinya bersamaan dengan sate Blengong ya!

Nasi Lengko

Nasi Lengko terlihat seperti nasi pecel pada umumnya. Namun aneka ragam bahan toping pastinya berbeda. Kamu akan merasakan toping seperti tahu goreng, tempe goreng, tauge, mentimun dan disiram dengan saus kacang yang sangat sedap. Rasanya sedikit manis, gurih, dan asin menyatu didalam mulut. Lebih terasa meriah, Nasi Lengko ditambahkan dengan kerupuk dan bawang goreng.

Nasi Lengko khas Brebes hampir mirip dengan nasi pecel. Foto via langsungenak.com

Nasi Lengko dapat kamu temukan diseluruh kota Brebes dan sering dijajakan untuk sarapan pagi. Sangat pas disajikan dengan minuman hangat seperti teh hangat dan jeruk hangat. Next

ramadan
Monumen Yonaguni di Jepang

Monumen Yonaguni di Jepang, Penemuan Anak Tangga di Bawah Laut yang Begitu Misterius

The Rock of Guatapé

Berkunjung ke The Rock of Guatapé, Wisata yang Dijadikan Inspirasi Waduk Gajah Mungkur