in , ,

Berikut Makanan Khas Sulawesi Utara Bikin Kamu Ketagihan

Indonesia, memang terkenal dengan berbagai jenis makanan yang unik dan khas. Tak heran para pecinta kuliner ini selalu hadir bahkan heboh dengan makanan khas ketika mengunjungi suatu daerah. Memang berbicara mengenai kuliner tidak akan ada habisnya, terlebih ketika kamu mengunjungi Sulawesi Utara. Makanan khas provinsi ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca juga : Pilihan Karbo Selain Nasi Putih agar Kulineranmu Tetap Sehat

Menu makanan khas Sulawesi utara bikin nagih traveler. Foto via libur.com

Manado adalah ibukota provinsi Sulawesi Utara, selain menjadi kota terbesar di Utara Sulawesi, Manado terkenal dengan tempat kuliner yang didominasi olahan laut atau daging dengan cita rasa yang pedas. Nah, bagi teman traveler yang penasaran, yuk simak berbagai makanan khas Sulawesi Utara.

Mie Cakalang

Ikan Cakalang memang menjadi favorit olahan makanan di Manado, karena hasil nelayan paling besar didominasi oleh ikan cakalang. Selain dijadikan lauk, ikan ini biasa dicampur dengan mie yang menjadikan makanan khas Manado. Biasanya Mie Cakalang sering dijadikan sebagai sajian sarapan untuk masyarakat setempat. Selain disajikan dengan bubur Manado, warga lokal juga menyajikan makanan ini bersama dengan sambal agar rasanya lebih lezat dan nikmat. Tak heran banyak traveler yang rela mengantri di kedai penjual mie cakalang.

Mie Cakalang khas Sulawesi Utara yang menggoda lidah. Foto via dikstraksi.com

Mie ini memang dimasak dengan daging ikan cakalang serta ditambah dengan berbagai sayuran seperti touge dan sawi. Ketika disajikan, taburan bawang goreng dan daun bawang membuat aroma lebih terasa menggoda. Todak cukup itu, ikan cakalang goreng juga menjadi topping paling mantap dalam sajian mie cakalang.

Cakalang Fufu

Bagi penggemar kuliner khas Sulawesi Utara, mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu ikan Cakalang. Ikan ini mirip tongkol namun memiliki ukuran lebih besar. Pengolahan ikan ini biasanya ditaburi garam dan soda terlebih dahulu agar bentuk dan tekstur daging tetap utuh. Kemudian diapit didalam jepitan dan siap diasap sampai matang berwarna kemerahan.

Cakalang Fufu, salah satu menu ikan asap yang tidak boleh dilewatkan. Foto via tokopedia.com

Ikan Cakalang yang sudah matang, bisa di suwir dan disantap dengan berbagai jenis lauk termasuk sambal dabu-dabu yang paling populer di tanah Sulawesi. Daging cakalang fufu sering juga dimasak dengan bumbu rica yang memiliki rasa pedas dan gurih. Nah, senangnya lagi kamu bisa menjadikan sebagai oleh-oleh karena terbilang tahan lama dan tidak mudah busuk.

Tinoransak

Tinoransak, satu dari beberapa makanan khas suku Minahasa ini dikenal sebagai sajian ketika upacara adat. Berbahan dasar daging, memiliki rasa yang begitu nikmat. Perpaduan antara manis dan pedas ini hasil dari campuran bumbu rempah-rempah khas nusantara yang begitu menggoda.

Tinoransak dengan rasa pedas yang mantap. Foto via resepmakananindonesia.com

Biasanya masyarakat lokal mengolah makanan ini dimasukkan dalam sebuah bambu. Bambu kemudian dibakar hingga membuat adonan didalam bambu matang sempurna. Rasanya khas sedikit aroma bambu yang natural, dengan cita rasa yang pedas karena banyak menggunakan cabai rawit, cocok sekali untuk traveler yang suka kuliner pedas.

Bubur Manado

Siapa sih teman traveler yang tidak mengenal Bubur Manado ? Makanan populer nusantara ini siap memanjakan mulutmu ketika berkunjung ke Sulawesi Utara. Biasanya dalam penyajian bubur ini dicampur dengan berbagai macam sayuran seperti bayam, kangkung, kemangi dan lain sebagainya. Agar rasanya semakin nikmat dan sesuai dengan lidah warga Sulawesi Utara maka mereka menyajikannya dengan sambal roa atau ikan cakalang.

Nasi Jaha

Nasi Jaha hadir di Sulawesi Utara yang mirip dengan nasi Lemang khas Sumatera. Nasi dengan bahan dasar ketan ini dicampur dengan santan dan rempah-rempah pilihan khas nusantara. Prosesnya sama seperti Tinoransak, dimasak dalam sebuah bambu namun bedanya adonan sebelum dimasukkan dalam bambu diberi lapisan dengab daun pisanh agar cita rasa lebih nikmat.

Nasi Jaha dengan tampilan yang sederhana namun rasa sangat juara. Foto via enduesTV.com

Nasi kemudian dibakar hingga bau terasa menggoda pertanda nasi sudah matang. Makanan ini biasanya hadir ketika terdapat upacara adat tradisional ataupun perayaan hari besar.

Itulah beberapa informasi singkat tentang makanan khas Sulawesi Utara beserta oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa pulang. Pastikan kamu catat dan masukkan ke dalam rencana liburan mu ya teman traveler!


Next

ramadan

Habiskan Liburan Seru dengan Kumpul Bareng Keluarga atau Teman di Lawang Sewu

Nasi Jaha, Uniknya Panganan Tradisional Khas Tanah Minahasa