in , ,

Jalan-Jalan ke Bromo, Jangan Lupa Incip Makanan Khas Nikmat Ini!

Makanan Khas Bromo Tengger Semeru ada menu nasi Aron yang terbuat dari jagung putih lebih terasa mengenyangkan dibanding nasi biasa

Sawut Kabut Bromo sajian masakan berbahan dasar dari singkong
Sawut Kabut Bromo sajian masakan berbahan dasar dari singkong

Bromo adalah salah satu destinasi alam pegunungan paling populer di Indonesia. Tak heran bila tiap malam hari sudah banyak pengunjung yang berdatangan ke destinasi cantik ini demi mendapatkan panorama sunrise atau matahari terbit super manekjubkan. Golden sunrise kawasan Gunung Bromo memang menjadi sajian utama dari semua spot cantik di Gunung Bromo. Usai menikmati kawasan Bromo, para traveler tak lupa mengisi perut. Hawa dingin Gunung Bromo membuat kondisi tubuh cepat merasakan lapar.

Baca juga : Resto ala Korea di Jogja, Coba Sensasi Cicipi Makanan Seperti di K-Drama Kesayangan

Nasi Aron khas Tengger menjadi sajian paling enak ketika mengunjungi gunung Bromo
Nasi Aron khas Tengger menjadi sajian paling enak ketika mengunjungi gunung Bromo. Foto via pikiranrakyat.com

Banyak trvaveler mulai bertanya-tanya tentang makanan khas daerah Bromo. Berburu kuliner selepas menikmati sajian wisata memang menjadi aktivitas rutin yang tak bisa dipisahkan. Apalagi kawasan Bromo menjadi area bersatu daqari empat Kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Sehingga banyak makanan khas yang terpadu menjadi sajian unik area Bromo Tengger Semeru.

Penasaran dengan makanan khasnya, yuk simak ulasan dibawah ini!

Nasi Aron

Nasi ini adalah makanan khas penduduk Tengger dimana diproses dari bahan dasar Jagung Putih biasa ditanam oleh warga Tengger. Nasi Aron lebih mantap disajikan dengan sayur kentang, ikan laut, tempe dan tahu goreng, dan sayur daun ranti, Jangan lupa tambah kan juga sambel terasi agar kenikmatan lebih menggairahkan. Untuk cita rasanya, nasi aron memiliki rasa gurih juga lebih cepat mengenyangkan bila dibandingkand engan nasi-nasi biasanya.

Nasi Aron menjadi sajian paling nikmat di Kawasan Gunung Bromo
Nasi Aron menjadi sajian paling nikmat di Kawasan Gunung Bromo

Nasi ini mulai sedikit demi sedikit jarang yang mengolahnya. Namun kamu tetap bisa mendapatkan di warung-warung yang tersedia di area wisata mulai dari Cemoro Lawang hingga Penanjakan.

Minuman Pokak

Minuman ini biasa dijual dalam bentuk sirup botolan. Kamu akan mendapatinya disetiap rumah kawasan Bromo hingga penduduk Kabupaten Probolinggo setiap perayaan Hari Raya Idul Fitri. Namun bila kamu berwisata ke kawasan Tengger, dengan udah mendapatinya di berbagai warung-warung kaki lima.

Minuman Pokak asli dari suku Tengger
Minuman Pokak asli dari suku Tengger. Foto via lemeleh.com

Sirup Pokak ini sejenis minuman rempah-rempah yang berbahan dasar jahe, gula, pandan, kayu manis, sereh, jeruk purut, dan cengkeh. Minuman ini terasa lebih hangat ditubuh, cocok sekali sebagai sajian minuman hangat diarea bersuhu dingin. Selain itu, sirup pokak bisa mengatasi penyakit seperti perut kembung, masuk angin, fule dan batuk.

Sawut Khas Bromo

Sawut Kabut Bromo sajian masakan berbahan dasar dari singkong

Sawut Kabut Bromo sajian masakan berbahan dasar dari singkong. Foto via idntimes.com

Sawut ini adalah sajian camilan yang terbuat dari singkong yang diserut dicampur dengan gula merah. Cara penyajiannya pun dibuat menggunung dengan tambahan toping gula merah ataupun kelapa parut. Namun kali ini banyak warung-warung menjual sawut Bromo yang ditambahkan berbagai toping seperti mutiara merah, dan irisan daun pandan agar lebih terlihat menarik.

Keripik Kentang

Keripik Kentang Cap Macam asli Bromo terbuat dari Gadung
Keripik Kentang Cap Macam asli Bromo terbuat dari Gadung. Foto via wikiwand.com

Keripik kentang satu ini pastinya berbeda dengan keripik kentang pada umumnya. Bahan dasar pembuatannya pun bukan dari kentang melainkan dari gadung. Selain Bromo, biasanya keripik ini dinamakan keripik gadung. Bila kebanyakan, ada rqasa-rasa seperti pening atau sedikit mabuk bagi yang tidak kuat.

Abon Kluwih Khas Tengger

Biasanya abon lebih familiar terbuat dari daging sapi, daging ayam ataupun. Dengan bentuk seperti serabut ataupun kapas. Namun Abon khas Bromo ini ternyata berbahan dasar dari buah kluwih. Buah ini mirip dengan nagka atau sukun. Biasanya banyak ibu-ibu akan menjadikan sayur ketika menemukan buah Kluwih layaknya tewel atau nangka muda.

Abon kluwih sajian khas suku tengger
Abon kluwih sajian khas suku tengger. Foto via cityawesome.com

Abon kluwih ini pada umumnya diproses hampir sama dengan abon-abon daging. Hanya saja perlu pengeringan lebih ekstra untuk menjadikan abon tetap terasa kering. Bagi kamu sebagai vegetarian, sangat cocok memilih abon jenis ini. Next

ramadan
Asri dan sejuknya danau belibis dikaki gunung Kerinci

Danau Belibis, Destinasi Memukau di Kaki Gunung Kerinci Penuh Misteri

Jajanan khas Nusa Tenggara Barat

6 Jajanan khas Nusa Tenggara Barat yang Bisa Banget Buat Kamu Jadikan Oleh-Oleh